Dragon Ball Z: The Tree of Might

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Dragon Ball Z: The Tree of Might (ドラゴンボールZ 地球まるごと超決戦, Doragon Bōru Zetto: Chikyū Marugoto Chōkessen; lit. "Dragon Ball Z: Super Showdown for Whole Earth") adalah film ke-3 Dragon Ball Z. Pertama kali dirilis di Jepang pada 7 Juli 1990, antara episode 54 dan 55 seri Dragon Ball Z, dengan tayang perdananya pada acara Toei Anime Fair 1990. Film ini pertama kali diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh FUNimation pada 1997.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Dalam film ini, para Z Fighter menghadapi ancaman baru yang dimulai dengan kebakaran hutan, yang disebabkan tabrakan sebuah Meteor, di mana Gohan dan Krillin menyelamatkan binatang-binatang hutan dan seekor naga kecil bernama Haiya Dragon. Walaupun mereka sanggup mengembalikan hutannya menjadi seperti semula dengan Dragon Ball, Haiya Dragon tidak ingin kembali dan tetap tinggal bersama Gohan, yang menyebabkan kemarahan Chi-chi. Goku kemudian menunjukkan gua dekat rumah mereka untuk membiarkan Gohan memelihara naganya. Kemudian, Meteor yang menabrak dan menyebabkan hutan kebakaran tadi berubah jadi semacam alat pemeriksa dan tidak lama setelah itu Bumi didatangi tim makhluk asing yang tidak bersahabat di bawah pimpinan seorang Saiya. Saat kedatangan mereka, mereka menanam sebutir biji yang tumbuh menjadi Pohon Kekuatan, sebuah tanaman yang menghisap kehidupan di planet untuk tumbuh dan menjadikan semuanya gurun pasir. Melalui permintaan Raja Kai, Goku, Krillin, Yamcha, Tien Shinhan, dan Chiaotzu menyelidiki dan mencoba menghancurkan pohon itu, tetapi mereka tidak berhasil. Mereka kemudian menghadapi makhluk asing sementara pemimpin mereka menonton dari dalam kapal luar angkasa. Pada akhirnya, Krillin, Yamcha, Tien, dan Chiaotzu dikalahkan oleh makhluk asing tersebut, dengan hanya Goku yang tersisa sebagai satu-satunya yang bisa melawan mereka.

Selama pertarungan yang berikutnya, Chiaotzu diselamatkan oleh Gohan, yang baru saja tiba dan menunjukkan kemampuan bertarungnya yang tidak bisa dipercaya tetapi dengan mudah dikalahkan Lakasei. Dia kemudian berjumpa dengan pemimpin para makhluk asing itu Turles, seorang Saiya yang memiliki penampilan sangat mirip dengan Goku. Turles memberi Gohan pilihan antara bergabung dengannya atau mati. Gohan menolak bergabung dengan Turles dan dia diselamatkan Piccolo. Akan tetapi, Turles menyergap dan menyerang dia dari belakang, mengambil kembali Gohan. Dia memperhatikan ekor Gohan yang kembali tumbuh dan membuat bulan buatan yang secara paksa mengubah Gohan menjadi Monyet Besar dan menyerang Goku. Goku hampir mati diremas Gohan sampai Haiya Dragon datang dan menenangkan Gohan. Tapi ketika Turles menyerang Haiya Dragon, Gohan marah dan menyerang Turles, yang menembakkan serangan ke Gohan. Sebelum serangan itu mengenainya, Goku berhasil memotong ekor anaknya itu dan mengembalikannya ke bentuk normal. Goku menangkap Gohan dengan tangannya dan berjanji akan mengalahkan Turles. Antek-antek Turles menyerang Goku yang menggunakan Kaio-ken dan dengan cepat mengalahkan mereka sementara Piccolo gagal lagi melawan Turles. Goku dan Turles kemudian bertarung dengan Goku yang berada di atas angin, sampai Turles meningkatkan kekuatannya lebih besar dengan memakan buah dari Pohon Kekuatan. Dengan kekuatan barunya, Turles mendominasi Goku dan memukulnya yang langsung membuatnya tidak bisa bertarung lagi, bahkan dengan menggunakan Kaio-ken 10 kali lipat (20 kali lipat di versi Funimation).

Goku secara perlahan memulihkan dirinya sementara Turles dialihkan perhatiannya oleh sisa Z Fighter, Goku memutuskan menggunakan Genkidama. Walaupun mendapat energi dari makhluk hidup, dia tidak bisa menyerang Turles saat Turles membalasnya dengan Calamity Blaster yang mengalahkan Genkidama Goku. Tidak bisa mengumpulkan energi lagi dari makhluk hidup, Goku memutuskan mengambil energi dari dalam Pohon Kehidupan itu sendiri. Pada akhirnya berhasil membuat Genkidama, Goku menembakkan Genkidama ke arah Turles yang melawan menggunakan gelombang Ki-nya sendiri. Itu juga menghantam batang Pohon Kehidupan dan menghancurkannya bersama dengan pohon itu ketika Genkidama meledak. Ancaman pun kini berakhir, para Z Fighter kembali ke kehidupan normal mereka sekali lagi.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Pahlawan[sunting | sunting sumber]

Penjahat[sunting | sunting sumber]

  • Turles
  • Rasin
  • Lakasei
  • Daiz
  • Cacao
  • Amond

Karakter pendukung[sunting | sunting sumber]

Penempatan Garis Waktu[sunting | sunting sumber]

Daizenshuu menempatkan film ini setelah kedatangan Goku ke Planet Namek, sebelum pertarungannya dengan Frieza: "Fakta bahwa Goku belum berubah menjadi Super Saiya, cerita ini mengambil tempat sebelum pertarungan akhir dengan Frieza. Bagaimanapun, pada saat itu Goku seharusnya ada di tengah-tengah pertarungannya di Planet Namek." Fakta kalau film ini berlatar di bumi sementara Goku seharusnya ada di Planet Namek adalah sebuah ketidak akuratan.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Tingkat kekuatan yang dilaporkan scouter Turles adalah: Gohan - 10.000, Piccolo - 18.000, Goku - 30.000. Itu semua sedikit lebih tinggi daripada tingkat kekuatan yang dilaporkan scouter Vegeta di Vegeta Saga; tetapi jauh lebih rendah dari seharusnya setelah mereka kembali dari Planet Namek, sebab tingkat kekuatan Goku seharusnya paling tidak 3 juta dan Piccolo 1 juta lebih.
  • Goku ditunjukkan menggenggam tongkatnya di poster filmnya, walaupun Goku tidak menggunakannya di film.
  • Ini adalah film tuturan pertama yang menampilkan Raja Kai, walaupun tekniknya (Kaio-ken dan Genkidama) sudah tampil di film sebelumnya. Ini juga penampilan pertama Yamcha, Tien, dan Chiaotz di film Dragon Ball Z; walaupun Yamcha telah tampil di tiga film Dragon Ball.
  • Goku menggunakan Kaio-ken 10 kali lipat di film jauh sebelum itu sebenarnya ditunjukkan di manganya (bab ke-312 dirilis lebih dari 8 bulan kemudian).
  • Ini adalah satu-satunya film di mana Yamcha menggunakan pakaian dengan simbol sekolah kura-kura di depan dan simbol Raja Kai di belakang. Pakaiannya setelah dibangkitkan kembali di serinya terbalik (Raja Kai depan, Turtle belakang).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • dragonball.wikia.com Dragon Ball Wikia

Templat:Periksa