Genre permainan video

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Vg history icon alt.svg
Artikel ini adalah bagian dari seri:
Sejarah permainan video

Genre atau ragam permainan video digunakan untuk menggolongkan permainan video berdasarkan interaksi bidang permainannya, bukan hanya perbedaan visual maupun naratif.[1]. Permainan video diklasifikasikan independen berdasarkan pengaturan atau isi dari dunia permainan tersebut, tidak seperti film ataupun buku.

Berikut ini adalah daftar umum yang digunakan untuk menentukan genre dari sebuah permainan video. Daftar ini tidak berarti lengkap karena pada dasarnya permainan video berubah dengan cepat. Sebuah permainan biasanya juga memiliki lebih dari satu genre (Hybrid-genre). Genre sebenarnya dari sebuah permainan terbuka bagi para setiap individual untuk menentukan.

Aksi[sunting | sunting sumber]

Permainan aksi (Action games) memerlukan pemain untuk menggunakan refleks, akurasi, dan waktu yang tepat untuk menyelesaikan sebuah tantangan. Ini mungkin merupakan genre dasar dari sebuah permainan, dan yang memiliki permainan terbanyak. Dalam permainan aksi, biasanya terdapat pertempuran. Terdapat banyak sub-genre dari permainan aksi, seperti Fighting games dan First-person shooter.

Pertarungan[sunting | sunting sumber]

Permainan pertarungan (Fighting games) adalah ragam permainan dimana terjadi pertarungan satu lawan satu antara dua karakter, salah satunya dapat merupakan komputer. Ragam permainan ini biasanya dimainkan dengan menghubungkan kombinasi-kombinasi tombol untuk bertarung. Rata-rata gerakan yang dihasilkan oleh karakter dramatis dan tidak mungkin dilakukan di kehidupan nyata. Tidak semua permainan pertarungan merupakan satu lawan satu, ada juga yang, seperti serial Super Smash Bros. dan Guilty Gear Isuka, menempatkan empat karakter dalam satu kali pertarungan. Ragam ini pertama kali muncul pada permainan Heavyweight Boxing buatan SEGA pada tahun 1976. Contoh permainan video ragam ini adalah serial Street Fighter dan Tekken.

Tembak-menembak[sunting | sunting sumber]

Permainan tembak-menembak (Shooter games), adalah sub-genre dari permainan aksi, meskipun banyak pemain yang menganggap bahwa ragam ini merupakan ragam yang berdiri sendiri. Ragam ini menguji kecepatan dan reaksi dari pemainnya. Tembak-menembak memiliki sub-genre tersendiri, yang semuanya terfokus pada "mengontrol seseorang yang menggunakan sebuah senjata, biasanya pistol, senapan, atau senjata jarak jauh lainnya". Hal yang biasanya ada pada permainan ragam ini adalah amunisi. Biasanya tujuan dari permainan ini adalah menembak lawan dan melanjutkan misi tanpa karakter yang dipakai mati.

  • First-person shooter (FPS), menekankan ke menembak dengan perspektif orang-pertama yang dikontrol oleh pemain. Perspektif ini bertujuan untuk memberikan pemain rasa seakan benar-benar berada disana, dan dapat membuat pemain fokus membidik sasaran. Kebanyakan FPS memerlukan refleks yang cepat dalam tingkat kesulitan yang tinggi. Unsur 3D diperlukan untuk membuat FPS yang baik. Wolfenstein 3D merupakan FPS terkenal pertama yang diliris pada 1992, dan Doom merupakan terobosan besar dalam grafik. Doom berhasil membuat teknologi yang membuat permainan dapat berjalan dengan mulus di PC tingkat konsumer. Sejak kemunculannya, FPS sekarang memiliki fitur multiplayer (multipemain) yang memungkinkan berkompetisi antar pemain. Call of Duty, Counter-Strike, Half-Life, Halo, Battlefield dan Max Payne adalah contoh FPS yang terus berkembang hingga sekarang.
  • Third-person shooter (TPS/3PS) menekankan ke menembak dari persperktif orang-ketiga atau karakter pemainnya dapat terlihat sepenuhnya. Persperktif ini memberikan pemain pandangan yang lebih luas akan lingkungan sekitar dari FPS. Juga, TPS memungkinkan pergerakan yang lebih rumit seperti bergulir atau menyelam, dibandingkan dengan melompat dan merunduk sederhana yang biasa terlhat di FPS. Meskipun begitu, kebanyakan jenis permainan ini memiliki elemen puzzle dari FPS. Ada beberapa TPS, seperti serial Star Wars: Battlefront dan Rachet and Clank, yang memungkinkan untuk mengubah sudut pandang menjadi orang-pertama. Para pembuat permainan TPS sekarang telah mulai menggabungkan elemen dari TPS dengan RPG atau ragam lainnya, seperti yang terlihat pada trilogy RPG terkenal Mass Effect.
  • Massively multiplayer online first-person shooter (MMOFPS), merupakan permainan online yang menggabungkan pemain FPS pada sebuah dunia virtual dimana para pemain dapat berinteraksi satu dengan lainnya. Contoh dari MMOFPS ini adalah Point Blank dan Cross Fire.

Balap[sunting | sunting sumber]

Racing game juga termasuk dalam kategori ini,dimana ragam permainan video yang menuntut keterampilan pemain untuk mengemudi dalam sebuah kompetisi balap-membalap. Contoh permainan video dalam ragam ini adalah serial Need for Speed dan Juiced.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Permainan olahraga (Sports games), yaitu ragam permainan video yang menuntut keterampilan pemain untuk melakukan pertandingan olahraga secara virtual, seperti pertandingan sepak bola, basket, dan sebagainya. Contoh permainan video dalam ragam ini adalah serial Pro Evolution Soccer dan Madden NFL.

Papan[sunting | sunting sumber]

Peran[sunting | sunting sumber]

Permainan peran (Role-playing games), yaitu ragam permainan video yang menempatkan pemain sebagai tokoh dalam permainan tersebut untuk memecahkan suatu misteri dengan menyelesaikan berbagai macam puzzle dan quest. Ragam ini biasanya memiliki alur cerita yang kompleks. Contoh permainan video dalam ragam ini adalah serial Final Fantasy, Star Ocean, dan Suikoden.

Petualangan[sunting | sunting sumber]

Petualangan-aksi[sunting | sunting sumber]

Permainan petualangan aksi (Action-adventure games), yaitu ragam permainan video yang menempatkan pemain sebagai tokoh dalam permainan tersebut, mirip dengan permainan peran, tetapi ditambah dengan unsur-unsur aksi, misalnya perkelahian dan tembak-menembak. Contoh permainan video dalam ragam ini adalah serial Prince of Persia dan Devil May Cry.

Simulasi[sunting | sunting sumber]

Strategi[sunting | sunting sumber]

  • Real-time strategy (RTS), yaitu ragam permainan video yang mengandung unsur strategi. Permainan video RTS memerlukan kecakapan pemain untuk memimpin suatu bangsa, mengelola sumber daya, dan melancarkan perang untuk memperluas wilayah kekuasaan. Contoh permainan video dalam ragam ini adalah serial Age of Empires, Civilization, Rise of Nations, dan Warcraft.
  • Turn-based strategy (TBS), yaitu ragam permainan video strategi yang pemainnya saling menunggu giliran untuk bergerak.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Apperley, Thomas H. "Genre and Game Studies: Toward a Critical Approach to Video Game Genres". University of Melbourne. Diakses 2012-12-16.