4X

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

4X adalah istilah untuk subgenre strategi dalam permainan video di mana pemain terlibat dalam mengontrol kekaisaran sekaligus explore (menjelajahi tempat), expand (memperluas wilayah kekuasaan), exploit (memanfaatkan sumber daya alam), dan exterminate (menghancurkan musuh).[1] Istilah ini pertama kali diciptakan oleh Alan Emrich pada September 1993 sebagai pratinjau dari Master of Orion untuk Computer Gaming World.[2] Sejak itu, orang lain telah mengadopsi istilah tersebut untuk menggambarkan permainan dengan lingkup dan desain yang sama.

Permainan video subgenre 4X terkenal akan cara permainan yang mendalam dan kompleks. Penekanan ditempatkan pada pembangunan ekonomi dan teknologi, serta berbagai rute non-militer hingga ke supremasi. Permainan dapat memakan waktu yang lama untuk diselesaikan karena jumlah manajemen mikro yang diperlukan untuk mempertahankan skala kerajaan sebagai kekaisaran. Game 4X kadang-kadang dikritik menjadi permainan yang membosankan karena alasan ini, dan beberapa permainan telah berusaha untuk mengatasi masalah ini dengan membatasi manajemen mikro dengan berbagai tingkat keberhasilan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Permainan 4X awal idenya diambil dari permainan papan dan permainan komputer berbasis teks pada tahun 1970-an. Permainan 4X pertama berbasis giliran, tetapi permainan strategi waktu-nyata jarang ditemukan dan kurang familiar. Banyak game 4X dibuat pada pertengahan 1990-an, tetapi kemudian dikalahkan oleh permainan berjenis strategi. Civilization dari Sid Meier merupakan contoh penting dari era formatif, dan dipopulerkan dengan tingkat detail yang kemudian menjadi ciri pokok. Pada tahun 2000, beberapa permainan 4X sukses secara kritik dan komersial.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What is a 4X Game? | DiamondLobby". diamondlobby.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-09-16. 
  2. ^ Tack, Daniel. "Master of Orion Review – Streamlining The Stars". Game Informer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-09-16.