Permainan siluman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Permainan siluman adalah jenis permainan video di mana pemain terutama menggunakan siluman untuk menghindari atau mengatasi antagonis. Permainan dalam genre ini biasanya memungkinkan pemain untuk tetap tidak terdeteksi dengan bersembunyi, menyelinap, atau menggunakan penyamaran. Beberapa permainan memungkinkan pemain untuk memilih antara pendekatan diam-diam atau menyerang antagonis secara langsung, tetapi memberi penghargaan kepada pemain untuk penggunaan stealth yang lebih besar. Genre ini menggunakan tema spionase, anti-terorisme, dan nakal, dengan protagonis yang merupakan agen pasukan khusus, mata-mata, pencuri, ninja, atau pembunuh. Beberapa game juga menggabungkan elemen siluman dengan genre lain, seperti penembak orang pertama dan platformer.

Unsur-unsur permainan "siluman", dengan cara menghindari konfrontasi dengan musuh, dapat dikaitkan dengan beragam permainan, termasuk Pac Man (1980).[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Al-Kaisy, Muhammad (2011-06-10). "The history and meaning behind the 'Stealth genre'". Gamasutra. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2011. Diakses tanggal 15 September 2011.