Elex Media Komputindo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
PT Elex Media Komputindo
Sektor Penerbitan
Didirikan 15 Januari 1985
Markas Gedung Kompas Gramedia
Jalan Palmerah Barat 29-37
Jakarta Pusat, 10270
Wilayah operasi
Indonesia
Produk Majalah
Manga
Novel
Buku
Media cetak lainnya
Induk Kelompok Kompas Gramedia
Situs web www.elexmedia.co.id

PT Elex Media Komputindo adalah penerbit buku komik (khususnya manga), buku-buku komputer, cerita anak, majalah dan media cetak lainnya di Indonesia. Didirikan pada tanggal 15 Januari 1985, Elex Media Komputindo merupakan salah satu anak perusahaan dalam Kompas Gramedia. Kantor pusatnya berada di Jakarta.

Elex Media Komputindo dikenal sebagai pelopor penerbitan manga di Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan pada tahun 1985, Elex Media pada awalnya menerbitkan berbagai buku bertema elektronik dan komputer. Pendiri Kompas, Jakob Oetama tertarik pada potensi manga dalam kunjungannya di Jepang pada akhir tahun 1980-an. Pada tahun 1991, Elex Media terjun ke sektor penerbitan manga dengan membeli lisensi dan menerbitkan manga Candy Candy karya Kyoko Mizuki yang diterbitkan Kodansha. Manga lain seperti Kungfu Boy, Doraemon, dan Dragon Ball mulai menyusul. Keputusan pemerintahan Orde Baru untuk mengizinkan pendirian stasiun televisi swasta juga berpengaruh dalam penyebaran budaya luar, termasuk manga. Berbagai stasiun televisi swasta melisensi dan menayangkan anime Jepang yang turut mempengaruhi minat pecinta komik dan manga di Indonesia.[1] Komik lokal Indonesia mulai diterbitkan pada tahun 1994 dengan diterbitkannya komik lawas seperti Imperium Majapahit karya Jan Mintaraga. Elex Media mulai mengadopsi gaya penerbitan manga Jepang pada tahun 1995 dan menerapkannya pada komik lokal pada tahun 2001.[2]

Elex Media mendirikan subdivisi penerbit manga khusus dewasa dengan nama Level Comics pada tahun 2005. Mereka juga mengadopsi sistem pembatasan usia (age rating) untuk para pembaca. Semua komik dan manga bertema dewasa akan diterbitkan di bawah label Level Comics, sedangkan Elex Media bertanggung jawab untuk penerbitan komik dengan kategori semua umur atau remaja. Dalam menentukan penilaian usia dari sebuah komik, Elex Media tidak mengikuti standar penilaian yang berlaku di Jepang, melainkan kesesuaian dari komik tersebut bagi pembaca di Indonesia. Elex Media tidak menerbitkan komik atau manga yang berisi pornografi terang-terangan.[1]

Pada akhir bulan Juli 2016, Elex Media mengumumkan bahwa mereka akan merilis manga Inuyasha karya Rumiko Takahashi, beserta beberapa manga lain seperti Flame of Recca, Nemuri Hime Age, dan Megane no Incubus-kun pada tanggal 24 Agustus secara serentak.[3] Pada tanggal 25 September 2016, Elex Media mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan lisensi untuk menerbitkan manga Nisekoi karya Naoshi Komi, dan merilis volume pertamanya pada tanggal 19 Oktober.[4][5] Elex Media mengumumkan pada tanggal 9 Oktober 2016 bahwa mereka telah melisensi volume pertama dari manga Fairy Tail Zero karya Hiro Mashima dan Yoimachi Overlord, yang dirilis pada tanggal 2 November.[6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Muhammad, Halimun (19 Mei 2018). "Manga Publishing in Indonesia – Part 1: A Brief History of Manga Publishing by Elex Media". KAORI Nusantara (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 12 November 2018. 
  2. ^ Anonim (26 Agustus 2013). "Candy Candy, Pelopor Tren Manga di Indonesia". Detik. Diakses tanggal 24 Oktober 2018. 
  3. ^ Pineda, Rafael Antonio (1 Agustus 2016). "Elex Media Licenses Inuyasha, Flame of Recca Manga". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 25 Oktober 2018. 
  4. ^ Kusumanto, Dody (25 September 2016). "Elex Media Berencana Menerbitkan Nisekoi ke Indonesia". KAORI Nusantara. Diakses tanggal 24 Oktober 2018. 
  5. ^ Pineda, Rafael Antonio (26 September 2016). "Elex Media Licenses Nisekoi Romantic Comedy Manga". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 24 Oktober 2018. 
  6. ^ Pineda, Rafael Antonio (10 Oktober 2016). "Elex Media Licenses Fairy Tail Zero, Yoimachi Overlord Manga". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 25 Oktober 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]