Fiksi interaktif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Fiksi interaktif (bahasa Inggris: Interactive fiction, sering disingkat IF) adalah lingkungan yang disimulasikan perangkat lunak tempat pemain menggunakan perintah teks untuk mengontrol karakter dan memengaruhi lingkungan. Karya dalam bentuk ini dapat dipahami sebagai narasi sastra, baik dalam bentuk narasi interaktif. Karya-karya ini juga dapat dipahami sebagai bentuk permainan video,[1] baik dalam bentuk permainan petualangan atau permainan role-playing.

Dalam penggunaan umum, istilah ini merujuk pada petualangan teks, suatu jenis permainan petualangan di mana seluruh antarmuka dapat "hanya teks",[2], permainan petualangan teks grafis, di mana teks disertai dengan grafik (gambar diam, animasi atau video) masih termasuk dalam kategori petualangan teks jika cara utama untuk berinteraksi dengan permainan adalah dengan mengetik teks. Beberapa pengguna istilah ini membedakan antara fiksi interaktif, yang dikenal sebagai "Bebas puzzle", yang berfokus pada narasi, dan "petualangan teks" yang berfokus pada teka-teki.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Era modern[sunting | sunting sumber]

Peningkatan efektivitas penghasil bahasa alami (natural-language-generation) dalam kecerdasan buatan memungkinkan fiksi interaktif yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menghasilkan konten baru secara dinamis dan tanpa batas, yang tidak dibatasi pada materi yang telah ditulis sebelumnya. Salah satu contoh dari hal ini adalah AI Dungeon yang dirilis pada tahun 2019, di mana permainan tersebut menghasilkan konten menggunakan jaringan saraf berbasis natural-language generated GPT-3 (sebelumnya GPT-2), yang dibuat oleh OpenAI.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Montfort, Nick & Urbano, Paulo (Tr.). A quarta Era da Ficção Interactiva Diarsipkan 17 May 2008 di Wayback Machine.. Nada, Volume 8. October 2006.
  2. ^ Rollings, Andrew; Ernest Adams (2006). Fundamentals of Game Design. Prentice Hall. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 February 2009. 
  3. ^ Coldewey, Devin (2020-06-11). "OpenAI makes an all-purpose API for its text-based AI capabilities". TechCrunch (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-16. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]