Peliharaan digital

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Peliharaan digital atau peliharaan virtual (Inggris: digital pet)[1] adalah tipe sahabat manusia buatan. Mereka biasanya dipelihara untuk menjadi sahabat atau bersenang-senang. Orang-orang dapat memelihara hewan peliharaan digital sebagai pengganti hewan peliharaan nyata. Cyberpet dan Tamagotchi adalah beberapa peliharaan digital pertama yang populer.

Hewan peliharaan digital berbeda karena mereka tidak memiliki bentuk fisik selain perangkat keras yang mereka jalankan. Interaksi dengan hewan peliharaan virtual bisa saja mempunyai tujuan atau tidak. Jika ya, maka peliharaan harus tetap hidup selama mungkin dan membantunya tumbuh menjadi dewasa. Menjaga peliharaan perlu membutuhkan makan, perawatan dan bermain dengan hewan peliharaan. Jika mempunyai tujuan, pengguna dapat mencari tahu karakter hewan peliharaan dan menikmati membangun hubungan dengannya melalui perawatan dan bermain dengan hewan peliharaan tersebut.

Peliharaan digital bisa berupa simulasi binatang asli, seperti dalam seri Petz, atau binatang khayalan, seperti Tamagotchi atau seri Digimon. Tidak seperti permainan simulasi kehidupan, peliharaan biasanya tidak bereproduksi.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Rollings, Andrew; Ernest Adams (2003). Andrew Rollings and Ernest Adams on Game Design. New Riders Publishing. hlm. 477–487. ISBN 978-1-59273-001-8.