Detektif Kindaichi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk drama dengan judul yang sama, lihat Kindaichi Shonen no Jikenbo (serial TV).
Detektif Kindaichi
KindaishiCaseFiles vol1 Cover.jpg
Komik Detektif Kindaichi Volume 1
金田一少年の事件簿
(Kindaichi Shōnen no Jikenbo)
Genre Cerita detektif, misteri
Manga
Pengarang Yozaburo Kanari
Seimaru Amagi
Ilustrator Fumiya Sato
Penerbit Bendera Jepang Kodansha
Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
Demografi Shōnen
Majalah Weekly Shōnen Magazine
Tanggal terbit 1992 – sekarang
Volume 58
Novel ringan
Pengarang Seimaru Amagi
Ilustrator Fumiya Sato
Penerbit Bendera Jepang Kodansha
Tanggal terbit 22 September 199420 April 2001
Volume 9
Seri anime televisi
Sutradara Daisuke Nishio
Studio Toei Animation
Jaringan Bendera Jepang Nippon Television
Bendera Indonesia Trans 7
Tayang perdana 7 April 199711 September 2000
Episode 148
Film anime
Satsuriku no Deep Blue
Studio Toei Animation
Rilis 21 Agustus 1999
Portal Anime dan Manga

Detektif Kindaichi (金田一少年の事件簿 — Kindaichi Shōnen no Jikenbo?) adalah manga dan anime detektif karya Yozaburo Kanari, Seimaru Amagi, dan Fumiya Sato. Manga ini terbit di Weekly Shōnen Magazine mulai tahun 1984 hingga tahun 2000. Manga yang cukup populer ini pun memiliki versi novel yang lebih ditujukan untuk pembaca dewasa dengan kasus yang lebih berat. Seri pertama manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tahun 1999.

Setelah seri Case (Caseシリーズ Kēsu Shirīzu?, di Indonesia diadaptasi menjadi serial Kindaichi Case) edisi Jepang tamat pada tahun 2000, tidak ada lagi kisah baru Kindaichi hingga tahun 2004, saat Pembunuhan Legenda Vampir (吸血鬼伝説殺人事件 Vanpaia Densetsu Satsujin Jiken?) diterbitkan. Para penulisnya mengatakan bahwa seri Kindaichi akan tetap berlanjut, tetapi tidak diterbitkan secara berkala. Hingga April 2013, sudah ada 11 kasus baru dan 3 kasus tambahan dalam seri lanjutan tersebut.

Di Jepang, ada pula versi layar lebar, dorama (sinetron Jepang), kisah petualangan Kindaichi dalam bentuk novel ringan, serta permainan video untuk PlayStation dan Nintendo DS.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

  • Hajime Kindaichi (金田一一 Kindaichi Hajime?) adalah cucu detektif terkenal Kosuke Kindaichi. Dia adalah seorang siswa SMU yang malas dan sedikit tidak sopan. Hanya segelintir orang yang mengetahui kecerdasaannya yang di atas rata-rata dengan IQ 180 dan bakat alamiahnya dalam memecahkan kasus.
  • Miyuki Nanase (七瀬美雪 Nanase Miyuki?) adalah teman sedari kecil dan tetangga dekat Kindaichi. Banyak orang mempertanyakan kenapa gadis manis dan pintar seperti Miyuki bersahabat dengan pengacau seperti Kindaichi. Akan tetapi, di lubuk hati terdalam Miyuki, dia tidak pernah menganggap Kindaichi orang yang idiot. Miyuki sebenarnya mencintai Kindaichi, hanya saja ia belum pernah mengungkapkan perasaannya.
  • Isamu Kenmochi (剣持勇 Kenmochi Isamu?) adalah seorang inspektur anggota bagian investigasi kepolisian Tokyo yang bertemu dengan Kindaichi pada kasus pertamanya, Pembunuhan di Gedung Opera, dan terkesima pada kemampuannya. Inspektur Kenmochi sering memberi Kindaichi wewenang penuh untuk mengupas tuntas kasus yang dihadapinya.
  • Kengo Akechi (明智健悟 Akechi Kengo?) adalah atasan Inspektur Kenmochi yang pernah magang di Los Angeles. Inspektur Akechi sering menjadi pesaing Kindaichi dalam memecahkan kasus.
  • Yosuke Itsuki (いつき陽介 Itsuki Yōsuke?) adalah seorang penulis lepas yang menjadi informan bagi Kindaichi untuk membantunya memecahkan suatu kasus.
  • Fumi Kindaichi (金田一二三 Kindaichi Fumi?) adalah sepupu Kindaichi yang suka berulah.

Seri Kindaichi[sunting | sunting sumber]

File Series[sunting | sunting sumber]

  • Detektif Kindaichi, 27 buku (terbit di Jepang antara tahun 1984-1997; di Indonesia antara tahun 1999-2001). Ada 19 file seri yang diterbitkan antara lain:
  1. The Opera House Murders (オペラ座館殺人事件) Volume 1-2 (6 file)
  2. Pembunuhan di Desa Segi Enam (The Mummy's Curse/異人館村殺人事件) Volume 2-3 (11 file)
  3. Death TV (雪夜叉伝説殺人事件) Volume 3-4 (10 file)
  4. Smoke and Mirrors (学園七不思議殺人事件) Volume 4-5 (10 file)
  5. Treasure Isle (秘宝島殺人事件) Volume 5-6 (10 file)
  6. Pembunuhan di Danau Patah Hati (The Legend of Lake Hiren/悲恋湖伝説殺人事件) Volume 6-7 (10 file)
  7. Pembunuhan di Hotel Eropa (The Santa Slayings/異人館ホテル殺人事件) Volume 8-9 (12 file)
    Surat ancaman terhadap teater Aphrodia membuat Kindaichi, Miyuki, dan Ryuta terlibat dalam kasus di hotel Eropa. Pembunuhan ketua teater terjadi di hadapan penonton yang menyaksikan pertunjukan mereka di atas panggung.
  8. Pembunuhan di Sekolah Gantung Leher (No Noose is Good Noose/首吊り学園殺人事件) Volume 9-10 (12 file)
    untuk meningkatkan nilai di sekolahnya, Kindaichi dan Miyuki masuk ke bimbingan belajar Shinokura College. Di bimbingan belajar yang terkenal ketat itu, ada seseorang yang melakukan perbuatan usil, mengobrak-abrik kertas ulangan dan meninggalkan tulisan darah. Bahkan pada kasus yang kedua, terjadi pembunuhan seperti yang diancamkan oleh si pelaku...
  9. Pembunuhan di Rumah Kuno (The Headless Samurai/飛騨からくり屋敷殺人事件) Volume 11-12 (12 file)
    Teman lama Inspektur Kenmochi, Shino, mendapat teror setelah anaknya mewarisi harta keluarga dari ayah tirinya. Kindaichi diminta Kenmochi untuk membantu mengatasi teror itu. Tetapi, legenda 400 tahun yang lalu menghantui desa Kuchinashi.
  10. Pembunuhan Kindaichi (Kindaichi the Killer!?/金田一少年の殺人) Volume 12-14 (14 file)
    Di pesta ulang tahunnya yang kelima puluh, Goryu Tachibana, seorang pengarang novel terkenal, menggelar kuis untuk memperebutkan hak penerbitan karyanya. Kindaichi dimintai tolong untuk membantu memecahkan kode rahasia itu. Tetapi terjadi sedikit keributan, sehingga Kindaichi membuka rahasia Goryu untuk memberinya pelajaran. Namun tidak lama setelah itu, Goryu ditemukan dalam keadaan tewas, dan Kindaichi memegang senjata yang berlumuran darah.
  11. Pembunuhan di Rumah Tarot (Playing the Fool/タロット山荘殺人事件) Volume 14-15 (14 file)
    Artis terkenal, Reika Hayami, mengundang Kindaichi datang ke tempat persembunyiannya di Rumah Tarot, penginapan yang dikelola oleh ayahnya. Ternyata tempat persembunyiannya itu tercium oleh wartawan. Namun penginapan itu menjadi panggung berdarah.
  12. Pembunuhan Boneka Lilin (The House of Wax/蝋人形城殺人事件) Volume 16-17 (13 file)
    Berkat taktik Miyuki dan Ryuji, akhirnya Kindaichi bersedia mengikuti kuis Malam Misteri di Puri Bart, atau yang lebih dikenal dengan sebutan puri boneka lilin.Malam pertama di sana mereka dikejutkan dengan pembunuhan yang terjadi pada salah satu boneka duplikasi para peserta kuis. Tetapi pembunuhan tidak hanya mengancam boneka lilin, sebab orang yang bersangkutan pun terbunuh dengan cara yang sama dengan bonekanya...
  13. Pembunuhan Dewa Pencuri (The Gentleman Thief/怪盗紳士の殺人) Volume 17-18 (13 file)
    Meskipun di bawah penjagaan ketat, Dewa Pencuri tetap berhasil membawa lukisan "Bayangan Putri Tercinta". Bersamaan dengan itu, identitas Dewa Pencuri pun terbongkar. Akan tetapi, dia menyangkal dua pembunuhan yang terjadi.
  14. Pembunuhan di Pulau Kuburan (Graveyard Isle/墓場島殺人事件) Volume 19-20 (11 file)
    Kindaichi dan teman sekolahnya mengisi liburan dengan tur ekspedisi ke Pulau Kuburan. Liburan yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi kengerian yang mencekam, ketika ledakan bom menewaskan sekelompok mahasiswa peserta game survival di pulau itu.
  15. Pembunuhan di Kereta Sihir (The Magical Express/魔術列車殺人事件) Volume 20-21 (13 file)
    Tawa Dukun Voodoo Neraka bergema di atas panggung kematian. Pertunjukan sulap yang dipenuhi darah dan kengerian pun dimulai! Dari bukti yang tercecer, diketahui bahwa kasus ini berhubungan dengan kematian Reiko Chikayama, ketua grup sulap sebelumnya, lima tahun yang lalu.
  16. Pembunuhan Kupu-Kupu Hitam (The Undying Butterflies/黒死蝶殺人事件) Volume 22-23 (13 file)
  17. Burial Francs (仏蘭西銀貨殺人事件) Volume 23-25 (14 file)
  18. The Devil's Artifacts (魔神遺跡殺人事件) Volume 25-26 (12 file)
  19. Reika's Kidnapping (速水玲香誘拐殺人事件) Volume 26-27 (9 file)

Case Series[sunting | sunting sumber]

  • Kindaichi Case, terbit dalam 10 buku (terbit di Jepang antara tahun 1998-2000). 7 judul file seri yang diterbitkan antara lain:
  1. Forest of Cerberus
  2. The Murderer From Screen
  3. Divine Treasure of Kotousu
  4. Ghost of Yukikage Village
  5. The Plot of Russian Dolls
  6. Circus du Murder
  7. Judgment of Gankutsuō

Kindaichi File[sunting | sunting sumber]

  • Kindaichi File, 6 buku (kumpulan kasus pendek disertai novel; terbit di Jepang antara tahun 1997-2000). Beberapa judul file yang terbit antara lain:
  1. Pembunuhan di Rumah Cermin
  2. Penculikan Fumi Kindaichi
  3. Kasus Indah Akechi Muda
  4. Mimpi Buruk Kindaichi (Novel)
  5. Kasus Aneh Kindaichi
  6. Petualangan Fumi Kindaichi
  7. Uang Tebusan yang Hilang
  8. Alibi dalam Film
  9. Restoran Pembunuhan
  10. Pretty Detective Fumi Kindaichi
  11. Pembunuhan di Kolam Berdarah
  12. Pembunuhan di Sekolah Hantu
  13. Teka-Teki Hilang Sekejap
  14. Surat Tantangan dari Pencuri Budiman
  15. Bunyi Tembakan Jam 4.40 Pagi
  16. Pembunuhan Pedang Setan Lebah Beracun
  17. Rencana aneh Dokter Wanita

Kindaichi Special Case[sunting | sunting sumber]

  • Kindaichi Special Case, merupakan lanjutan dari File Series dan Case Series. 14 file telah diterbitkan (per Oktober 2013; mulai terbit di Jepang tahun 2004). File yang sudah diterbitkan antara lain:
# File Terbit Jepang Terbit Indonesia
2004-2011 (File 27-34)
Legendary Vampire Murders / 吸血鬼(ヴァンパイア)伝説殺人事件
1
27
18 Agustus 2004 - 13 Oktober 2004 -[1]
The Phantom of The Opera - 3rd Murder / オペラ座館・第三の殺人
1
28
14 September 2005 - 15 Desember 2005 23 Juni 2010[2]
2 27 Oktober 2010[3]
Kindaichi datang lagi ke gedung opera Penginapan tempat terjadinya dua kasus pembunuhan beruntun yang mengerikan. Akan tetapi, pada kunjungannya yang ketiga ini, terjadi lagi kasus pembunuhan misterius yang dilakukan oleh tokoh phantom dalam kisah Phantom of the Opera!! Apalagi inspektur kenmochi yang selama ini diandalkan menghilang entah ke mana.
Private School Murder / 獄門塾殺人事件
1
29
12 April 2006 - 9 Agustus 2006 -
2 -

  • Sebuah kasus kematian misterius tiba-tiba terjadi di sebuah tepat bimbingan belajar "Gokumon" yang terkenal dengan sistem pendidikannya yang sangat keras. Ternyata itu adalah sebuah tantangan dari Takato, penjahat jenius yang menyebut dirinya sebagai "Si Penyihir Neraka".
  • Dalam training camp yang memisahkan Grup Sastra di "Vila Matahari" dan Grup Eksakta di "Vila Cahaya Bulan", telah menjadi sebuah kasus pembunuhan beruntun. Semua mayat korban yang dibunuh oleh pembunuh misterius "Sparrow" ditemukan dalam kondisi yang dipilih sesuai dengan isi "pelajaran" yang diberikan.
Snow Spirit Murder / 雪霊伝説殺人事件
1
30
17 Januari 2007 - 18 April 2007 12 Januari 2011[4]
2 19 Januari 2011[5]
  • Seseorang telah membunuh dengan memanfaatkan keberadaan hantu salju. Sosok yang tidak kasat mata, hanya menyisakan kematian sang korban
  • Kindaichi yang jatuh dalam kesulitan karena kesalahan analisisnya tentang satu orang yang melakukan dua peran sekaligus sendirian, malah mendapatkan alibi yang sempurna dan trik dari misteri ruangan tertutup! Bisakah dia menangkap sosok yang sebenarnya dari pembunuh berdarah dingin yang bagaikan badai salju itu?

Cerita Pendek:

  • Reika Hayami dan Tamu Palsu
Kasus Pembunuhan Ruang Chidamari
Kasus Pembunuhan Festival SMU Fudo
1
-
- 27 Juni 2012[6]
Kasus pembunuhan Festival SMA Fudo SMA Fudo yang sedang dimeriahkan oleh festival sekolah. Tapi, di balik semua itu ada takdir yang tenggelam di balik bayangan. terjadi kasus pembunuhan di Maid Caf yang diadakan oleh klub fotografi. Kindaichi mulai mendekati kenyataan yang tersembunyi dari keanehan mayat yang dipakaikan baju maid!
Pembunuhan oleh Inspektur Kenmochi / 剣持警部の殺人
1
32
23 April 2009 - 22 Juli 2009 12 Juni 2013[7]
2 19 Juni 2013[8]
  • Tiga tahun yang lalu terjadi kasus pembuangan mayat siswi SMU. Karena usia yang masih remaja, ketiga orang pelaku lolos dari hukuman berat. Tapi, perbuatan yang bengis itu tidak termaafkan. Berbagai macam hukuman yang sadis dijatuhkan pada mereka. Rasanya tak mungkin kalau yang "menghukum" mereka itu inspektur Kenmochi! Percaya bahwa inspektur Kenmochi tidak bersalah, Kindaichi berusaha menyingkap pelaku yang sebenarnya.
  • Satu per satu mantan anak remaja yang menjadi pelaku kasus pembuangan mayat siswi SMA, diserang. Semua bukti yang ditinggalkan di lokasi kejadian menunjuk inspektur Kenmochi sebagai pelaku. Pokoknya, aku akan tetap percaya pada paman! Kindaichi mendekati kebenaran yang tersembunyi di balik trik. Selain itu ada Aksi Kindaichi semasa SMP! Disertai edisi spesial arwah di kolam loncat indah dan kejadian misterius di perkemahan.

Disertai edisi Spesial "Detektif Kindaichi, Episode Masa SMP", antara lain:

  • Arwah di Kolam Loncat Indah
  • Kejadian "Misterius" di Perkemahan
Black Magic Murder / 黒魔術殺人事件
1
31
21 Mei 2008 - 9 Juli 2008 11 September 2013[9]
Keluarga Himatsuri yang sukses karena sihir hitam, anggota keluarganya mati satu persatu seperti boneka kutukan! Pembunuhan yang dikatakan menggunakan kutukan, tetapi di balik semua itu ada dendam yang menakutkan. Dan yang menyambungkan semua itu adalah Takato sang "Penyihir Neraka"!
The Alchemy / 錬金術殺人事件
1
33
28 April 2010 - 28 Juli 2010 Sudah Terbit di indonesia
Menampilkan tokoh utama dan beberapa tokoh pendukung Detective School Q.
House of Games / ゲームの館殺人事件
1
34
13 April 2011 - 8 Juni 2011 Sudah Terbit di Indonesia
2012-2013 (File 35-37)
Human Eater Research Institute / 人喰い研究所(ラボ)殺人事件
1
35
7 Maret 2012 - 23 Mei 2012 Sudah Terbit di Indonesia
Midnight Castle
1
-
- Sudah Terbit di Indonesia
Treasure in Kowloon, Hong Kong / 香港九龍財宝殺人事件
1
36
11 Juli 2012 - 17 Oktober 2012 Sudah Terbit di Indonesia
Mansion of Rosenkreuz / 薔薇十字館殺人事件
1
37
26 Desember 2012 - 17 April 2013 Sudah Terbit di Indonesia

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Fanpage Detective Kindaichi di Facebook