Attack on Titan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Attack on Titan
Shingeki no Kyojin manga volume 1.jpg
Gambar sampul manga Attack on Titan volume pertama, menampilkan Eren Yeager yang akan menyerang Colossal Titan
進撃の巨人
(Shingeki no Kyojin)
GenrePetualangan,[1] fantasi gelap,[2] pasca kiamat[3][4]
Manga
PengarangHajime Isayama
PenerbitKodansha
Penerbit
Inggris
Penerbit
Indonesia
DemografiShōnen
ImprintLevel Comics
MajalahBessatsu Shōnen Magazine
Terbit9 September 2009 – sekarang
Volume28 (Daftar volume)
Novel
Manga
Seri anime
SutradaraTetsurō Araki (musim 1, sutradara utama 2–)
Masashi Koizuka (musim 2–)
ProduserTetsuya Kinoshita
Kensuke Tateishi
George Wada
Toshihiro Maeda
Shin Furukawa (musim 1)
Tomohito Nagase (musim 1)
Tetsuya Endō (musim 2–3 B. 1)
Yasuyuki Nishiya (musim 2–)
Soya Kiyota (musim 3 B. 2–)
SkenarioYasuko Kobayashi
MusikHiroyuki Sawano
StudioWit Studio
Production I.G (kerja sama produksi)
Pelisensi
Saluran
asli
MBS, Tokyo MX, BS11, FBS, TOS, HTB, TV Aichi, Gunma TV, GYT, TV Saitama, tvk, CTC, RSK, BSN, RCC, SBC, TBC, SBS, IBC, RKK, ITC (musim 1–2)
NHK General TV (musim 3)
Saluran
bahasa Inggris
Tayang 7 April 2013 – sekarang
Episode59 + 8 OVA (Daftar episode)
Film anime
Attack on Titan – Part 1: Crimson Bow and Arrow
Attack on Titan – Part 2: Wings of Freedom
SutradaraTetsurō Araki
SkenarioYasuko Kobayashi
MusikHiroyuki Sawano
StudioWit Studio
Production I.G (kerja sama produksi)
Pelisensi
Funimation
Rilis22 November 2014 (bagian 1)
27 Juli 2015 (bagian 2)
Durasi120 menit
Film anime
Attack on Titan: The Roar of Awakening
SutradaraTetsurō Araki
Masashi Koizuka
SkenarioYasuko Kobayashi
MusikHiroyuki Sawano
StudioWit Studio
Pelisensi
Madman Entertainment
Funimation
Rilis13 Januari 2018
Durasi120 menit
Film laga hidup
Permainan video
  • Shingeki no Kyojin
  • Shingeki no Kyojin -Hangeki no Tsubasa-
  • Lost in the Cruel World
  • Attack on Titan: Humanity in Chains
  • No Regrets
  • In the Forest of the Night, Burning Bright
  • Wall Sina, Goodbye
  • Shingeki no Kyojin -Hangeki no Tsubasa- Online
  • Shingeki no Kyojin -Jiyū e no Hōkō-
  • Shingeki no Kyojin Banda Attack on Typing
  • Attack on Titan
  • Attack on Titan 2
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Shingeki no Kyojin (bahasa Jepang: 進撃の巨人, terj. har. "Raksasa [yang] Menyerang"), yang diterbitkan di Indonesia dengan judul Attack on Titan, adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hajime Isayama. Manga ini pertama kali dimuat dalam majalah Bessatsu Shōnen Magazine terbitan Kodansha sejak tanggal 9 September 2009, dan telah dibundel menjadi 28 volume tankōbon hingga bulan April 2019. Ceritanya berlatar di dunia tempat umat manusia hidup di kota yang dikelilingi tembok besar, yang melindungi mereka dari makhluk pemakan manusia berukuran raksasa yang dikenal sebagai titan.

Attack on Titan meraih kesuksesan kritis dan komersial. Hingga bulan April 2019, manga ini telah terjual sebanyak 90 juta kopi dalam bentuk cetak di seluruh dunia (80 juta di Jepang dan 10 juta di luar Jepang), membuatnya menjadi salah satu seri manga terlaris.[6][7][8] Adaptasi anime-nya diterima dengan baik oleh para kritikus, dan tiga musim pertamanya mendapatkan pengakuan kritikus yang memuji cerita, animasi, musik, dan sulih suaranya. Anime-nya juga terbukti sangat sukses di AS dan Jepang, dan meningkatkan popularitas seri ini. Meskipun seri ini juga meraih ketenaran di negara Asia lainnya, interpretasi politik atas seri ini menimbulkan kontroversi di Tiongkok dan Korea Selatan.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Di suatu zaman yang tidak diketahui, umat manusia hampir punah karena sebagian besar dari umat manusia dimangsa oleh sebuah makhluk raksasa yang bernama Titan. Titan itu sendiri sebenarnya adalah manusia yang bisa berubah wujud menjadi raksasa berkat Ymir Fritz, nenek moyang mereka yang melakukan perjanjian dengan iblis. Setelah kematian Ymir, kekuatan semua titan yang ada dalam diri Ymir terpecah jadi 9 titan. Keturunan Ymir semuanya bisa menjadi raksasa dan dinamakan Suku Ymir yang mendirikan negara bernama Eldia. Walau akhirnya mereka menjauh dari peradaban dan mengasingkan diri ke Pulau Paradis, kemudian mendirikan tiga tembok besar yang tersusun konsentris, kemudian mengurung diri di dalam tembok tersebut. Raja mencuci otak seluruh suku Ymir menggunakan kekuatan Founding Titan, salah satu dari 9 Titan sehingga mereka mengira umat manusia telah punah kecuali mereka. Suku selain Ymir yang ikut ke dalam tembok, seperti klan Asia dan klan Ackerman, tidak ikut tercuci otaknya karena tidak terpengaruh oleh kekuatan Founding Titan. Umat manusia yang tersisa bertahan hidup di dalam sebuah daerah yang dikelilingi oleh tiga lapis tembok yang bernama (dimulai dari yang terluar) Tembok Maria, Tembok Rose, dan Tembok Sina, masing-masing tembok memiliki tinggi sekitar 50 meter yang tak mungkin diraih Titan yang hanya memiliki tinggi maksimal 15 meter. Pada tahun 845, terjadi suatu hal yang mengejutkan, tiba-tiba muncul seorang Titan setinggi 60m yang dapat terlihat dari balik tembok. Titan tersebut adalah Colossal Titan, Colossal Titan menghancurkan pintu yang berada pada Tembok Maria yang menyebabkan banyak Titan setinggi 8 hingga 15 meter bisa masuk ke dalam Tembok Maria dengan mudah. Hal ini menyebabkan penduduk Tembok Maria harus mengungsi ke wilayah Tembok Rose.

Di antara penduduk Tembok Maria yang mengungsi, ada seorang anak bernama Eren Jaeger yang melihat ibunya sendiri mati dimakan oleh seorang Titan. Kematian ibunya membuat Eren bersumpah untuk menghabisi seluruh Titan yang ada di muka bumi dengan cara menjadi seorang prajurit dan masuk ke dalam Survey Corps meskipun sebelumnya ditentang oleh ibunya sebelum kematianya. 5 tahun berlalu setelah tragedi diterobosnya Tembok Maria oleh Titan, Eren bersama teman-temannya Mikasa dan Armin telah bergabung menjadi prajurit dalam Survey Corps.

Tokoh Utama[sunting | sunting sumber]

Eren Jaeger (Kaji Yuuki)[sunting | sunting sumber]

Lulus sebagai peringkat kelima dalam Training Corps angkatan ke-104 dan kemudian bergabung dengan Survey Corps. Pada tahun 845, ia bersama adik angkatnya Mikasa Ackerman dan sahabatnya Armin Arlert melihat kejadian mengerikan saat Colossal Titan menghancurkan dinding distrik Shinganshina dan Armored Titan menghancurkan tembok Maria. Eren juga melihat secara jelas saat ibunya dimakan hidup-hidup oleh Titan. Sejak saat itu, ia mengikuti pelatihan militer bersama dengan Mikasa dan Armin. Setelah ia dimakan Titan dalam serangan Titan ke distrik Trost seperti yang terjadi pada distrik Shiganshina lima tahun sebelumnya, ia mengetahui bahwa ia dapat berubah menjadi Titan dan kekuatannya digunakan untuk mencapai mimpinya, yaitu membunuh semua Titan demi kelangsungan hidup umat manusia. Eren adalah nama Turki dan Jaeger adalah nama Jerman.

Mikasa Ackerman (Ishikawa Yui)[sunting | sunting sumber]

Lulus sebagai peringkat pertama dalam Training Corps angkatan ke-104 dan kemudian bergabung dengan Survey Corps. Mikasa adalah adik angkat Eren yang juga berada di distrik Shiganshina saat terjadi serangan Titan pada tahun 845. Ia diselamatkan Eren pada tahun 844 saat kedua orang tua Mikasa dibunuh dan ia diculik, sehingga sejak saat itu ia tinggal di kediaman keluarga Jaeger dan menjadi sangat akrab dengan Eren. Keluarga Ackerman memiliki kemampuan rahasia yang membuatnya dapat menjadi kuat sehingga membuatnya menjadi calon prajurit angkatan 104 terbaik. Mikasa adalah nama Jepang dan Ackerman adalah nama Jerman.

Armin Arlert (Inoue Marina)[sunting | sunting sumber]

Tidak masuk 10 besar saat lulus dari Training Corps angkatan ke-104, kemudian bergabung dengan Survey Corps. Armin adalah prajurit angkatan ke-104 tercedas namun memiliki mental dan fisik yang lebih lemah dibanding prajurit lain, sehingga karena kepintarannya ia dapat lulus menjadi prajurit walau mental dan fisiknya tidak memenuhi standar. Armin memiliki fisik seperti perempuan walaupun dia lelaki, sehingga sebelum kehancuran tembok Maria, dia selalu diganggu oleh anak-anak nakal dan ditolong oleh Eren dan Mikasa. Ia memiliki keberanian untuk bergabung dengan Survey Corps bersama Eren dan Mikasa walaupun itu adalah pilihan yang dianggap gila, karena 60% prajurit tewas saat ekspedisi yang dilakukan Survey Corps.

Pemimpin Pasukan[sunting | sunting sumber]

Levi Ackerman[sunting | sunting sumber]

Komandan dari Pasukan Pengintai, yang merupakan salah satu tim dalam Survey Corps. Secara resmi disebut sebagai Kapten Levi. Levi sangat menyukai kebersihan, sehingga disebut juga sebagai "Clean Freak".

Erwin Smith[sunting | sunting sumber]

Komandan dari Survey Corps. Erwin memiliki kemampuan strategis yang luar biasa, yang menjadikannya seorang komandan yang dihormati oleh bawahannya di Survey Corps serta prajurit di kesatuan yang lainnya. Sejak kecil, Erwin memiliki keingintahuan akan dunia di luar dinding, yang mendorongnya untuk bergabung dengan Survey Corps.

Hanji Zoe[sunting | sunting sumber]

Seperti Levi, Hanji adalah pemimpin salah satu tim dalam Survey Corps. Hanji adalah orang yang eksentrik dan sangat tertarik pada sains di balik keberadaan Titan, sehingga menjadi orang yang memimpin eksperimen-eksperimen Survey Corps terhadap Titan. Sejak kematian Erwin Smith, Hanji menggantikannya sebagai komandan Survey Corps.

Prajurit Training Corps Angkatan Ke-104[sunting | sunting sumber]

Sasha Blouse[sunting | sunting sumber]

Lulus dari Training Corps angkatan ke-104 sebagai peringkat ke-9. Sasha merupakan gadis penggila makanan yang dicap oleh pelatih Keith Sadies sebagai salah satu dari orang yang sering dipanggil ke ruangannya. Ia handal dalam memanah, dan kemampuannya ini didapatkan dari masa kecilnya sebagai anak pemburu yang tinggal di hutan.

Ymir[sunting | sunting sumber]

Ymir adalah salah satu orang yang dapat berubah menjadi Titan, seperti Eren. Sebelumnya, Ymir merupakan gelandangan di Marley yang kemudian dipuja dalam suatu sekte, yang kemudian menjadikannya musuh bagi Marley sehingga ia dibuang ke Paradis sebagai Titan. Ymir memiliki kemampuan menjadi Titan Shifter setelah ia memakan Marcel Galliard.

Reiner Braun[sunting | sunting sumber]

Lulus dari Training Corps angkatan ke-104 sebagai peringkat kedua. Dicap oleh pelatihnya sebagai prajurit dengan mental dan fisik yang besar dan juga diberi kepercayaan yang tinggi oleh teman temannya. Reiner merupakan teman dekat Bertolt Hoover. Dia berasal dari desa yang lokasinya tidak diketahui bersama dengan Bertolt Hoover dan Annie Leonhart. Dia dipercaya oleh teman-temannya dan bahkan rela mengorbankan nyawanya demi teman temannya.

Reiner adalah Titan Shifter, yaitu orang yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi titan. Bentuk titan dari Reiner adalah Armored Titan, yang memiliki kemampuan fisik yang sangat hebat, mampu membuat lubang di dinding hanya satu kali serangan, dan dapat berlari dengan sangat cepat, melebihi titan abnormal.

Bertolt Hoover[sunting | sunting sumber]

Rangking 3. Dicap oleh pelatihnya sebagai prajurit yang dapat diandalkan namun kurang agresif, namun Bertolt memiliki skill yang luar biasa, ia memiliki fisik yang tinggi, dia juga seorang titan shifter, yaitu Colossal titan, yang memiliki tinggi 60 meter, selain besar, titan ini mampu mengendalikan uap panas dari tubuh, namun titan ini sangat lambat karena postur nya yang besar

Annie Leonhart[sunting | sunting sumber]

Rangking 4 dari 3 orang yang bergabung dengan Polisi Militer, memiliki kemampuan yang luar biasa, baik dalam membunuh titan maupun bertarung dengan tangan kosong, Annie merupakan sosok perempuan misterius, dia dapat berubah menjadi titan, yang menyebabkan banyak kematian pada member Survey Corps/Scouting Legion, beberapa korbannya adalah pasukan dari Squad Levi yang terkenal sangat hebat, Titan Annie memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa, serta dapat mengeraskan diri menjadi kristal yang tidak bisa dihancurkan apapun.

Historia Reiss / Christa Lenz[sunting | sunting sumber]

Historia Reiss(Seharusnya Christa Lenz) adalah anak haram dari Rod Reiss. Ibunya meninggal saat dia kecil. Memiliki kakak perempuan bernama Frieda reiss dan Paman bernama Uri reiss.Rangking 10 dalam angkatan 104 dan berteman dengan Ymir dan Sasha.Pada season 3 menjadi ratu karena raja sebelumnya berbohong dan pemimpin harus memiliki darah kerajaan. Historia reiss adalah sosok perempuan yang baik hati dan memiliki rasa keibuan yang tinggi.

Larangan di Tiongkok[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 12 Juni 2015, Kementerian Kebudayaan Republik Rakyat Tiongkok melarang distribusi dari Attack on Titan bersama dengan 38 judul anime dan manga lainnya yang dinilai "memiliki unsur kekerasan, pornografi, terorisme dan kejahatan terhadap moralitas publik yang berpotensi memicu anak muda untuk meniru hal-hal tersebut".[9]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Meskipun Funimation memegang lisensi utama atas seri ini di Australasia, Kepulauan Britania, dan Amerika Utara, Funimation hanya terlibat langsung dalam menangani distribusi seri ini di Amerika Utara. Madman Entertainment mendistribusikan seri ini Australasia, dan Manga Entertainment (musim 1) dan Sony Pictures UK (musim 2) mendistribusikan seri ini di Kepulauan Britania.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Attack On Titan". Funimation. Diakses tanggal 29 Juli 2018. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama amateur art
  3. ^ Thompson, Jason (14 November 2013). "House of 1000 Manga: Crunchyroll Manga". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Maret 2014. Diakses tanggal 15 Mei 2014. 
  4. ^ (6 Juli 2013). Attack on Titan Now Monthly. Siaran pers.
  5. ^ "Funimation Acquires Attack on Titan Season 3". Anime News Network. 26 April 2018. Diakses tanggal 1 Desember 2018. As part of its agreement with Kodansha, Funimation has secured the international rights to home entertainment, video on demand and broadcast distribution of the series in the U.S., Canada, U.K., Ireland, Australia and New Zealand. 
  6. ^ "単行本累計8000万部突破!" [Cumulative total of over 80 million copies!]. Weekly Shōnen Magazine (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 26 April 2019. 
  7. ^ Hodgkins, Crystalyn (1 Januari 2019). "Roundup of Newly Revealed Print Counts for Manga, Light Novel Series – December 2018". Anime News Network. Diakses tanggal 1 Januari 2019. 
  8. ^ Hodgkins, Crystalyn (3 November 2018). "Roundup of Newly Revealed Print Counts for Manga, Light Novel Series – October 2018". Anime News Network. Diakses tanggal 3 November 2018. 
  9. ^ "China bans 38 anime & manga titles including Attack on Titan". Special Broadcasting Service. 12 Juni 2015. Diakses tanggal 31 Agustus 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]