Max Payne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Max Payne
AliranTembak-menembak orang ketiga
PengembangRemedy Entertainment (2001–2003; 2022–sekarang)
Rockstar Studios (2012)
PenerbitGathering of Developers (2001, PC)
Rockstar Games
PenulisSam Lake (1–2)
Dan Houser (3)
Michael Unsworth (3)
Rupert Humphries (3)
Penyusun laguKärtsy Hatakka (1–2)
Kimmo Kajasto (1–2)
Perttu Kivilaakso (2)
Health (3)
Pelantar
Terbitan pertamaMax Payne
23 Juli 2001
Terbitan terakhirMax Payne 3
15 Mei 2012

Max Payne adalah seri permainan video penembak orang ketiga neo-noir yang dikembangkan oleh Remedy Entertainment (Max Payne dan Max Payne 2) dan Rockstar Studios (Max Payne 3). Seri ini dinamai sesuai dengan tokoh utamanya, Max Payne, seorang detektif polisi Kota New York yang menjadi main hakim sendiri setelah keluarganya dibunuh oleh pecandu narkoba. Seri pertama dan kedua dari seri ini ditulis oleh Sam Lake, sedangkan Max Payne 3 ditulis oleh Dan Houser dari Rockstar Games.

Permainan pertama dari seri ini, Max Payne, dirilis pada tahun 2001 untuk Microsoft Windows dan pada tahun 2002 untuk PlayStation 2, Xbox, dan Apple Macintosh; versi berbeda dari permainan ini dirilis untuk Game Boy Advance pada tahun 2003. Sekuelnya berjudul Max Payne 2: The Fall of Max Payne dirilis pada tahun 2003 untuk PlayStation 2, Xbox, dan Microsoft Windows. Pada tahun 2008, sebuah film adaptasi, berdasarkan permainan orisinalnya, berjudul Max Payne, dirilis, dan dibintangi oleh Mark Wahlberg dan Mila Kunis yang masing-masing berperan sebagai Max Payne dan Mona Sax. Max Payne 3 dikembangkan oleh Rockstar Studios dan dirilis pada tanggal 15 Mei 2012, untuk PlayStation 3 dan Xbox 360, dan pada tanggal 1 Juni 2012, untuk Microsoft Windows.

Pada tanggal 15 November 2021, Microsoft mengumumkan bahwa dalam rangka merayakan 20 tahun Xbox, mereka akan menambahkan lebih dari 70 gim ke program kompatibilitas mundur mereka.[1] Yang menjadi sorotan utama dari gim-gim ini adalah trilogi Max Payne, sehingga gim-gim ini tersedia untuk dimainkan di konsol Xbox One dan Xbox Series X / S milik Microsoft.

Waralaba ini terkenal dengan penggunaan "bullet time" dalam urutan aksi, serta diterima secara positif oleh para kritikus, meskipun penjualan Max Payne 2 dianggap mengecewakan.[2][3] Hingga 2011, waralaba Max Payne telah terjual lebih dari 7,5 juta kopi.[4] Versi filmnya menerima ulasan negatif tetapi sukses secara komersial.[5]

Pada tanggal 6 April 2022, Remedy mengumumkan bahwa remake dari Max Payne dan Max Payne 2 sedang dalam pengembangan, dalam sebuah perjanjian pengembangan dengan Rockstar Games.[6] Kedua gim tersebut akan dirilis sebagai satu judul.

Daftar permainan[sunting | sunting sumber]

Aggregate review scores
Game Metacritic
Max Payne (GBA) 78[7]
(PC) 89[8]
(PS2) 80[9]
(Xbox) 89[10]
Max Payne 2: The Fall of Max Payne (PC) 86[11]
(PS2) 73[12]
(Xbox) 84[13]
Max Payne 3 (PC) 87[14]
(PS3) 87[15]
(X360) 86[16]

Max Payne[sunting | sunting sumber]

Mantan petugas NYPD dan kemudian menjadi agen DEA DEA yang membangkang, Max Payne, berusaha memburu orang-orang yang bertanggung jawab atas pembunuhan istri dan anaknya, serta menjebaknya atas pembunuhan rekannya di NYPD, Alex Balder. Seiring dengan berjalannya waktu, ia mendapatkan sejumlah "sekutu", termasuk Vladimir Lem (seorang mafia Rusia yang bersahabat dan memiliki penampilan gaya klasik) dan Mona Sax (seorang vigilante yang ingin membalaskan dendam atas kematian saudari kembarnya) dan mengungkap konspirasi besar yang melibatkan perdagangan narkotika yang disebut V, atau Valkyr—nama yang diambil dari tokoh-tokoh mitologi dalam mitologi Nordik—yang entah bagaimana berhubungan dengan kematian keluarga Max.

Max Payne 2: The Fall of Max Payne[sunting | sunting sumber]

Dua tahun setelah permainan pertama, Max Payne telah bergabung kembali dengan NYPD dan telah dibebaskan dari tuduhan atas aksi pembunuhan yang dilakukannya berkat koneksinya dengan Senator Alfred Woden, pemimpin sebuah kelompok rahasia yang disebut Inner Circle. Saat menjalankan sebuah penyelidikan rutin atas sebuah pembunuhan, Max menemukan dirinya berhadapan langsung dengan buronan Mona Sax, yang dengan enggan bergabung dengannya dalam penyelidikan, namun akhirnya Mona setuju untuk bekerja sama dengan Max. Ketika keduanya bekerja sama untuk mengungkap kebenaran, mereka mulai mengembangkan perasaan satu sama lain, dan menemukan konspirasi besar lainnya, yang kali ini melibatkan Vladmir Lem, Mafia Italia, dan Inner Circle.

Max Payne 3[sunting | sunting sumber]

Sembilan tahun setelah permainan kedua, Max Payne telah meninggalkan Kota New York dan bekerja sebagai petugas keamanan swasta untuk keluarga Branco di Sao Paulo, Brasil. Ketika istri majikannya diculik oleh geng jalanan setempat, Max dan teman lamanya Raul Passos bergabung untuk menyelamatkannya, memicu perang yang akan membawa mereka menghadapi konspirasi yang lebih besar.[17]

Remake[sunting | sunting sumber]

Remedy, dengan pendanaan dari Rockstar yang memegang hak atas seri ini, mengumumkan rencana untuk membuat ulang Max Payne dan Max Payne 2 untuk komputer pribadi, PlayStation 5, dan Xbox Series X and Series S pada bulan April 2022. Pada saat pengumuman tersebut, pembuatan ulang masih dalam tahap pengembangan awal, dan belum ada tanggal rilis yang diumumkan.[18] Dikonfirmasi bahwa kedua gim tersebut akan dirilis sebagai satu judul.[19]

Adaptasi film[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 2003, dikonfirmasi bahwa 20th Century Fox telah membeli hak untuk mengadaptasi permainan ini ke dalam film.[20] Film Max Payne mulai diproduksi pada tahun 2008 dan disutradarai oleh John Moore. Film ini diproduksi oleh Collision Entertainment dan Firm Films di Toronto, Ontario, Kanada.[21] Mark Wahlberg dan Mila Kunis[22] masing-masing berperan sebagai Max Payne dan Mona Sax.[23] Beau Bridges, Chris O'Donnell, Nelly Furtado, dan Ludacris berperan sebagai B. B. Hensley, Jason Colvin, Christa Balder dan Jim Bravura.[24] Pada tanggal 10 Juli 2008, sebuah teaser trailer dirilis, menampilkan versi instrumental dari lagu Marilyn Manson, "If I Was Your Vampire".[25] Film ini dirilis di bioskop di A.S. pada tanggal 17 Oktober 2008, dengan rating PG-13.[26] Meskipun menduduki peringkat pertama pada akhir pekan pembukaannya, dengan meraup pendapatan sebesar US$18 juta di box office,[27] film ini mendapat sebagian besar ulasan negatif, dengan peringkat 16% di Rotten Tomatoes, berdasarkan 129 ulasan.[28] Pada bulan Juni 2022, 20th Century Studios mengumumkan bahwa film reboot Max Payne sedang dalam tahap pengembangan.[29]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Note: Kolom abu-abu menunjukkan bahwa karakter tidak muncul dalam media tersebut.

Karakter Permainan Film
Max Payne Max Payne 2: The Fall of Max Payne Max Payne 3 Max Payne
2001 2003 2012 2008
Pemeran
Max Payne James McCaffrey Mark Wahlberg
Mona Sax Julia Murney Wendy Hoopes Mila Kunis
Vladimir Lem Dominic Hawksley Jonathan Davis  
Senator Alfred Woden John Randolph Jones John Braden John Randolph Jones  
Vinnie Gognitti Joe Dallo Fred Berman  
Lt. Jim Bravura Peter Appel Vince Viverito   Ludacris
Nicole Horne Jane Gennaro Kate Burton
Michelle Payne Haviland Morris Karakter tidak bersuara   Marianthi Evans
Alex Balder Chris Philips   Donal Logue
B.B. Hensley Adam Grupper   Beau Bridges
Don Angelo Punchinello Joe Ragno   Joe Ragno  
Jack Lupino Jeff Gurner   Jeff Gurner Amaury Nolasco
Joey & Virgilio Finito Tye Reign  
Rico Muerte Joe Maruzzo  
Candy Dawn Joanie Ellen  
Frankie "The Bat" Niagara Bruce Kronenberg  
Boris Dime Peter Appel  
Vince Mugnaio Karakter tidak bersuara  
Pilate "Big Brother" Providence Karakter tidak bersuara  
Joe "Deadpan" Salem Karakter tidak bersuara  
Lisa Punchinello / Natasha Sax Karakter tidak bersuara   Olga Kurylenko
Det. Valerie Winterson   Jennifer Server  
Kaufman   Gregory Sims  
Mike "The Cowboy"   Gary Yudman  
Annie Finn   Kimberly Howard  
Senator Sebastian Gates   Karakter tidak bersuara  
Corcoran   Karakter tidak bersuara  
Raul Passos   Julian Dean  
Rodrigo Branco   Frank Rodriguez  
Victor Branco   Robert Montano  
Marcelo Branco   Dillon Porter  
Fabiana Branco   Benedita Aires Pereira  
Giovanna Taveres   Shirley Rumierk  
Wilson Da Silva   Stephen Girasuolo  
Serrano   Babs Olusanmokun  
Armando Becker   Bira Castro  
Álvaro Neves   Gil Cardoso  
Bachmeyer   Gilberto Romagnolo  
Milo Rego   Daniel Bittencourt  
Anthony DeMarco   Ray Iannicelli  
Tony DeMarco   Charlie Semine  
Arthur Fischer   Marconi de Morais  
Anders Detling   Wayne Duvall  
Jason Colvin   Chris O'Donnell
Christa Balder   Nelly Furtado
Owen Green   Joel Gordon
Lincoln DeNeuf   Jamie Hector
Tattoo Artist   Stephen R. Hart

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Celebrate 20 years of Xbox with over 70 new Backward Compatible Games". Xbox Wire (dalam bahasa Inggris). 15 November 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 November 2021. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  2. ^ "Max Payne on Metacritic". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 Oktober 2008. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  3. ^ "Max Payne 2: The Fall of Max Payne on Metacritic". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Maret 2009. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  4. ^ Orland, Kyle (14 September 2011). "Grand Theft Auto IV Passes 22M Shipped, Franchise Above 114M". Gamasutra. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Juni 2018. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  5. ^ "Film: Max Payne on Metacritic". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 November 2008. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  6. ^ "Remedy Entertainment Enters Agreement with Rockstar Games for New Max Payne 1&2 Project". Remedy Entertainment. 6 April 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 April 2022. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  7. ^ "Max Payne Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 April 2011. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  8. ^ "Max Payne Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 Agustus 2010. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  9. ^ "Max Payne Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Agustus 2010. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  10. ^ "Max Payne Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Desember 2010. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  11. ^ "Max Payne 2: The Fall of Max Payne Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Januari 2012. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  12. ^ "Max Payne 2: The Fall of Max Payne Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Januari 2012. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  13. ^ "Max Payne 2: The Fall of Max Payne Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Januari 2012. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  14. ^ "Max Payne 3 Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Desember 2011. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  15. ^ "Max Payne 3 Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Desember 2011. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  16. ^ "Max Payne 3 Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 November 2011. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  17. ^ "Max Payne 3 Announced!". RockstarWatch.net. 23 Maret 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Januari 2015. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  18. ^ Mackovech, Sam (6 April 2022). "Rockstar, Remedy shake hands on new Max Payne 1+2 remaster series". Ars Technica. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 April 2022. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  19. ^ Peters, Jay (6 April 2022). "Max Payne remakes are on the way". The Verge (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 April 2022. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  20. ^ IGN Filmforce (June 27, 2005). "Max Payne Movie". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 23, 2007. Diakses tanggal October 21, 2023. 
  21. ^ "Max Payne Movie Update". IGN. October 31, 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 3, 2007. Diakses tanggal October 21, 2023. 
  22. ^ Fleming, Michael (9 Maret 2008). "Killer role for Kunis in 'Max Payne". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Februari 2009. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  23. ^ Fleming, Michael (8 November 2007). "Mark Wahlberg to star in 'Max'". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2007. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  24. ^ "Max Payne (2008) – Cast and Credits – Yahoo! Movies". Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Mei 2011. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  25. ^ "First Max Payne Movie Trailer Released". Shacknews. 10 Juli 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 September 2008. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  26. ^ GamePro, Edisi #234, Maret 2008. hal. 30
  27. ^ "Weekend Box Office Results from 10/17 to 10/19". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Desember 2008. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 
  28. ^ Max Payne Movie Reviews Diarsipkan 1 Agustus 2020 di Wayback Machine.. Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 21 Oktober 2023.
  29. ^ Williams, Caleb (16 Juni 2022). "20th Century Studios Puts A 'Max Payne' Reboot Project Into Early Development". Knightedge Media. Diakses tanggal 21 Oktober 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]