Marcelino (pemeran)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Marcelino Zhang
Lahir22 Maret 1974 (umur 50)
Jakarta, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Pekerjaan
Tahun aktif1996—sekarang

Marcelino Zhang (lahir 22 Maret 1974), biasa disapa Marcelino Sembara atau Marcelino saja, adalah seorang pemeran dan penyanyi Indonesia.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Marcelino adalah seorang aktor sekaligus penyanyi yang populer lewat serial Misteri Gunung Merapi. Dalam film tersebut dia berperan sebagai tokoh utama Sembara yang dikisahkan memiliki kesaktian sangat tinggi. Film yang dibintanginya kebanyakan adalah film yang menceritakan kehidupan zaman dulu, seperti halnya Misteri Gunung Merapi. Selain itu dia juga sempat muncul dalam drama Angling Darma. Marcelino sempat muncul pula dalam beberapa sinetron. Wajahnya yang oriental membuatnya sempat diidolakan.

Selain sebagai aktor, dia juga dikenal sebagai seorang penyanyi. Lagunya yang paling populer adalah Dia Bukan Milikmu yang aransemen musiknya diadaptasi dari lagu mandarin. Lagu ini sangat sesuai dengan karakter Marcelino yang memiliki wajah oriental. Sayangnya kariernya di dunia hiburan tidak berlangsung lama. Setelah film berlatar sejarah tidak banyak lagi diminati, dia pun mulai menghilang. Belakangan diketahui bahwa dia sedang mengambil kuliah S2 jurusan hukum di Universitas Jayabaya. Dia sempat mengutarakan keinginannya untuk menjadi seorang dosen.

Setelah lama tak muncul di layar kaca,pada tahun 2012 dia ikut membintangi sinetron Dewi Bintari produksi MD Entertainment. Sejak saat itu dia mulai aktif membintangi sinetron-sinetron garapan MD Entertainment.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2006 Rantai Bumi Ki Guntur Bumi

Serial televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
1996 Abad 21 Indra Karya debut
1998—2005 Misteri Gunung Merapi Sembara 3 musim
2006 Shanghai Love Story
2012 Dewi Bintari Prabu Dharma
2012—2013 Raja dan Aku Hasan
2013 Gajah Mada Jawangkati
Jatinawang
2014 Putri Duyung Bintang tamu
Raden Kian Santang
2017 Nathan & Nadia Bagas

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

Singel utama
Tahun Judul Album Catatan Ref.
1999 "Dia Bukan Milikmu" Singel non-album

Pranala luar[sunting | sunting sumber]