Alumnus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Seorang alumnus (jamak: alumni) adalah lulusan sebuah sekolah, perguruan tinggi, atau universitas.[1] Seorang alumnus bisa pula merupakan mantan anggota, karyawan, kontributor, atau tahanan, selain mantan siswa.[2][3] Selain itu, seorang alumna (jamak: alumnae) adalah "lulusan wanita atau mantan siswi sebuah sekolah, perguruan tinggi, atau universitas".[4] Jika dalam kelompok terdiri dari pria dan wanita, walaupun hanya ada satu pria, kata jamak yang digunakan adalah alumni.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata benda alumnus dalam bahasa Latin berarti "anak susuan, murid", dan berasal dari kata kerja alere "menyusui".[5]

Pemakaian[sunting | sunting sumber]

Seorang alumnus atau alumna adalah mantan siswa dan biasanya lulusan dari suatu institusi pendidikan (sekolah, perguruan tinggi, universitas).[1][4] Menurut Departemen Pendidikan Amerika Serikat, kata alumnae dipakai untuk perguruan tinggi wanita[6] atau sekelompok siswi. Kata alumni dipakai untuk perguruan tinggi pria, sekelompok siswa, atau campuran siswa-siswi:

Sesuai dengan aturan tata bahasa yang mengatur infleksi kata benda dalam rumpun bahasa Roman, kata jamak maskulin alumni bisa digunakan untuk kelompok yang terdiri dari kedua jenis kelamin: alumni Universitas Princeton.[7]

Istilah ini kadang dipendekkan menjadi "alum", yang berarti "seorang alumna atau alumnus".[8]

"Alumni" (bentuk jamak) sering salah digunakan sebagai bentuk tunggal untuk kedua jenis kelamin; misalnya, "Saya alumni universitas ini," bukannya "Saya alumnus/alumna universitas ini". Pemakaian ini salah baik dalam konteks formal atau historis. Kemungkinan terjadinya salah pemakaian ini adalah karena ketidaktahuan tentang tata bahasa Latin dan kenyataan bahwa banyak dokumen cetak dan barang universitas yang menggunakan bentuk jamak dari kata ini.

Reuni alumni adalah acara yang terkenal di berbagai institusi. Acara ini biasanya diselenggarakan oleh asosiasi alumni dan biasanya sekaligus acara penggalangan dana sosial.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b alumnus. The American Heritage Dictionary of the English Language: Fourth Edition. 2000.
  2. ^ "Alumni – Definition from the Free Merriam Webster Dictionary". Merriam-webster.com. 2010-08-13. Diakses 2011-02-15. "1: A person who has attended or has graduated from a particular school, college, or university. 2: a person who is a former member, employee, contributor, or inmate" 
  3. ^ "Alumnus – definition of alumnus by Macmillan dictionary". Macmillandictionary.com. Diakses 2011-02-15. "Someone who was a student at a particular school, college, or university" 
  4. ^ a b alumna. The American Heritage Dictionary of the English Language: Fourth Edition. 2000.
  5. ^ Merriam-Webster: alumnus...
  6. ^ "Archived: Women's Colleges in the United States: History, Issues, and Challenges". Ed.gov. Diakses 2011-02-15. 
  7. ^ "alumni – Definitions from Dictionary.com". Dictionary.reference.com. Diakses 2011-02-15. 
  8. ^ "alum." Dictionary.com Unabridged (v 1.0.1). Based on the Random House Unabridged Dictionary, © Random House, Inc. 2006. 1 December 2006. Dictionary.com http://dictionary.reference.com/browse/alum