Andi Fadly Arifuddin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Andi Fadly Arifuddin
Latar belakang
Nama lahir Andi Fadly Arifuddin
Nama lain Fadly Padi
Lahir 13 Juni 1975 (umur 44)
Bendera Indonesia Makassar, Indonesia
Jenis musik alternative pop/rock
Instrumen vocal
Tahun aktif 1997 - sekarang
Terkait dengan Padi, Musikimia, Maher Zain, Burgerkill
Pasangan Dessy Aulia
Anak Bilal dan Aidan (kembar)
Fathimah
Hasan

Andi Fadly Arifuddin yang akrab disapa Fadly (lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 13 Juni 1975; umur 44 tahun) adalah vokalis utama dari grup band Padi yang juga salah satu pendiri grup band Padi, sekaligus vokalis dari grup Musikimia. Sebelum mendirikan Padi bersama Ari (gitar), Yoyo (drum), Rindra (bas), dan Piyu (gitar), pada tanggal 8 April 1997, Fadly adalah vokalis grup band Mr. Q Band, yang sering tampil sejumlah kafe di Surabaya.

Fadli juga sering membantu penyanyi/grup band lain, seperti berkolaborasi dengan band Metal dari Ujungberung, Burgerkill dengan lagu Tiga titik Hitam. Lagu tersebut membuat nama Fadly begitu dihormati para Begundal (sebutan fans Burgerkill) / para Metalhead Indonesia. Bisa dibilang Lagu Tiga titik hitam mengantarkan Burgerkill ke tangga sukses di musik indonesia di awal kariernya.

Fadly juga dikenal saat dia memboyong penyanyi religi Maher Zain yang berasal dari Swedia, dengan menggebrak lewat lagu yang berjudul "Insyaallah"

Dan sekarang Fadly bukan hanya dikenal oleh khalayak muda/dewasa, tetapi juga menjadi tidak asing oleh kaum anak-anak, lagunya yang berjudul "Baca Bukumu" menjadi Soundtrek/ost di film anak-anak yang berasal dari Malaysia Upin & ipin.