Rockstar North

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Rockstar North Ltd
Jenis Anak perusahaan dari Rockstar Games
Industri Hiburan interaktif, Permainan komputer dan video
Pendahulu DMA Design
Didirikan 1988 (as DMA Design)
2002 (as Rockstar North)
Kantor pusat Edinburgh, Skotlandia, Britania Raya
Tokoh penting Leslie Benzies, Dan Houser, Sam Houser, Aaron Garbut, Obbe Vermeij, Adam Fowler, Allan Walker, Craig Filshie, Paul Kurowski
Produk Grand Theft Auto series (1997 - present)
Lemmings series (1991 - 1994)
Body Harvest (1998)
Manhunt (2003)
Agent (TBA)
Pemilik Take-Two Interactive
Induk Rockstar Games
Situs web www.rockstarnorth.com


Rockstar North (sebelumnya DMA Design Ltd) merupakan salah satu Pengembang permainan video dari Inggris yang bertempat di kota Edinburgh, Skotlandia, yang lebih dikenal setelah menciptakan serial permainan Grand Theft Auto dan Lemmings.

Pada awal 2002, perusahaan tersebut merupakan bagian dari perusahaan multinasional Rockstar Games, yang dimiliki oleh Take-Two Interactive. Perusahaan ini adalah pengembang utama dari serial Grand Theft Auto, termasuk Grand Theft Auto III, Grand Theft Auto: Vice City dan Grand Theft Auto: San Andreas, yang merupakan tiga dari permainan - permainan terlaris generasi keenam permainan konsol , selain Grand Theft Auto IV yang juga salah satu permainan terlaris untuk generasi permainan konsol saat ini.

Pada tanggal 25 Oktober 2011, Rockstar North mengumumkan permainan Grand Theft Auto terbaru mereka, yang berjudul Grand Theft Auto V.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gedung kantor Rockstar North terlihat dari Calton Hill di pusat Edinburgh

Akhir 1980-an[sunting | sunting sumber]

DMA Design didirikan pada tahun 1988 oleh David Jones, Russell Kay, Steve Hammond dan Mike Dailly di Dundee, Skotlandia. Nama DMA diambil dari pemrograman manual Amiga (digunakan untuk Direct Memory Access) dan inisial tersebut kemudian 'diartikan ulang' sehingga mereka dengan singkat menggunakan 'Direct Mind Access' (DMA juga dikomedikan sebagai "Doesn't Mean Anything" atau "Tidak berarti apa-apa" oleh pendiri perusahaan). Pada tahun 1988 DMA menandatangani kontrak dengan label Inggris Psygnosis serta mengembangkan Menace dan Blood Money, yang mendapat perhatian dari para pengguna permainan dan kritikus terhadap presentasi berkualitas tinggi juga tingkat kesulitannya. Seperti semua permainan yang dikembangkan sebelumnya, Menace dan Blood Money memulai debutnya pada Amiga, salah satu platform terkemuka untuk video game di Eropa antara 1980-an dan awal 1990-an. Sebuah port Commodore 64 diterbitkan segera setelahnya, kemudian diikuti oleh versi DOS dan Atari ST.


Awal 1990-an[sunting | sunting sumber]

Terobosan besar DMA adalah Lemmings pada tahun 1990-an, sebuah permainan puzzle dinamis yang terjual lebih dari 20 juta salinan di 21 sistem yang berbeda. Debutnya dimulai pada Amiga dan tersedia pada platform utama lainnya seperti NES dan Macintosh, dan format yang lebih jelas seperti FM Towns dan CD-i. DMA lebih banyak menghabiskan waktu selama beberapa tahun berikutnya dikhususkan untuk kelanjutan dari Lemmings ( Oh No! More Lemmings, Lemmings 2: The Tribes, All New World of Lemmings, dan dua edisi khusus yang bertema liburan Natal Holiday Lemmings). Mereka juga merilis dua judul baru: pada tahun 1993 Walker dan tahun 1994 Hired Guns (sebuah permainan taktik tembak-menembak perorangan dengan layar split empat arah yang pertama). Sekuel Lemmings dan spin-off yang lainnya, seperti Lemmings Paintball dan Lemmings 3D, muncul setelah beberapa tahun kemudian, tapi permainan ini diproduksi tanpa DMA.

Pertengahan 1990-an[sunting | sunting sumber]

Uniracers edisi 1994, sebuah Platform permainan balapan 2D yang menampilkan unicycles tanpa pengendara adalah produk permainan pertama perusahaan ini yang mulai dimainkan pada jenis permainan konsol (Super Nintendo) yang diterbitkan oleh Nintendo, dan juga menandai dimulainya produk permainan pertama DMA tanpa kerjasama dengan Psygnosis, yang telah diambil alih oleh Sony pada tahun 1993. Ini adalah awal dari hubungan kerjasama yang panjang dengan perusahaan permainan konsol terbesar dari Jepang. Setelah menghabiskan beberapa waktu bereksperimen dengan berbagai generasi permainan konsol (terutama 3DO), DMA diminta oleh Nintendo untuk bergabung dengan "Dream Team" perusahaan pengembang mereka untuk pengembangan sistem Ultra 64 berikutnya (yang kemudian berganti nama menjadi Nintendo 64) bersama perusahaan pengembang lain seperti Rare Ltd, Paradigm, Acclaim, Midway Games, dan LucasArts.

Penggubahan DMA[sunting | sunting sumber]

Dalam penggubahan ini, DMA akan menghasilkan judul N64 yang secara eksklusif akan dipublikasikan oleh Nintendo. Hasil dari kolaborasi ini adalah permainan konsol dengan judul Body Harvest, sebuah permainan aksi 3D dengan alur cerita tentang alien yang datang ke Bumi bertujuan mengumpulkan manusia untuk dijadikan makanan mereka. Nintendo meminta sejumlah perubahan besar, seperti penambahan unsur puzzle dan peran bermain untuk membuat permainan lebih menarik bagi pangsa pasar di Jepang. Penerbitan Permainan mengalami banyak penundaan, dan pada akhirnya pihak Nintendo memutuskan untuk membatalkan rencana penerbitan permainan tersebut. Kemudian Midway akhirnya mengambil hak cipta permainan tersebut dan merilisnya pada tahun 1998, kurang lebih hampir tiga tahun setelah permainan tersebut ditampilkan pertama kali. Reaksi yang timbul sebagian besar menyambut dengan baik, khususnya untuk inovasi permainan dan ruang gerak permainan yang tanpa batas, meskipun beberapa pemain mengkritik tentang grafis.

Grand Theft Auto[sunting | sunting sumber]

Pada saat DMA merilis Grand Theft Auto (melalui label BMG Interactive) untuk PC pada saat itu pula rival pengembang mereka Visual Science mengkonversinya ke versi PlayStation, yang menerapkan mekanisme permainan Body Harvest yang memungkinkan untuk mengontrol kendaraan apapun di lingkungan permainan 2D polisi dan perampok. Permainan GTA menempatkan pemain dalam peran seorang yang bekerja untuk mencapai peringkat kriminalitas di tiga kota fiksi di Amerika Serikat : Liberty City, Vice City, dan San Andreas. GTA menuai kontroversi tentang kekerasan, dan Daily Mail menyerukan larangan langsung. Dan tidak diragukan lagi bahwa kontroversi tersebut juga berkontribusi dalam membuat GTA sukses. Satu hal juga dapat dijadikan catatan, bahwa kontroversi tersebut sebagian diupayakan humas Max Clifford, dengan menanam cerita sensasional di berbagai surat kabar dan tabloid untuk membantu meningkatkan penjualan permainan.

Judul permainan N64 DMA yang kedua, Space Station Silicon Valley, kembali mengambil konsep multi kendaraan, kali ini dalam ruang lingkup platform 3D dan dengan robot hewan seperti domba melayang dan kura-kura dilengkapi menara bukan mobil dan truk.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]