Doraemon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Doraemon
Doraemon volume 1 cover.jpg
Sampul manga Doraemon jilid pertama versi Jepang.
Genre Komedi
Petualangan
Fiksi ilmiah
Manga
Pengarang Fujiko F. Fujio (藤子・F・不二雄)
Penerbit Bendera Jepang Shogakukan
Penerbit bahasa Indonesia Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
Penerbit lainnya Bendera Korea Selatan Daiwon C.I.
Bendera Malaysia Tora Aman
Bendera Vietnam NXB Kim Đồng
Bendera Thailand Nation Edutainment
Bendera Filipina JLine Comics Center
Seri anime televisi
Sutradara Tsutomu Shibayama
Studio Shin-ei Animation
Jaringan Bendera Jepang TV Asahi Logo.svg (TV Asahi)
Jaringan bahasa Indonesia Bendera Indonesia RCTI tegak.png (RCTI)
(13 November 1988-sekarang)
SCTV Surabaya
(1990-1993)
Jaringan lainnya

Bendera Republik Rakyat Tiongkok CCTV-1综合.svg (CCTV-1)
Bendera Chili Canal 13 (1983-1988), Chilevisión (2000)
Bendera Hong Kong Tvblogo.gif (TVB)
Bendera India Hungama TV
Bendera Korea Selatan ChampTV, AnioneTV
Bendera Malaysia NTV7 New.JPG (Ntv7), RTM 1, TV9logo baru.jpg (TV9)
Bendera Filipina GMA Network Logo Vector.svg.png (GMA-7), ABS-CBN logo 2014.png (ABS-CBN-2)
Bendera PortugalCanal Panda
Bendera Singapura Channel 8 50px (Disney Channel Asia)
Bendera Spanyol TV3, Canal Panda, Boomerang tv logo.png (Boomerang)
Bendera Republik Tiongkok CTS

Bendera Thailand MCOT
Terkait

Portal Anime dan Manga

Doraemon (ドラえもん, Doraemon) adalah judul sebuah manga dan anime yang sangat populer yang dikarang Fujiko F. Fujio (藤子・F・不二雄) sejak 1 Juni 1969 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 sekolah dasar yang bernama Nobi Nobita (野比のび太) yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Doraemon dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya daripada harus menderita dari utang finansial yang akan terjadi pada masa depan yang disebabkan karena kebodohan Nobita.

Serial komik Doraemon pertama kali diterbitkan pada bulan Desember 1969 di enam majalah berbeda. Sebanyak 1.345 cerita dibuat dalam rangkaian aslinya, yang diterbitkan oleh Shogakukan dalam naungan merek komik Tentōmushi (て ん と う 虫), yang diperluas hingga empat puluh lima jilid. Volume dikumpulkan di Perpustakaan Pusat Takaoka di Toyama, Jepang, tempat Fujiko Fujio lahir. Turner Broadcasting System membeli hak untuk seri anime Doraemon pada pertengahan 1980-an untuk versi berbahasa Inggris di Amerika Serikat[1], namun membatalkannya tanpa penjelasan sebelum menyiarkan episode apa pun. Pada bulan Juli 2013 Voyager Jepang mengumumkan manga tersebut akan dirilis secara digital dalam bahasa Inggris melalui layanan e-book Amazon Kindle. Ini adalah salah satu komik terlaris di dunia, telah terjual lebih dari 100 juta kopi.

Jalan cerita[sunting | sunting sumber]

Doraemon dikirim kembali ke masa kehidupan Nobita oleh cicit Nobita, Sewashi. Ia dikirim untuk memperbaiki kehidupan Nobita agar keturunannya merasakan kehidupan yang lebih baik. Dalam kehidupan aslinya tanpa dibantu Doraemon, Nobita gagal dalam pelajaran sekolahnya, gagal dalam pekerjaan, dan mempunyai masalah keuangan.

Cerita berfokus tentang kehidupan sehari-hari Nobita yang merupakan tokoh utama dalam cerita ini. Doraemon memiliki sebuah kantung ajaib yang berisi alat-alat dari masa depan. Seringkali Nobita datang merengek-rengek karena masalah di sekolah atau di lingkungannya, setelah memohon atau memaksa, Doraemon akan mengeluarkan sebuah alat yang membantu Nobita menyelesaikan masalah, membalas dendam, atau hanya sekadar pamer ke teman-temannya.

Nobita biasanya bertindak terlalu jauh, mengacuhkan saran atau perintah Doraemon. Akhirnya, Nobita terjerumus ke masalah yang lebih dalam. Terkadang, teman Nobita (biasanya Suneo atau Gian) mencuri alat tersebut dan berakhir dalam kekacauan karena salah menggunakannya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Desember 1969, manga Doraemon terbit berkesinambungan dalam 6 judul majalah bulanan anak. Majalah-majalah tersebut adalah majalah Yoiko (anak baik), Yōchien (taman kanak-kanak), Shogaku Ichinensei (kelas 1 SD), dan Shogaku Yonnensei (kelas 4 SD). Sejak 1973, majalah Shogaku Gogensei (kelas 5 SD) dan Shogaku Rokunensei (kelas 6 SD). Cerita yang terkandung dalam majalah-majalah itu berbeda-beda, yang berarti pengarang cerita ini harus menulis lebih dari 6 cerita setiap bulannya. Pada tahun 1979, CoroCoro Comic dirilis sebagai majalah Doraemon.

Sejak pertama kali muncul pada tahun 1969, cerita Doraemon telah dikumpulkan dan dibagi ke dalam 45 buku yang dipublikasikan sejak tahun 1974 sampai 1996, dan telah terjual lebih dari 80 juta buku pada tahun 1992. Pada tahun 2005, Shōgakukan menerbitkan sebuah serial tambahan sejumlah 5 jilid dengan judul Doraemon+ (Doraemon Plus), dengan cerita yang berbeda dari 45 jilid aslinya.

Akhir cerita[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 1980-an, banyak bermunculan cerita dan spekulasi tentang akhir kisah Doraemon. Semua kemungkinan ini didiskusikan dan diputuskan tidak ada akhir untuk kisah Doraemon.[2]

Akhir cerita pertama[sunting | sunting sumber]

Kisah yang paling optimistik dipublikasikan oleh Nobuo Sato. Diceritakan bahwa Nobita pulang ke rumah dan merengek-rengek mengadu ke Doraemon. Tak lama kemudian, ia menyadari ada sesuatu yang salah dengan Doraemon. Robot kesayangannya itu hanya diam dan tak menjawab keluhannya. Ia pun segera menelepon Dorami, dan meminta petunjuk darinya. Dorami kemudian memberi tahu bahwa baterai milik Doraemon habis. Dorami menjelaskan bahwa robot kucing versi lama seperti Doraemon seharusnya memiliki cadangan baterai "pendukung memori" di bagian telinga. Dikarenakan Doraemon telah kehilangan telinganya, ia tidak memiliki tenaga cadangan untuk menyimpan memori dan ingatannya. Satu-satunya cara untuk menghidupkan kembali Doraemon adalah dengan mengganti baterainya, namun itu berarti Doraemon akan kehilangan seluruh ingatan tentang diri dan kawan-kawannya.

Di saat yang bersamaan, polisi-waktu membuat peraturan baru dan melarang adanya "perjalanan waktu" dan menghalangi Nobita yang berusaha membawa Doraemon untuk diperbaiki pada masa depan. Dorami kemudian memberikan pilihan berupa nekat menerobos polisi-waktu, memperbaiki Doraemon pada masa depan dan menghapus ingatannya, atau menunggu seseorang dari masa depan datang dan memperbaiki Doraemon. Nobita memilih cara kedua. Nobita yang merasa sangat kehilangan Doraemon, kemudian berjanji untuk belajar keras demi Doraemon. Usaha Nobita berhasil, tiga tahun kemudian Nobita lulus sekolah menengah atas dengan nilai terbaik dan menjadi seseorang yang sangat populer di sekolahnya. Meskipun demikian, sifat Nobita yang seperti biasanya hilang, ia menjadi seorang kutu buku yang selalu menyendiri.

29 tahun kemudian, diceritakan bahwa Dekisugi menjadi presiden Jepang, mengadakan reuni dengan Suneo dan Gian. Ketiganya membahas mengenai masalah tentang hilangnya Doraemon dan tentang time paradox, sebuah teori yang menjelaskan bahwa sejarah dunia dapat berubah dengan diciptakannya mesin waktu. Dari percakapan itulah terungkaplah alasan patroli waktu tak memberikan izin Nobita untuk memperbaiki Doraemon pada masa depan, karena Nobita itu sendiri yang menciptakan Doraemon. Setelah diperbaiki, Doraemon menjadi mempunyai telinga dan berwarna kuning, dipeluknya erat-erat Doraemon. Dan mereka hidup bahagia selamanya.[3][4]

Akhir cerita kedua[sunting | sunting sumber]

Akhir yang lebih pesimistik mengusulkan bahwa Nobita menderita autisme dan semua karakter yang ada hanyalah karakter fiksi dalam imajinasinya. Gagasan bahwa Nobita yang sakit dan sekarat membayangkan semua seri di tempat tidurnya untuk membantunya menghilangkan depresi dan rasa sakitnya membuat marah banyak penggemar. Banyak penggemar di Jepang memprotes di luar kantor utama penerbit setelah mengetahui tentang hal ini. Penerbit akhirnya mengeluarkan pernyataan kepada publik bahwa hal ini tidak benar.

Akhir cerita ketiga[sunting | sunting sumber]

Akhir cerita versi ketiga menceritakan bahwa Nobita jatuh dan kepalanya terbentur batu, sehingga mengalami koma. Untuk mendapatkan uang operasi agar Nobita selamat, Doraemon menjual seluruh peralatannya di kantong ajaibnya. Sayangnya, operasi tersebut gagal. Doraemon menjual semua peralatannya kecuali satu alat yang ia gunakan untuk memperbolehkan Nobita pergi kemanapun ia mau. Pada akhirnya, Nobita ingin pergi ke surga.

Akhir cerita yang resmi[sunting | sunting sumber]

Terdapat tiga akhir cerita yang resmi untuk kisah Doraemon.

Pada bulan Maret tahun 1971, majalah Shogaku 4-nensei memberitakan karena fakta bahwa pengunjung dari masa depan menyebabkan masalah, pemerintah pada abad ke-22 melarang adanya perjalanan waktu, berarti Doraemon harus kembali ke waktunya di zamannya dan meninggalkan Nobita.

Pada bulan Maret tahun 1972, isi dari majalah Shogaku 4-nensei membeberkan cerita Doraemon, untuk beberapa alasan harus kembali ke masa depan dan berbohong untuk masalah mekanik sehingga Nobita memperbolehkannya pergi. Nobita mempercayainya dan berjanji untuk menunggu sampai Doraemon sembuh. Menyadari bahwa Nobita dapat merelakan kepergiannya, Doraemon memberitahu yang sebenarnya dan Nobita menerimanya. Doraemon kembali ke masa depan.

Akhir dari Doraemon yang ketiga merupakan akhir resmi karena rating TV yang rendah dan Fujiko Fujio sibuk dengan pekerjaan lainnya, tetapi Doraemon tidak meninggalkan pikiran mereka dan mengulang kembali untuk isu bulan depan. Pada tahun 1981, kisah ini dibuat menjadi anime (disebut "Doraemon Comes Back") yang animenya dirilis tahun 1998.

Pada bulan Maret tahun 1973, isi dari majalah Shogaku 4-nensei menceritakan seperti biasa, Nobita kembali dijahili Gian. Gian mengejar Nobita sampai ke depan rumah Nobita. Akhirnya Nobita masuk rumah dan Gian mengancam akan membalasnya. Nobita meminta sebuah alat untuk berkelahi, namun Doraemon menolaknya. Nobita bingung dan menanyakan mengapa Doraemon seperti ini. Doraemon menjelaskan bahwa ia akan pulang ke masa depan. Nobita terkejut dan berusaha mencegahnya namun ayah dan ibunya memintanya untuk melepaskan Doraemon. Pada sorenya, orangtua Nobita mengadakan pesta perpisahan dengan Doraemon.

Nobita tampak murung melihatnya. Pada malam harinya Doraemon dan Nobita berusaha tidur, tetapi mereka tak bisa tidur. Doraemon dan Nobita menutuskan berjalan di taman untuk terakhir kalinya. Doraemon menayakan beberapa hal, sampai akhirnya ia menangis dan meninggalkan Nobita. Doraemon menangis terharu melihat Nobita menyebutkan bahwa Doraemon bisa pulang. Akhirnya Nobita pun tidur, dan Doraemon kembali ke masa depan. Akhirnya Nobita pun merelakan perginya Doraemon (bagian ini dapat ditemukan di akhir Doraemon jilid 6).

Doraemon Kembali[sunting | sunting sumber]

Pada versi animasi mirip tetapi lebih panjang. Awalnya Nobita murung di kamarnya. Ia dipanggil Suneo, pada saat ia keluar rumah ia tidak tahu bahwa hari ini adalah hari April Mop. Nobita awalnya ditipu Suneo, bahwa ia telah menemukan tsuchinoko, namun ia malah digigit anjing. Nobita lalu ditipu oleh Gian tentang kembalinya Doraemon. Ia dengan senang pulang dan menanyakan kepada ibunya di mana Doraemon, dan ternyata ia ditipu. Nobita sedih dan membuka kotak dari Doraemon. Isinya adalah botol yang berisi cairan. Ia mendengarkan suara Doraemon yang menjelaskan bahwa cairan tersebut adalah Uso 800 (Bohong 800) yang digunakan agar semua hal yang tidak benar yang diucapkan orang yang minum cairan tersebut menjadi hal yang benar. Nobita menggunakannya untuk menipu Gian dan Suneo, ia mengatakan cuaca hari ini sangat bagus, yang menjadi bohong dan mulai turun hujan deras sebelum ia mengatakan hari ini hujannya deras dan hujan tersebut berhenti. Gian dan Suneo takut setelah beberapa trik ketika Nobita mengatakan apa yang akan terjadi, semua kebohongan yang diucapkan Nobita menjadi hal yang benar.

Nobita sangat gembira pada awalnya, tetapi segera hilang karena kangen akan Doraemon. Ia pulang, dan ibunya mengatakan Doraemon sudah pulang. Ia tidak yakin dan yakin Doraemon tidak akan pernah kembali, seperti yang dikatakan Doraemon terhadap Nobita sebelum ia pergi. Cairan tersebut masih berfungsi, ketika ia sampai di kamarnya ia menemukan Doraemon. Mereka gembira, tetapi karena pengaruh dari cairan, semua kata-katanya berubah menjadi, "Aku sangat tidak senang bahwa kita dapat kembali bersama." Bagian ekstra dari animasi ini berasal dari buku manga Doraemon jilid tujuh. Namun keduanya tidak dapat dianggap sebagai akhir Doraemon, karena masih dilanjutkan ke jilid berikutnya.

Ketika duo Fujiko Fujio berpisah pada tahun 1987, ide akan akhir Doraemon yang tidak resmi tidak pernah didiskusikan. Sejak Fujiko F. meninggal tahun 1996 sebelum kesepakatan tercapai, akhir dari Doraemon adalah fiksi para penggemar, tetapi pada beberapa kisah ketika Nobita melakukan perjalanan waktu menampilkan akhirnya ia menikahi Shizuka, memimpin menuju kehidupan yang bahagia dan terpisah dari Doraemon, walaupun Nobita dan temannya masih ingat dengannya.[5]

Peralatan Doraemon[sunting | sunting sumber]

Artikel utama untuk bagian ini adalah: https://doraemon.wikia.com/wiki/Category:Gadgets

Doraemon di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Doraemon adalah salah satu karakter manga yang paling populer di Indonesia. Animenya disiarkan oleh RCTI sejak 13 November 1988 hingga sekarang dan direlai oleh SCTV Surabaya sejak tahun 1990 hingga 1993.

Manganya telah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dalam beberapa seri:

Doraemon dalam bentuk anime[sunting | sunting sumber]

Doraemon (serial anime 1973)[sunting | sunting sumber]

Serial TV pertama di Doraemon yang dibuat oleh Fujiko F. Fujio dan Tokyo Movie Shinsa. Serial yang terdiri dari 26 episode ini merupakan hasil produksi bersama Nippon Television, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 1 April 1973 sampai dengan tanggal 30 September 1973.

Musik[sunting | sunting sumber]

Lagu pembuka
Lagu penutup

Pengisi suara (Jepang)[sunting | sunting sumber]

Doraemon (serial anime 1979)[sunting | sunting sumber]

Serial TV kedua di Doraemon yang dibuat oleh Fujiko F. Fujio dan Shin'ei Doga. Serial ini adalah ditayangkan TV Asahi di Jepang mulai tanggal 8 April 1979.

Terdapat dua penggambaran dari era animasi ini, yaitu:

  • Versi awal, gambarnya masih agak kasar.
  • Versi kedua, di mana gambarnya sudah diperhalus.

Di Indonesia, seri ini ditayangkan dari 1988 hingga akhir 2000-an.

Musik[sunting | sunting sumber]

Lagu pembuka
  1. Lagu di Doraemon (ドラえもんのうた, Doraemon no Uta) (Weekly Program OP #1, Weekday Program OP #1) oleh Kumiko Osugi dan Nobuyo Oyama
  2. Boku Doraemon (ぼくドラえもん) (Weekday Program OP #2) oleh Nobuyo Oyama dan Koorogi '73
  3. Lagu di Doraemon (kedua) (Weekly Program OP #2) oleh Satoko Yamano
  4. Lagu di Doraemon (ketiga) oleh Tokyo Purin
  5. Lagu di Doraemon (ke-4) oleh Misato Watanabe
  6. Lagu di Doraemon (ke-5) oleh AJI
  7. Lagu di Doraemon (ke-6) oleh Twelve Girls Band
  8. Hug Shichao (ハグしちゃお) oleh Rimi Natsukawa
  9. Yume wo Kanaete Doraemon (夢をかなえてドラえもん) oleh Mao
Lagu penutup
  1. Doraemon ekaki uta (ドラえもん・えかきうた) (Lagu penutup ekstra) oleh Nobuyo Oyama
  2. Aoi Sora wa Pocket sa (青い空はポケットさ) oleh Kumiko Osugi
  3. Doraemon Ondo (ドラえもん音頭) (Lagu penutup ekstra) oleh Nobuyo Oyama dan Koorogi '73
  4. Dorami chan ekaki uta (ドラミちゃんのえかきうた) (Lagu penutup ekstra) oleh Keiko Yokozawa
  5. Maru Gao no uta (まる顔のうた) oleh Nobuyo Oyama
  6. Santa Claus wa doko no hito (サンタクロースはどこのひと) oleh Nobuyo Oyama
  7. Bokutachi Chikyuu-Jin (ぼくたち地球人) oleh Mitsuko Horie
  8. Aozoratteiina (青空っていいな) oleh Mitsuko Horie
  9. Ashita mo tomodachi (あしたもともだち) oleh Yui Nishiwaki
  10. Boku Doraemon 2112 (ぼくドラえもん2112) oleh Nobuyo Oyama dan Koorogi '73
  11. Mata aeru Hi made (またあえる日まで) oleh YUZU
  12. Tanpopo no Uta (タンポポの詩) oleh THE ALFEE
  13. YUME Biyori (YUME 日和) oleh Hitomi Shimatani
  14. Aa Iina! (あぁ いいな!) oleh W (Double You)
  15. Odore Dore Dora Doraemon Ondo (踊れ・どれ・ドラ ドラえもん音頭) oleh Wasabi Mizuta dan Morinoki Jidou Gasshoudan

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Doraemon (serial anime 2005)[sunting | sunting sumber]

Doraemon 2005 adalah serial anime terbaru berdasarkan manga Fujiko Fujio dari nama yang sama. Diproduksi oleh Studio Pierrot, Doraemon 2005 mulai ditayangkan di TV Asahi pada 15 April 2005. Sebagian besar episode dalam seri ini adalah remake dari seri 1979. Setiap episode dalam seri ini dibagi menjadi 2 cerita dengan durasi masing-masing 12 menit, khusus episode spesial hanya 1 cerita dengan durasi antara 24 menit s/d 48 menit. Seri ini juga mulai ditayangkan di Canal Sur 2 di Spanyol dan TVB di Hong Kong pada Januari 2009, serta Biggs Panda di Portugal pada 2010. Doraemon 2005 juga diharapkan akan ditayangkan di saluran anak-anak yang ada di semua negara Asia Tenggara pada tahun 2010. Versi internasional dari semua episode hanya menggunakan lagu pembuka ketiga Jepang.

Di Indonesia, versi 2005 disiarkan sejak 2010-an di RCTI.

Musik[sunting | sunting sumber]

Lagu pembuka
  1. Doraemon no Uta oleh 12 Girls Band (15 April 2005 - 21 Oktober 2005)
  2. Hagushichao oleh Rimi Natsukawa (28 Oktober 2005 - 20 April 2007)
  3. Yume wo Kanaete Doraemon oleh mao (11 Mei 2007 - Sekarang)
Lagu penutup
  1. Odore Dore Dora Doraemon Ondo 2007 oleh Wasabi Mizuta (29 Juni 2007 – 10 Agustus 2007)

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Film Doraemon (atau "Doraemon Petualangan" dalam manga)[sunting | sunting sumber]

Catatan : Film-film Doraemon yang beredar di Indonesia bercetak tebal.

Versi lama (Anime 1979)[sunting | sunting sumber]

Versi baru (Anime 2005)[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]