Arena pertarungan daring multipemain

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Peta Arena pertarungan daring multipemain.

Arena pertarungan daring multipemain (bahasa Inggris: multiplayer online battle arena, MOBA, yang juga dikenal dengan nama action real-time strategy atau yang disingkat ARTS), adalah sebuah subgenre dari permainan video strategi yang bermula sebagai subgenre strategi waktu nyata, dimana seorang pemain mengendalikan satu karakter dalam sebuah tim yang bertarung melawan tim pemain lainnya. Tujuannya adalah menghancurkan struktur utama tim lawan dengan bantuan unit-unit yang dikendalikan oleh komputer.

Genre ini dipelopori oleh Aeon of Strife (AoS) dalam custom game dalam permainan StarCraft[1][2] dimana empat pemain masing-masing mengendalikan satu unit an dibantu oleh unit-unit yang dikendalikan komputer untuk melawan komputer yang lebih kuat.[3] Custom game Defense of the Ancients (DotA) dalam permainan Warcraft III: The Frozen Throne kemudian menjadi permainan bergenre MOBA pertama yang dikenal secara luas dan juga menjadi ajang turnamen.[3] Kemudian dikeluarkanlah permainan League of Legends dan Heroes of Newerth yang terinspirasi dari DotA, dan kemudian sekuel DotA di luar Warcraft III yang disebut Dota 2, serta permainan-permainan lainseperti Heroes of the Storm dan Smite.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Frequently Asked Questions". GetDota.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 November 2010. 
  2. ^ John Funk. "MOBA, DOTA, ARTS: A brief introduction to gaming's biggest, most impenetrable genre". Polygon. Diakses tanggal 23 December 2015. 
  3. ^ a b "History of DotA". Gosugamers.net. Diakses tanggal 8 September 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Media terkait MOBAs di Wikimedia Commons