Saras 008

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Saras 008
PembuatIndosiar
PemeranSindy Dewiana
Devi Permatasari
Peggy Ferdianti
Selly Hasan
Pretty Asmara
Paquita Widjaya
Agung Hercules
Lagu pembukaAngie - Saras 008 Angie/Bull/Alfandy - Perang Besar
NegaraIndonesia
Jumlah musim3
Jumlah episode250+
Produksi
LokasiJakarta
Durasi30 - 60 Menit
Rilis
Jaringan penyiarIndosiar
Tanggal rilis1998 –
2002

Saras 008 merupakan sebuah sinetron bertema pahlawan super yang ditayangkan di Indosiar dari tahun 1998 hingga tahun 2002. Saras 008 bercerita tentang seorang gadis yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi pahlawan super, ia memiliki kekuatan yang lebih dari manusia biasa. Dalam perjalanannya, Saras 008 selalu berhadapan dengan musuh bebuyutan bernama mr. Blek yang berasal dari planet krismon. Pemain utama di sinetron ini ialah Sindy Dewiana, Devi Permatasari, Johan Saimima, Dorman Borisman, Pretty Asmara, Paquita Widjaya, Agung Hercules. Jumlah episodenya adalah 250+. Sinetron ini diproduksi sendiri oleh Indosiar.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Pendukung[sunting | sunting sumber]

Jurus-Jurus khas Saras 008[sunting | sunting sumber]

  • Mata Dewa Membakar Angkara
  • Kucing Hitam Menerkam Rembulan
  • Tendangan Geledek Pencabut Nyawa
  • Cakar Setan Menerkam Badai
  • SInar Halilintar Membelah Bumi
  • Tangan Dewa Menembus Bumi
  • Telapak Bidadari Penggempur Misteri
  • Perisai Sakti Planet Krismon
  • Ultra Perak Menggoyang Raga
  • Bola Kristal Penghancur Angkara
  • Tangan Sukma Menerkam Prahara
  • Gabungan Setan Pencabut Nyawa
  • Kentut Beracun Bul GombalGambul
  • Rajawali Menembus Awan
  • Cakar Sukma Biru
  • Dentuman Sinar Merah
  • Badai Krismon Membelah Bumi
  • Perisai Anti Halilintar
  • Pedang Krismon Menghalau Nista
  • Pedang Setan Menembus Luka
  • Aura Biru Penghancur Karang

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Season 1 : Saras 008[sunting | sunting sumber]

Alkisah hiduplah seorang gadis remaja yang baik hati dan suka menolong bernama Saraswati atau biasa dipanggil Saras. Saras adalah anak dari Pak Kasimin dan Bu Larasati serta memiliki seorang adik laki-laki bernama Gagas yang selalu mengutak-atik komputer. Dia juga memiliki seekor Kucing yang sangat ia sayangi namanya Ketty. Kemana saja dan kapan saja Saras akan senang jika Ketty ada di sampingnya. Suatu hari kejadian naas pun terjadi, Ketty tiba-tiba saja mati hal ini membuat Saras menjadi pemurung dan tidak bersemangat lagi dalam menjalani aktifitasnya. Setelah 40 hari kematian Ketty, tiba-tiba Saras merasakan bahwa roh Ketty masuk ke dalam dirinya dan dia berubah menjadi Pahlawan Wanita yang memakai baju senam ketat hitam-putih dan topeng untuk menutupi identitas dirinya. Dan Saras pun memberi nama identitasnya dengan Saras 008 dengan jargon "Pahlawan Kebajikan". Setelah roh Ketty masuk ke dalam tubuhnya, Saras pun memiliki kekuatan yang amat sangat dahsyat, kecepatan yang super lincah, serta dapat menembakan sinar laser yang dapat melelehkan baja dari tangan dan matanya.

Tugas Saras adalah mencegah Mr.Blek untuk menguasai bumi dan segala kejahatan manusia agar dunia damai selalu dan penuh dengan kebajikan. Mr. Blek adalah seorang penjahat dari Planet Krismon yang berumur 3000 tahun. Sifatnya Mr. Blek sangatlah congkak, kejam, serta ambisius untuk menguasai bumi. Mr. Blek pun tidak segan-segan mencelakakan orang-orang baik termasuk Saras 008 agar ambisi untuk menguasai buminya tercapai. Mr. Blek dibantu oleh kedua anak buahnya yang ceroboh dan bodoh yaitu Bul dan Bil. Bul dan Bil adalah pasangan 2 orang gendut-kurus yang selalu dimarahi oleh bossnya karena kecerobohannya. Tak hanya mereka saja, Mr.Blek juga dibantu oleh seorang ilmuwan biologi yang jenius yaitu Ratu Sinisi. Ratu Sinisi ini berpakaian serba hijau dan memiliki dendam terhadap Dewi Andeng-Andeng.

Untuk mencegah hal tersebut tidak terjadi Saras 008 dibantu oleh Yudhis, seorang detektif swasta amatiran yang mata duitan dan selalu gagal total dalam menjalani tugas. Setelah Saras 008 ikut membantu Yudhis, karir sebagai detektifnya agak lancar. Tak hanya Yudhis saja, Astral juga ikut membantu Saras 008 saat Saras 008 kalah dalam pertarungannya. Astral adalah polisi dari Planet Krismon dan ditugaskan untuk menangkap kembali Mr.Blek yang telah kabur dari penjara Planet Krismon. Untuk merahasiakan identitasnya Astral menyamar menjadi Instruktur Fitness dan dia juga jarang bicara dengan siapapun termasuk Saras dan Yudhis. Selain Astral, ada juga Dewi Andeng-Andeng seorang ilmuwan mekanik yang jenius dan memakai pakaian serba biru pun membantu Saras, Yudhis, dan Astral untuk bisa mengalahkan Mr.Blek dan anak buahnya.

Saras pun tidak selalu menang melawan Mr. Blek terkadang dia kalah dalam pertarungannya dan ditangkap oleh Mr.Blek untuk dibunuh di dalam markasnya. Namun, Saras tetap berusaha agar Mr.Blek berhenti melakukan kejahatannya dan manusia yang berbuat jahat tidak mengancam kedamaian di bumi ini. Bagaimanakah kisah perjuangan Saras 008 untuk membela kebenaran dan mencegah kejahatan Mr.Blek selanjutnya?

Season 2 : Saras Pahlawan Kebajikan[sunting | sunting sumber]

Kisah ini merupakan kisah kelanjutan dari Saras 008. Saras adalah remaja putri yang menjadi Pahlawan Kebajikan setelah roh Ketty masuk ke dalam tubuhnya. Namun, kali ini dia diberikan kekuatan tambahan oleh Nenek Ratu berupa arwah kucing emas. Setelah itu, Saras bangun dari pingsannya dan sembuh dari lukanya setelah ia bertarung dengan Mr. Blek. Tugasnya pun tetap sama yaitu mencegah kejahatan Mr. Blek. Saras masih dibantu oleh para teman-temannya yaitu Yudhis dan Dewi Andeng-Andeng. Kali ini ceritanya menambahkan seorang karakter baru yaitu Tegar atau Milkyman. Tegar adalah seorang mahasiswa jenius dan tampan yang dapat berubah menjadi Superhero yang bernama Milkyman. Milkyman memiliki kekuatan yang super dahsyat, pengelihatan infra merah, terbang dengan kecepatan super, dan bisa mengeluarkan sinar laser. Untuk merubah menjadi Milkyman, Tegar harus minum susu khusus untuk merubah dirinya menjadi Milkyman dengan menyebutkan jargon, "Ini Dulu!, Baru Itu!". Di cerita ini, Tegar adalah pacar Saras tetapi mereka selalu berjuang untuk mencegah kejahatan Mr.Blek dan kejahatan manusia lainnya yang ada di muka bumi ini.

Season 3 : Saras Pahlawan Kebajikan & Milkyman[sunting | sunting sumber]

Setelah Saras tewas di tangan Mr.Blek kini sudah ada pengganti Saras. Kali ini yang menjadi Saras 008 adalah Cindy. Cindy adalah seorang siswi SMA yang kesehariannya setelah pulang sekolah mengajar anak-anak yang tidak mampu di sebuah pedesaan. Kisahnya sama dengan season sebelumnya namun penampilan Saras pada season 3 ini adalah baju yang dikenakan oleh Saras adalah berwarna Pink-Kuning dan rambutnya sudah dikuncir satu. Walaupun diubah penampilannya Cindy/Saras tidak luput dari tugasnya yaitu mencegah kejahatan Mr.Blek dan kejahatan lainnya. Supaya kejahatan ini tidak terjadi lagi Saras/Cindy dibantu oleh kekasihnya yaitu Tegar/Milkyman. Dan kali ini Milkyman menggunakan topeng sebagai penutup wajahnya namun pakaiannya tetap sama Merah-Kuning dan tetap memakai jubah. Cara berubahnya pun sama seperti pada season sebelumnya. Season inilah yang menjadi akhir kisah Saras untuk membela kebenaran setelah tewas lagi di tangan Mr.Blek. Sekian.

[sunting | sunting sumber]