Novel visual

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Visual novel)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Novel visual (ビジュアルノベル, bijuaru noberu) atau yang terkadang disebut Sound Novel adalah sebuah jenis permainan interaksi fiksi[1][2] yang dapat dimainkan di komputer pribadi dan sebagian dirilis di game konsol seperti PSP.

Permainan ini berbasis fiksi interaktif yang menampilkan cerita novel dalam bentuk gambar-gambar statis (yang digambar dengan gaya anime), dan dilengkapi dengan kotak percakapan untuk menyampaikan narasi dan ucapan setiap karakter, dan terkadang setiap karakter memiliki efek suara sehingga setiap karakter yang ada dalam novel visual seolah hidup dan dapat berbicara.

Saat ini masyarakat Indonesia masih belum banyak yang mengetahui tentang novel visual, dan mereka menyebutnya sebagai inovasi baru dalam dunia perkomikan (meskipun di Jepang sudah 10 tahun lebih game seperti ini hadir). Banyak sekali masyarakat Jepang yang berkumpul dan membentuk grup kecil untuk membuat Visual Novel, dan mencapai keuntungan yang cukup besar dari penjualan mereka di Comiket.

Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Novel visual termasuk salah satu jenis permainan petualangan, yang difokuskan di bagian penceritaan, sehingga pemain seringkali hanya membaca novel di komputer pribadi yang menampilkan gambar beserta teks dan suara. Seringkali pemain diharuskan untuk memilih di antara pilihan-pilihan yang ada untuk melanjutkan ke jalan cerita selanjutnya, dan setiap pilihan yang diambil dapat memengaruhi jalan cerita dari Visual Novel yang sedang dimainkan. Istilah lain untuk novel visual adalah novel game atau sound novel (novel bersuara).

Permainan[sunting | sunting sumber]

Novel visual dibedakan dari jenis permainan lainnya dengan gameplay yang sangat minim. Interaksi pemain biasanya sebagaian besar terbatas untuk mengklik untuk melanjutkan teks, grafik dan suara. Novel visual terbaru menawarkan pilihan untuk "bermain" atau "fast-forward" sehingga hal tersebut dapat tidak terjadi namun tetap memberikan pemilihan narasi.

Kebanyakan novel visual memiliki beberapa alur cerita dan banyak ujung (akhir cerita). Mekanik gameplay dalam kasus ini biasanya terdiri dari beberapa titik pengambilan keputusan pilihan ganda intermiten, di mana pemain memilih sebuah arah cerita. Gaya gameplay telah dibandingkan dengan Pilih Sendiri Petualanganmu. Namun, sebagian besar berusaha untuk tingkat yang lebih tinggi dari plot dan kedalaman karakter dari seri tersebut dari buku anak-anak interaktif.

Novel visual tidak hanya mengenai fiksi interaktif, melainkan juga memasukkan konten-konten lain. Symphonic Rain, sebagai contoh, membuat pemainnya harus memainkan instrumen musik dan mendapatkan nilai tertentu untuk melanjutkan permainan.

Beberapa novel visual yang pendek tidak memiliki titik pengambilan keputusan. Sebagian besar jenis novel visual ini merupakan karya penggemar. Beberapa novel visual karya penggemar menjadi populer. Novel visual yang dibuat oleh penggemar dapat menggunakan game engine gratis, contohnya NScripter, KiriKiri dan Ren'Py, sehingga mudah untuk dibuat.

Banyak novel visual menggunakan pengisi suara untuk memberikan suara untuk tokoh. Namun, protagonis (karakter utama) umumnya biarkan tidak bersuara, walaupun semua karakter lain bersuara. Hal ini bertujuan untuk membantu pemain untuk mengidentifikasi protagonis dan menghindari perekaman banyak dialog (karena protagonis umumnya memiliki banyak kalimat yang disebabkan oleh beberapa alur dan akhir cerita).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cavallaro, Dani (2010). Anime and the visual novel: narrative structure, design and play at the crossroads of animation and computer games. McFarland & Company. hlm. 8. ISBN 0-7864-4427-4. 
  2. ^ Lebowitz, Josiah; Klug, Chris (2011). "Japanese Visual Novel Games". Interactive storytelling for video games: a player-centered approach to creating memorable characters and storie. Burlington, MA: Focal Press. hlm. 192–4. ISBN 0-240-81717-6. Diakses tanggal 2012-11-10. Visual novels (or sound novels, as they’re sometimes called) are a popular game genre in Japan. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]