Doom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Doom
Kotak permainan Doom
Pengembang id Software
Penerbit id Software
Perancang John Romero, Sandy Peterson, Tom Hall
Penggerak id Tech 1
Platform MS-DOS dan konsol lainnya
Tanggal rilis 10 Desember 1993 (DOS)
Genre Permainan tembak-menembak orang-pertama
Moda Pemain tunggal, multi-pemain

Doom (ditulis DOOM pada dokumen resmi dan kadang ditulis DooM oleh beberapa penggemar) adalah sebuah permainan video yang biasanya dianggap sebagai salah satu pelopor jenis permainan tembak-menembak orang-pertama yang menampilkan grafik 3D yang dalam, permainan multi-pemain jaringan pada komputer pribadi. Permainan ini diciptakan dan diterbitkan oleh id Software pada 10 Desember 1993 untuk DOS. id Software sebelumnya telah merilis Wolfenstein 3D yang juga merupakan salah satu permainan tembak-menembak orang pertama yang pertama. Telah diciptakan juga sekuel bernama Doom II: Hell on Earth dan Doom 3. Judul keempat, yang diumumkan sejak tahun 2007, kini sedang dalam pengembangan dan akan dirilis pada tahun 2016 nanti.

Doom merupakan perangkat lunak kongsi, yang berarti hanya sedikit porsi Doom yang dapat dimainkan gratis, untuk memainkan sisanya, pemain harus membayar kepada id Software untuk mendapatkan versi penuhnya. Aslinya, Doom memiliki tiga episode dengan sembilan level tiap episode (dengan satu level rahasia pada tiap episode, dapat diakses dengan cara tertentu) dan disebarkan secara daring. The Ultimate Doom, versi yang lebih terbaharui dari versi aslinya, dirilis pada tahun 1995, memiliki satu episode baru dan dijual dalam bentuk fisik.

Pemain memainkan karakter seorang tentara antariksa tak bernama, yang lebih dikenal oleh para penggemar sebagai "Doomguy", melawan pasukan iblis yang menyerang kedua satelit Mars, yaitu Phobos dan Deimos, sebelum akhirnya memasuki Neraka dan menghabisi dalang di balik invasi para iblis. Doom diperkirakan telah dimainkan oleh sekitar 15-20 juta orang hanya dua tahun setelah tanggal rilis aslinya, menjadikan Doom salah satu permainan video paling signifikan dan mempopulerkan gaya permainan tembak-menembak orang-pertama.

Doom juga dianggap sebagai salah satu permainan video paling canggih di masanya, dengan grafik tiga dimensinya yang memukau, modus permainan multi-pemainan (baik modus ko-operatif, dimana pemain membantu satu sama lain menyelesaikan level-level pada Doom, maupun deathmatch, dimana pemain mengalahkan satu sama lain sebanyak mungkin hingga permainan dinyatakan selesai) melalui jaringan, dan dukungan terhadap berkas-berkas modifikasi (disebut juga sebagai mods) dalam format WAD. Sebagai sebuah efek dalam industri permainan video, banyak permainan video lainnya yang meniru gaya permainan Doom, permainan-permainan video seperti ini sebelumnya disebut-sebut sebagai "Doom clones" ("tiruan dari Doom").