Attack on Titan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Attack on Titan
Shingeki no Kyojin manga volume 1.jpg
Gambar sampul manga Attack on Titan volume pertama, menampilkan Eren Yeager yang akan menyerang Colossal Titan
進撃の巨人
(Shingeki no Kyojin)
GenrePetualangan,[1] fantasi gelap,[2] pascakiamat[3][4]
Manga
PengarangHajime Isayama
PenerbitKodansha
Penerbit
Inggris
Penerbit
Indonesia
DemografiShōnen
ImprintLevel Comics
MajalahBessatsu Shōnen Magazine
Terbit9 September 2009 – sekarang
Volume30 (Daftar volume)
Novel
Manga
Seri anime
SutradaraTetsurō Araki (musim 1, sutradara utama 2–)
Masashi Koizuka (musim 2–)
ProduserTetsuya Kinoshita
Kensuke Tateishi
George Wada
Toshihiro Maeda
Shin Furukawa (musim 1)
Tomohito Nagase (musim 1)
Tetsuya Endō (musim 2–3 B. 1)
Yasuyuki Nishiya (musim 2–)
Soya Kiyota (musim 3 B. 2–)
SkenarioYasuko Kobayashi
MusikHiroyuki Sawano
StudioWit Studio
Production I.G (kerja sama produksi)
Pelisensi
Saluran
asli
MBS, Tokyo MX, BS11, FBS, TOS, HTB, TV Aichi, Gunma TV, GYT, TV Saitama, tvk, CTC, RSK, BSN, RCC, SBC, TBC, SBS, IBC, RKK, ITC (musim 1–2)
NHK General TV (musim 3)
Saluran
bahasa Inggris
Tayang 7 April 2013 – sekarang
Episode59 + 8 OVA (Daftar episode)
Film anime
Attack on Titan – Part 1: Crimson Bow and Arrow
Attack on Titan – Part 2: Wings of Freedom
SutradaraTetsurō Araki
SkenarioYasuko Kobayashi
MusikHiroyuki Sawano
StudioWit Studio
Production I.G (kerja sama produksi)
Pelisensi
Funimation
Rilis22 November 2014 (bagian 1)
27 Juli 2015 (bagian 2)
Durasi120 menit
Film anime
Attack on Titan: The Roar of Awakening
SutradaraTetsurō Araki
Masashi Koizuka
SkenarioYasuko Kobayashi
MusikHiroyuki Sawano
StudioWit Studio
Pelisensi
Madman Entertainment
Funimation
Rilis13 Januari 2018
Durasi120 menit
Film laga hidup
Permainan video
  • Shingeki no Kyojin
  • Shingeki no Kyojin -Hangeki no Tsubasa-
  • Lost in the Cruel World
  • Attack on Titan: Humanity in Chains
  • No Regrets
  • In the Forest of the Night, Burning Bright
  • Wall Sina, Goodbye
  • Shingeki no Kyojin -Hangeki no Tsubasa- Online
  • Shingeki no Kyojin -Jiyū e no Hōkō-
  • Shingeki no Kyojin Banda Attack on Typing
  • Attack on Titan
  • Attack on Titan 2
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Shingeki no Kyojin (bahasa Jepang: 進撃の巨人, terj. har. "Raksasa [yang] Menyerang"), yang diterbitkan di Indonesia dengan judul Attack on Titan, adalah sebuah seri manga shōnen Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hajime Isayama. Ceritanya berlatar di dunia fantasi tempat umat manusia hidup di wilayah yang dikelilingi tiga lapis tembok besar, yang melindungi mereka dari makhluk pemakan manusia berukuran raksasa yang dikenal sebagai Titan.

Manga ini pertama kali dimuat dalam majalah Bessatsu Shōnen Magazine terbitan Kodansha sejak bulan September 2009, dan telah dibundel menjadi 30 volume tankōbon hingga bulan November 2019. Attack on Titan meraih kesuksesan kritis dan komersial. Hingga bulan Desember 2019, manga ini telah terjual sebanyak 100 juta kopi dalam bentuk cetak di seluruh dunia, membuatnya menjadi salah satu seri manga terlaris.[6][7][8]

Adaptasi anime-nya diterima dengan baik oleh para kritikus, dan tiga musim pertamanya mendapatkan pengakuan kritis dan pujian terhadap alur cerita, animasi, musik, dan pengisian suaranya. Anime-nya juga terbukti sangat sukses di AS dan Jepang, dan meningkatkan popularitas seri ini. Meskipun Attack on Titan juga menjadi populer di negara Asia lainnya, interpretasi politik atas seri ini menimbulkan kontroversi di Tiongkok dan Korea Selatan.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Latar[sunting | sunting sumber]

Dalam suatu sejarah alternatif, seorang manusia bernama Ymir Fritz berubah menjadi raksasa mirip manusia yang dikenal sebagai Titan (巨人 Kyojin) sekitar 1800 tahun yang lalu setelah melakukan perjanjian dengan "Iblis dari Seluruh Bumi". Ymir kemudian mati 13 tahun kemudian sebagai "efek samping dari kekuatan barunya". Kekuatannya tersebut dibagi dan diwariskan kepada para putrinya sebelum dibagi menjadi sembilan individu yang mendirikan Kekaisaran Eldia. Sang Titan Perintis tetap berada di bawah kendali keluarga Fritz dan mereka kemudian menaklukkan negara Marley dan berkuasa di sana selama 1700 tahun. Namun, seabad sebelum peristiwa dalam cerita utama terjadi, Raja Eldia bernama Karl Fritz kecewa dengan sejarah kelam keluarganya dan mengatur rencana keruntuhan Eldia. Marley kemudian membuat orang Eldia yang tersisa menjadi warga kelas dua sembari mengancam untuk mengasingkan mereka ke Paradis sebagai Titan Murni yang tidak memiliki akal.

Karl membawa sisa warganya ke Pulau Paradis dan menggunakan Titan Kolosal yang tak terhitung jumlahnya untuk mendirikan kota berdinding yang terdiri dari tiga lapis tembok: yang paling luar adalah Wall Maria (ウォール・マリア Wōru Maria); yang di tengah disebut Wall Rose (ウォール・ローゼ Wōru Rōze, terkadang dieja menjadi rosé) dan yang terdalam bernama Wall Shina (ウォール・シーナ Wōru Shīna, alt. "Wall Sina").

Karl kemudian menggunakan kekuatan Titan Perintis untuk menghapus ingatan sebagian besar orang Eldia. Mereka yang tidak terpengaruh dengan kekuatan tersebut disuap menjadi bangsawan atau dijadikan orang buangan seperti keluarga Ackerman yang melayani keluarga Fritz. Karena kekuatan Titan Perintis, Karl memengaruhi keturunan langsungnya untuk melanjutkan tugasnya memerintah bangsa Eldia di dalam tembok dengan mempromosikan rasa takut terhadap serangan Titan, yang identitas aslinya merupakan orang Eldia yang diubah dan diasingkan oleh orang Marley di Paradis untuk meneror penduduk pulau itu.

Karena Karl memengaruhi keturunan langsungnya melalui kekuatan Titan Perintis untuk melanjutkan muslihatnya, bangsa Eldia di pulau Paradis percaya bahwa mereka adalah satu-satunya umat manusia yang tersisa di dunia dan menganggap para Titan bertanggung jawab atas teror yang mereka alami. Tidak seperti mereka yang memiliki kekuatan Titan, para Titan Murni nyaris tidak memiliki kesadaran karena mereka menyerang dan memakan manusia yang terlihat secara naluriah. Kulit mereka keras dan sulit ditembus, dan tubuh mereka beregenerasi dengan cepat dari semua luka yang mereka terima, kecuali pada suatu titik di tengkuk mereka—menyerang bagian tersebut adalah satu-satunya cara untuk membunuh mereka. Bangsa Eldia di Paradis mengembangkan cabang-cabang militer mereka sendiri untuk bertarung melawan para Titan, yang paling utama adalah Pasukan Penyelidik (調査兵団 Chōsa Heidan) yang dengan sukarela berusaha untuk merebut kembali wilayah yang diambil oleh para Titan dan sangat dicemooh di kalangan masyarakat karena mereka memiliki tingkat kecelakaan yang tinggi dan kurang mengalami kemajuan. Cabang kedua dan yang terbesar adalah Resimen Garnisun (駐屯兵団 Chūton Heidan), yang menjaga tembok dan penduduk sipil. Cabang ketiga adalah Brigade Polisi Militer (憲兵団 Kenpeidan), yang menjaga keluarga kerajaan dan menjalani kehidupan yang relatif santai di wilayah dinding terdalam, meskipun keadaan ini pada akhirnya membuat mereka terlibat dalam penipuan, korupsi, dan akal-akalan politik. Para prajurit menggunakan alat penggenggam besi sekaligus pengikat tubuh yang disebut Peralatan Manuver Vertikal (立体機動装置 Rittai Kidō Sōchi). Alat tersebut memungkinkan mereka untuk melompat ke (dan berayun dari) dinding, pohon, atau bangunan terdekat untuk menyerang Titan dengan pedang ganda, serta menggunakan tabung gas untuk mendorong tubuh mereka sendiri. Namun, meskipun peralatan itu menjadi daya tempur utama prajurit baik dari serangan dan pertahanan terhadap para Titan, peralatan tersebut tidak berguna di medan terbuka dan datar seperti ladang.

Plot[sunting | sunting sumber]

Eren Yeager tinggal bersama saudari angkatnya Mikasa Ackerman dan sahabatnya Armin Arlert di Distrik Shiganshina yang bersebelahan dengan Wall Maria, dinding terluar dari tiga tembok melingkar yang melindungi umat manusia dari para Titan yang dikatakan telah membunuh semua manusia lainnya seratus tahun yang lalu. Ketika Shiganshina dan Wall Maria dijebol oleh Titan Kolosal dan Titan Zirah, para Titan yang masuk menyerang memaksa manusia untuk mundur ke dalam Wall Rose. Setelah seorang Titan melahap ibunya sementara ayahnya menghilang, Eren yang bertekad untuk balas dendam mendaftar di militer bersama dengan Mikasa dan Armin.

Lima tahun kemudian, mereka bertiga sebagai kadet lulusan diposisikan di Distrik Trost yang bersebelahan dengan Wall Rose, tetapi Titan Kolosal kembali muncul dan menjebol gerbang kota. Selama invasi Titan berikutnya, Eren dimakan tetapi dirinya mampu bertahan setelah dia bertransformasi menjadi Titan. Eren yang sejak dahulu tidak menyadari kemampuannya, menduga ruang bawah tanah ayahnya menyimpan berbagai jawaban atas segalanya. Meskipun Eren menyegel gerbang kota Trost menggunakan kekuatan Titan-nya, banyak yang menganggapnya sebagai sosok yang berpotensi menjadi ancaman dan pengadilan militer menempatkannya ke Pasukan Penyelidik di bawah pengawasan Kapten Levi. Sebagian besar teman Eren kemudian mengikuti langkah ini dan bergabung bersamanya.

Dalam sebuah ekspedisi menuju Shiganshina, seorang Titan Wanita gagal menangkap Eren. Meskipun ekspedisi tersebut gagal, Armin menyimpulkan bahwa identitas Titan Wanita merupakan sesama kadet dari kelas mereka bernama Annie Leonhart dengan kemampuan yang mirip dengan Eren. Annie melindungi dirinya dalam kristal setelah dia tertangkap di Stohess. Dinding tembok yang rusak akibat perbuatan Annie mengungkapkan bahwa tembok sebenarnya terbentuk dari sejumlah Titan berukuran besar di dalamnya. Setelah Titan Binatang yang misterius muncul di balik Wall Rose, Eren diculik oleh rekan sesama kadetnya yaitu Reiner Braun dan Bertolt Hoover, yang rupanya merupakan identitas asli dari dua Titan yang merusak Wall Maria. Mereka dan Annie dikirim oleh pihak yang tidak dikenal untuk menangkap "Koordinat", sebuah kemampuan untuk mengontrol para Titan yang menurut mereka dimiliki oleh Eren. Eren menggunakan kekuatan ini saat bertemu dengan Titan yang membunuh ibunya, dan berhasil membuatnya dan Pasukan Penyelidik yang mengejar untuk bisa melarikan diri. Pasukan Penyelidik berteori bahwa identitas asli para Titan pada awalnya adalah manusia, dan dapat memperoleh kembali tubuh manusia mereka dengan cara memakan orang yang memiliki kekuatan Titan, sekaligus mendapatkan kekuatan itu untuk diri mereka sendiri.

Disudutkan oleh Polisi Militer, Pasukan Penyelidik menemukan fakta bahwa pemerintahan kerajaan mengatur agar negeri tersebut dipimpin oleh raja boneka dan menekan kemajuan teknologi. Historia Reiss yang merupakan teman Eren, mengetahui bahwa dia adalah anak haram dari penguasa sejati tembok bernama Rod Reiss, yang menculiknya bersama dengan Eren. Rod mengungkapkan bahwa leluhurnya mendirikan tembok menggunakan kekuatan Titan Perintis, dengan tujuan untuk mengurung umat manusia dan menghapus ingatan mereka. Keluarga Reiss mewariskan kekuatan dan tekad Raja sampai ayah Eren, Grisha, mencuri kekuatan Titan Perintis selama jebolnya Wall Maria, dan menyerahkan kekuatannya kepada Eren dengan mengubahnya menjadi Titan melalui suntikan dan membiarkan dirinya dimakan olehnya. Rod berniat agar Historia menjadi Titan dan memakan Eren untuk merebut kembali kekuatan keluarga Reiss, tetapi Historia menolak dan membantu upaya Pasukan Penyelidik untuk menyelamatkan Eren dan pemberontakan melawan monarki. Setelah kekalahan Rod, militer mengambil alih kekuasaan dan menobatkan Historia sebagai ratu. Meskipun Eren tidak memiliki darah keluarga kerajaan yang menghambatnya untuk menggunakan kekuatan Titan Perintis, dia memperoleh kemampuan untuk mengeraskan tubuhnya dalam bentuk Titan, yang digunakan Pasukan Penyelidik dalam ekspedisi berikutnya untuk menutup celah di Wall Maria. Namun, pasukan mereka disergap oleh Reiner, Bertolt dan atasan mereka Zeke, sang Titan Binatang. Pasukan Penyelidik menaklukkan Bertolt dan mengusir para Titan musuh lainnya, tetapi sebagian besar anggota ekspedisi terbunuh selama pertempuran. Selain itu, Armin dan Komandan Erwin Smith mengalami luka yang sangat parah. Levi, dipersenjatai dengan suntikan tunggal yang diambil dari Rod, memutuskan untuk menyelamatkan Armin alih-alih Erwin. Armin kemudian berubah menjadi Titan, melahap Bertolt dan mendapatkan kekuatan Titan Kolosal.

Sebelum kembali ke rumah, Eren dan yang lain menemukan memoar milik Grisha dari ruang bawah tanah keluarga Yeager. Tulisan-tulisannya menyatakan bahwa peradaban manusia sebenarnya berkembang dan orang-orang di tembok adalah anggota ras Eldia. Leluhur mereka yang bernama Ymir Fritz memperoleh Kekuatan Titan, dan memberikan keturunannya potensi unik untuk menjadi Titan dan mewarisi sembilan kekuatan Titan. Keturunan Ymir mendominasi sejarah dunia selama berabad-abad hingga 100 tahun sebelum seri ini dimulai, ketika Raja Eldia ke-145 mundur ke Pulau Paradis dan membangun tiga tembok menggunakan kekuatan Titan Perintis, dan mengancam akan membalas menggunakan para Titan Kolosal dalam tembok jika perdamaian mereka terganggu. Negara Marley menaklukkan dan mengisolasi orang-orang Eldia yang tersisa, mewariskan tujuh Kekuatan Titan yang mereka rebut kepada para "Pejuang" orang Eldia yang diindoktrinasi demi memajukan kepentingan nasional Marley. Grisha bersekongkol dengan para pemberontak Eldia lainnya untuk merebut kekuatan Titan Perintis sebelum Marley dan membebaskan bangsa mereka, tetapi dia dijebak oleh putranya yang bernama Zeke Yeager—kakak tiri Eren dan orang yang menjadi pemilik Titan Binatang masa depan—dan dijatuhi hukuman seumur hidup sebagai Titan pengembara yang berkeliaran di Paradis. Namun, Grisha diselamatkan oleh informan dari gerakannya, yang memercayakan kekuatan Titan dan misinya kepada Grisha dan mengirimnya untuk menyusup ke dalam tembok dan merebut Titan Perintis. Eren baru mengetahui bahwa meskipun dia bukan keturunan keluarga kerajaan, dia mungkin dapat menggunakan kekuatan penuh "Koordinat" Titan Perintis melalui kontak fisik dengan Titan yang memiliki darah keluarga kerajaan.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Hajime Isayama, pencipta seri ini

Pada tahun 2006, Hajime Isayama membuat Attack on Titan versi one-shot sejumlah 65 halaman.[9] Pada awalnya, dia juga menawarkan karyanya ke departemen redaksi Weekly Shōnen Jump di Shueisha, tetapi dia disarankan untuk mengubah gaya dan alur ceritanya agar bisa lebih cocok dengan Jump. Ia menolak dan memutuskan untuk membawanya ke departemen redaksi Weekly Shōnen Magazine di Kodansha.[10] Sebelum memulai serialisasi pada tahun 2009, Isayama sudah memutuskan beberapa ide untuk memunculkan plot twist, meskipun ide-ide tersebut dipoles lebih lanjut seiring berjalannya cerita. Isayama mengungkapkan bahwa pemandangan yang ada di manga, terinspirasi dari kota asalnya di Hita, Ōita, yang dikelilingi oleh pegunungan.[11]

Saat sedang bekerja di warung internet, Isayama bertemu dengan seorang pelanggan yang memegangnya di kerah. Insiden ini dianggapnya sebagai "rasa takut bertemu dengan seseorang yang tidak bisa berkomunikasi dengan saya", dan merupakan kesan yang coba disampaikannya melalui para Titan.[12] Saat mendesain penampilan untuk para Titan, dia menggunakan beberapa model seperti seniman bela diri Yushin Okami yang menjadi inspirasi untuk penampilan Titan milik Eren Yeager[13] begitu pula dengan Brock Lesnar yang menjadi model untuk penampilan Titan Zirah.[14] George Wada, produser dari adaptasi anime-nya, mengatakan bahwa "Wall of Fear" dipengaruhi oleh sifat budaya Jepang yang terisolasi dan tertutup.[15] Ia juga mengatakan bahwa perasaan batin setiap karakter adalah salah satu pengaruh utama dari seri ini.[15] Isayama kemudian mengonfirmasi bahwa sebagian unsur Attack on Titan terinspirasi oleh Muv-Luv Alternative, novel visual kedua dari seri novel visual Muv-Luv.[16]

Isayama memperkirakan jadwal kerja bulanannya sebagai berikut: seminggu untuk menyusun storyboard dan tiga minggu untuk menggambar bab terbaru. Alur ceritanya sudah direncanakan terlebih dahulu, bahkan sudah menandai pada volume keberapa suatu "kebenaran" akan terungkap.[13] Pada bulan September 2013, Isayama mengatakan bahwa dia berniat untuk mengakhiri manga ini dalam 20 volume.[17] Awalnya, Isayama berencana untuk memberikan akhir cerita yang tragis, sama seperti adaptasi film The Mist karya Stephen King—yaitu semua karakter pada akhirnya mati. Namun, respons positif terhadap manga dan anime ini mengakibatkan Isayama mempertimbangkan untuk mengubah akhir cerita dikarenakan dampak yang dapat ditimbulkannya terhadap para penggemar.[18][19]

Pada bulan November 2018, sebuah program dokumenter Jepang berjudul Jōnetsu Tairiku menyiarkan sebuah episode tentang perjuangan Isayama untuk menyelesaikan manga ini. Dalam program tersebut, dia memastikan bahwa Attack on Titan sudah memasuki arc terakhir dari cerita.[20]

Budaya populer[sunting | sunting sumber]

Seri Attack on Titan telah muncul dalam budaya populer arus utama, termasuk beberapa iklan komersial untuk Subaru[21] dan Snickers,[22] berbagai rujukan dalam seri animasi seperti The Simpsons[23] dan The Amazing World of Gumball,[24] drama Korea Surplus Princess,[25] dan merek fesyen Yoshikimono milik bintang rock Jepang, Yoshiki.[26]

Larangan di Tiongkok[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 12 Juni 2015, Kementerian Kebudayaan Republik Rakyat Tiongkok melarang distribusi dari Attack on Titan bersama dengan 38 judul anime dan manga lainnya yang dinilai "memiliki unsur kekerasan, pornografi, terorisme dan kejahatan terhadap moralitas publik yang berpotensi memicu anak muda untuk meniru hal-hal tersebut".[27]

Implikasi politik[sunting | sunting sumber]

Seri ini mendapatkan popularitas yang kuat tidak hanya di Jepang, tetapi juga di seluruh dunia. Misalnya, liputan terkait anime muncul di halaman depan koran am730 asal Hong Kong pada tanggal 27 Mei 2013, mengenai popularitasnya di Hong Kong dan juga di Tiongkok Daratan dan Taiwan.[28] Seri ini juga mengundang kritikan: majalah Electronic Times asal Korea Selatan menuduh Attack on Titan memiliki pesan militeristik yang melayani kepentingan dan kecenderungan politik Perdana Menteri Jepang Shinzō Abe,[29] sementara seri ini juga beresonansi dengan kawula muda Hong Kong yang menyamakan para Titan yang menyerang sebagai metafora untuk Tiongkok Daratan.[28] Wong Yeung-tat, komentator media asal Hong Kong, memuji gaya Isayama dan kompleksitas latar Attack on Titan, yang membuka diri terhadap berbagai interpretasi pembaca.[30] Pada tahun 2013, setelah media memuat berita tentang kiriman blog Isayama pada tahun 2010 terkait desain karakter Dot Pixis yang terinspirasi dari sosok Jenderal Kekaisaran Jepang Akiyama Yoshifuru, sebuah perang flame Internet terkait riwayat karier sang jenderal (s.c. membiarkan pembantaian Port Arthur terjadi) muncul di blognya, termasuk ancaman pembunuhan terhadap Isayama. Karena kebanyakan ancaman tersebut ditulis dalam bahasa Jepang yang keliru, berbagai media Jepang mengatakan bahwa ancaman-ancaman tersebut ditulis oleh mereka yang bukan penutur asli bahasa Jepang.[31]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Meskipun Funimation memegang lisensi utama atas seri ini di Australasia, Kepulauan Britania, dan Amerika Utara, Funimation hanya terlibat langsung dalam menangani distribusi seri ini di Amerika Utara. Madman Entertainment mendistribusikan seri ini Australasia, dan Manga Entertainment (musim 1) dan Sony Pictures UK (musim 2) mendistribusikan seri ini di Kepulauan Britania.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Attack On Titan". Funimation. Diakses tanggal 29 Juli 2018. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama amateur art
  3. ^ Thompson, Jason (14 November 2013). "House of 1000 Manga: Crunchyroll Manga". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Maret 2014. Diakses tanggal 15 Mei 2014. 
  4. ^ (6 Juli 2013). Attack on Titan Now Monthly. Siaran pers.
  5. ^ "Funimation Acquires Attack on Titan Season 3". Anime News Network. 26 April 2018. Diakses tanggal 1 Desember 2018. Sebagai bagian dari kesepakatan mereka bersama Kodansha, Funimation mengamankan hak internasional untuk perilisan video rumahan, video on demand dan penayangan broadcast untuk seri ini di AS, Kanada, Britania Raya, Irlandia, Australia dan Selandia Baru. 
  6. ^ "単行本累計8000万部突破!" [Cumulative total of over 80 million copies!]. Weekly Shōnen Magazine (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 26 April 2019. 
  7. ^ Hodgkins, Crystalyn (1 Januari 2019). "Roundup of Newly Revealed Print Counts for Manga, Light Novel Series – December 2018". Anime News Network. Diakses tanggal 1 Januari 2019. 
  8. ^ Hodgkins, Crystalyn (3 November 2018). "Roundup of Newly Revealed Print Counts for Manga, Light Novel Series – October 2018". Anime News Network. Diakses tanggal 3 November 2018. 
  9. ^ "1st Attack on Titan Blu-ray/DVD to Bundle Manga 'Prototype'". Anime News Network. 7 Mei 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 November 2013. Diakses tanggal 2 November 2013. 
  10. ^ Isayama, Hajime (19 Desember 2009). 変身!!!! [Transformation!!!!]. Livedoor (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 September 2014. Diakses tanggal 30 Agustus 2014. 
  11. ^ "Attack on Titan Creator Named Tourism Ambassador of Hometown". Anime News Network. 4 November 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 November 2014. Diakses tanggal 5 November 2014. 
  12. ^ "'Attack on Titan' author expresses fears through popular boys' manga". Asahi Shimbun. 20 Juli 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 November 2013. Diakses tanggal 1 November 2013. Sebuah insiden yang terjadi segera setelah kepindahannya ke Tokyo menjadi inspirasi bagi manganya. Isayama sedang mengerjakan pekerjaan malam di sebuah warung internet, dan kemudian seorang pelanggan tiba-tiba mencengkeram kerahnya. "Aku merasa takut bertemu orang yang tidak bisa berkomunikasi denganku". Dia memproyeksikan rasa teror dan ketidaknyamanan itu melalui para Titan. 
  13. ^ a b "Interview with Attack on Titan Creator Hajime Isayama". MTV. 14 Juni 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Juli 2013. Diakses tanggal 25 Juli 2013. 
  14. ^ Isayama, Hajime (17 April 2013). アクセス数がすごい! [The number of views is amazing!]. Livedoor (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Mei 2013. Diakses tanggal 19 Mei 2013. 
  15. ^ a b "Interview: George Wada, Producer of Attack on Titan". Anime News Network. 23 Juli 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 Juli 2013. Diakses tanggal 25 Juli 2013. 
  16. ^ Saitō, Tamaki (15 November 2014). "Brutus No. 790" 諫山創 落書きと過去作品。. Brutus (dalam bahasa Jepang). 790. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Maret 2016. Diakses tanggal 10 Oktober 2015. 
  17. ^ "Attack on Titan Creator Aims to End Manga in 20 Volumes". Anime News Network. 25 September 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 November 2013. Diakses tanggal 29 Oktober 2013. 
  18. ^ 「進撃の巨人」の漫画家、諫山創インタビュー! トラウマという財産!? 人生観と漫画創作が濃密に交わる諫山創の視点とは?. White Screen (dalam bahasa Jepang). 4 Desember 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Desember 2013. Diakses tanggal 7 Desember 2013. 
  19. ^ "Attack on Titan Creator Considers Changing Ending". Anime News Network. 7 Desember 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Februari 2014. Diakses tanggal 11 Maret 2014. 
  20. ^ "Hajime Isayama Reveals His Struggles to Draw the End of Attack on Titan". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). 30 November 2018. Diakses tanggal 8 Mei 2019. 
  21. ^ "Attack on Titan Brings Nightmare Fuel to Subaru Commercial". Kotaku. Diakses tanggal 1 November 2019. 
  22. ^ "Attack on Titan Reveals Hilariously Disturbing Snickers Collaboration". ComicBook (dalam bahasa Inggris). 1 Oktober 2019. Diakses tanggal 1 November 2019. 
  23. ^ "Simpsons Treehouse of Horror References Attack on Titan, Naruto, Other Anime". Anime Herald (dalam bahasa Inggris). 20 Oktober 2014. Diakses tanggal 1 November 2019. 
  24. ^ "The Amazing World of Gumball Drops Hilariously Viral Super Saiyan Joke". ComicBook (dalam bahasa Inggris). 15 Oktober 2019. Diakses tanggal 1 November 2019. 
  25. ^ "Surplus Princess, Episodes 1-4: Mermaids, Magic, and More!". Seoulbeats (dalam bahasa Inggris). 3 September 2014. Diakses tanggal 1 November 2019. 
  26. ^ Wetherille, Kelly (15 Oktober 2019). "Yoshikimono RTW Spring 2020". WWD (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 November 2019. 
  27. ^ "China bans 38 anime & manga titles including Attack on Titan". Special Broadcasting Service. 12 Juni 2015. Diakses tanggal 31 Agustus 2018. 
  28. ^ a b "Attack on Titan explosive hit in China, Hong Kong, and Taiwan – 4 million YouTube hits – Netizens debate walls under siege (《進擊の巨人》爆紅中港台 Youtube點擊400萬 網民熱議圍牆抗敵)". am730. 27 Mei 2013. hlm. 1. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Juni 2013. Diakses tanggal 27 Juni 2013. 
  29. ^ "A revival of militarism? Attack on Titan sparks Korean-Japanese spat (軍國主義復活?/進擊的巨人 引發韓日論戰)". The Liberty Times. 12 Juni 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 Juni 2013. Diakses tanggal 27 Juni 2013. 
  30. ^ Tat, Wong Yeung (13 Februari 2011). "Popular Manga: Because we have our own titans to defeat (流行漫畫﹕因為,我們也有想要打倒的巨人)". Ming Pao. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Oktober 2014. Diakses tanggal 27 Juni 2013. 
  31. ^ "A Thousand Death Threats Against a Popular Anime Creator". Kotaku. 1 Juli 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 Juli 2013. Diakses tanggal 1 Juli 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]