Grand Theft Auto: San Andreas

Halaman yang dilindungi semi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Grand Theft Auto: San Andreas
Publikasi
26 Oktober 2004
  • PlayStation 2
    • NA: 26 Oktober 2004
    • PAL: 29 Oktober 2004
    Windows, Xbox
    • NA: 7 Juni 2005
    • EU: 10 Juni 2005
    Mac OS X
    • WW: 12 November 2010
    iOS
    • WW: 12 Desember 2013
    Android
    • WW: 19 Desember 2013
    Windows Phone
    • WW: 27 Januari 2014
    Fire OS
    • WW: 15 Mei 2014
    Xbox 360
    • WW: 26 Oktober 2014
    PlayStation 3
    • WW: 1 Desember 2015
Versi
GenreAksi petualangan
KarakterRyder, Sean Johnson (en), Cesar Vialpando, Wu Zi Mu, Edward Pulaski (en), Jimmy Hernandez (en), Kendl Johnson, OG Loc (en), Madd Dogg, Catalina (en), The Truth (en), Zero (en), Jizzy B. (en), T-Bone Mendez (en), Maccer (en), Beverly Johnson (en), Old Reece (en), Emmet, Big Bear (en), Freddy (en), Claude, Salvatore Leone (en), Ken Rosenberg (en), Carl Johnson, Mark Wayne (en), Michael Toreno (en), Kent Paul (en), Frank Tenpenny (en), Big Smoke (en), Varrios Los Aztecas (en), Los Santos Vagos (en) dan Donald Love (en)
Latar tempatGrand Theft Auto 3D universe (en)
Bahasa
Daftar
Daftar bahasa
    • Inggris (dialog permainan)
    • Multibahasa (antarmuka)
Karakteristik teknis
Sistem operasiAndroid
PlatformPlayStation 2, Xbox, Xbox 360, PlayStation 3, Windows Phone, Android, Windows, macOS, iOS dan PlayStation 4
MesinRenderWare
ModePermainan video pemain tunggal dan permainan video multipemain
Formatcakram optis, unduhan digital dan distribusi digital
Metode inputpapan tombol komputer, tetikus, gamepad dan layar sentuh
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangRockstar North[a]
PenyuntingRockstar Games
ProdusenLeslie Benzies
Penulis
KomponisMichael Hunter
PenerbitRockstar Games
Programmer
  • Adam Fowler
  • Obbe Vermeij
SenimanAaron Garbut
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864331
PEGI
enllaç=d:Q14915517
USK
enllaç=d:Q14920394
CERO
enllaç=d:Q14870299
Informasi tambahan
Situs webrockstargames.com… (Inggris)
MobyGamesgrand-theft-auto-san-andreas dan grand-theft-auto-san-andreas-special-edition
Steam12120
Id. Subredditsanandreas
IMDB: tt0383385
Bagian dari Grand Theft Auto
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Grand Theft Auto: San Andreas (sering disingkat sebagai GTA: SA atau GTA: San Andreas), adalah permainan video laga-petualangan yang dikembangkan oleh Rockstar North, dan diterbitkan oleh Rockstar Games. Permainan ini adalah permainan 3D ke-7 dalam seri Grand Theft Auto, yang ke-5 pada rilis konsol dan permainan ke-7 secara keseluruhan. Pada awalnya dirilis untuk PlayStation 2 pada bulan Oktober 2004, permainan ini kemudian di pemortakan ke Xbox dan Microsoft Windows, kini yang baru rilis Android dan menerima penerimaan dan penjualan yang tinggi pada tiga platform tersebut, dan mendapat rekor penjualan permainan tertinggi di PlayStation 2. Grand Theft Auto: San Andreas diteruskan oleh Grand Theft Auto: Liberty City Stories dan didahului oleh Grand Theft Auto: Vice City.

Permainan ini berlatar belakang pada negara bagian fiktif bernama San Andreas yang mempunyai tiga kota metropolitan. Berlatar akhir tahun 1992,[2] San Andreas berpusat pada seorang anggota geng jalanan bernama Carl "CJ" Johnson yang kembali pulang dari Liberty City ke Los Santos setelah mengetahui kematian Ibunya. CJ menemukan bahwa teman lama dan keluarganya sedang berantakan. Melalui jalan cerita permainan, CJ perlahan membongkar plot dibalik pembunuhan Ibunya selagi mengembangkan usaha bisnisnya. Seperti permainan dalam seri lain, San Andreas terdiri dari elemen permainan mengemudi dan tembak-menembak orang ketiga, dan fitur alur permainan “dunia-terbuka” yang memberikan pemain untuk lebih bebas bermain. Permainan ini menambah beberapa fitur, seperti modifikasi mobil, dan personalisasi karakter, seperti gaya rambut, tato, dan lainnya.

Hampir sama seperti seri Grand Theft Auto lain, keberhasilan penjualan San Andreas juga memiliki beberapa kontroversi. Salah satu kontroversi San Andreas adalah permainan mini seks "Hot Coffee" yang ditemukan dalam permainan Microsoft Windows, yang awalnya dinonaktifkan, tetapi kode binernya tidak dihilangkan. Penemuan ini menyebabkan San Andreas dengan cepat diratifikasi ulang di Amerika Serikat menjadi rating permainan dewasa dan menyebabkan permainan ini ditarik dari rak retailer. Setelah kode biner permainan Hot Coffee dihilangkan, permainan ini diratifikasi ulang kembali menjadi M (Mature).

Sejarah

Mengikuti keberhasilan Grand Theft Auto: Vice City, para konsumen mengharapkan permainan Grand Theft Auto baru agar mengikutinya. Bukti konkret dari permainan ini muncul pada 29 Oktober 2003, ketika Take-Two Interactive mengumumkan permainan GTA tidak berjudul akan dirilis pada “akhir pertengahan kuarter ke-4 tahun fiskal 2004”.[3] Walaupun tidak diberikan informasi lebih rinci saat itu, baik latar belakang maupun plot cerita permainan, rumor sudah beredar jika permainan ini akan berbasis pada kota fiksional San Andreas, Kalifornia atau kota bertema Las Vegas, Nevada.[4]

Pada 1 Maret 2004, Take-Two mengadakan konferensi pers bahwa Grand Theft Auto: San Andreas akan dirilis pada 19 Oktober 2004, di Amerika Utara, 22 Oktober di Eropa, dan 29 Oktober untuk Australia.[5] Kabar pertama tentang isi permainan terbuka pada tanggal 11 Maret, ketika dibocorkan bahwa San Andreas bukanlah sebuah kota, melainkan satu negara bagian yang terdiri dari 3 kota besar.

Pada 9 September 2004, pada laporan keuangan kuarter ke-3 tahun 2004, Take-Two mengumumkan bahwa tanggal rilis diundur seminggu. Pada rilis yang sama, Take-Two mengumumkan versi permainan untuk Microsoft Windows dan Xbox.

San Andreas dirilis untuk PlayStation 2 pada 26 Oktober 2004, di Amerika Utara dan 29 Oktober 2004, di Eropa dan Australia. Permainan ini dirilis di Jepang pada 25 Januari 2007.[6] Port Windows dan Xbox dirilis pada 7 Juni 2005 di Amerika Utara dan 10 Juni 2005 di Eropa dan Australia.

Pada 20 Oktober 2008, permainan ini tersedia untuk di download dari Xbox Live Marketplace seperti permainan Xbox awal dengan biaya 1200 poin Microsoft.[7]

Cara bermain

Pemain yang mengendarai Banshee menuju cul-de-sac Grove Street di Los Santos sekitar sore hari

San Andreas dibuat mirip dengan 2 permainan sebelumnya. Inti dari permainan ini terdiri dari penembak orang ketiga dan permainan mengemudi, menjelajahi lingkungan dunia terbuka yang besar. Dengan berjalan kaki pemain bisa berjalan, berlari, sprint, berenang, mendaki (ini adalah permainan “GTA” pertama yang memungkinkan pemain berenang dan mendaki) dan lompat serta menggunakan berbagai macam senjata dan pertarungan tangan. Pemain dapat mengendarai berbagai macam kendaraan, termasuk mobil, bus, perahu, pesawat, helikopter, kereta api, tank, sepeda motor dan sepeda. Pemain juga bisa melakukan impor kendaraan ketimbang mencuri/membajak kendaraan.

Dunia terbuka, lingkungan yang bervariasi membuat pemain dapat menjelajah dan memilih caranya untuk memainkan permainan ini. Walaupun cerita utama dibutuhkan untuk menjalani progress permainan dan membuka beberapa kota dan isi permainan, cerita utama tidak harus diselesaikan dengan segera karena pemain banyak unsur yang dapat dimainkan. Ketika tidak menjalani misi, pemain dapat menjelajah secara bebas berkeliling kota, atau menimbulkan keributan dengan menyerang orang atau meledakkan kendaraan. Tetapi, menimbulkan keributan dapat menarik perhatian dari pihak berwenang (polisi). Semakin besar kekacauan yang dibuat, semakin besar respon: polisi akan menangani kekacauan kecil (menyerang orang, mengarahkan senjata pada orang, mencuri mobil, membunuh beberapa orang), tim SWAT, FBI, dan militer akan merespon pada tingkat kriminal yang lebih tinggi.

Pemain juga dapat mengambil misi sampingan opsional yang dapat meningkatkan atribut karakter atau menyediakan sumber uang. Misi sampingan tradisional yang juga terdapat pada permainan sebelumnya adalah menjadi sopir taksi, memadamkan api, mengantar orang terluka ke rumah sakit dan melawan kejahatan dalam misi vigilante. Misi sampingan tambahan yang lain adalah misi merampok, muncikari, mengantar kiriman truk dan kereta api tepat waktu, dan sekolah mengemudi/penerbangan/pelayaran/berkendara motor, yang membantu pemain belajar kemampuan dan teknik yang sesuai dengan kendaraan masing-masing.

Tidak seperti GTA III dan Vice City yang membutuhkan layar pemuatan (loading screen) ketika menjelajah dari satu pulau ke pulau lain, “San Andreas” tidak memerlukan layar tersebut ketika pemain menyebrangi pulau (walaupun petanya lebih luas dari permainan sebelumnya). Layar pemuatan hanya ada pada cut-scene dan ketika memasuki bangunan. Perbedaan lain antara San Andreas dan pendahulunya adalah mempunyai mode multipemain (tidak didapat di versi PC) dan penggantian ‘hidden package’ dengan grafiti gang lawan, objek potret tersembunyi, horseshoe (tapal kuda), dan oyster (tiram) untuk ditemukan.

Kontrol kamera, pertarungan, dan menarget sasaran diubah seperti konsep permainan Rockstar lain, seperti Manhunt, yang juga termasuk unsur stealth yang beragam,[8] juga target crosshair dan sebuah indikator darah target pemain yang berubah dari hijau ke merah kemudian ke hitam tergantung pada darah target. Versi PC mengimplementasikan mouse chording; pemain harus menekan tombol klik kanan untuk mengaktifkan crosshair, dan klik atau tahan tombol mouse kiri untuk menembak atau menggunakan item, seperti kamera.

Pemain sedang perang tembak dengan anggota geng musuh, Ballas.

Sebagai tambahan, pemain dapat berenang dan memanjat tembok untuk pertama kalinya dalam seri “GTA”. Kemampuan untuk berenang memiliki dampak besar bagi pemain, karena air tidak lagi menjadi halangan yang dapat membunuh pemain (walaupun masih mungkin untuk tenggelam). Untuk daya tembak yang lebih besar, pemain dapat menggunakan 2 senjata sekaligus atau melakukan drive-by shooting pada anggota gang musuh. Juga, dikarenakan karena luasnya San Andreas, pemain dapat menentukan waypoint untuk membantu pemain mencapai tempat yang dituju.

Fitur RPG pada pengembangan karakter

Rockstar mengembangkan kepribadian karakter utama dengan menambahkan berbagai fitur RPG seperti baju, aksesoris, perhiasan, dan tato sekarang tersedia untuk dibeli CJ, dan memiliki efek lebih pada reaksi NPC dibanding dengan pakaian di Vice City. Tingkat respek CJ pada perekrutan anggota gangnya bergantung pada penampilan dan aksi yang dilakukan, hal ini juga berlaku pada hubungan dengan pacarnya. Pemain juga harus memastikan CJ untuk makan dan berlatih (fitness) agar tetap sehat. Keseimbangan antara makanan dan aktivitas fisik akan mempunyai efek pada penampilan dan atribut fisik CJ.

San Andreas juga mendapatkan kemampuan tertentu seperti menyetir, kemampuan senjata (ketika kemampuan atas senjata tersebut tinggi, maka pemain dapat menggunakan 2 senjata sekaligus dalam beberapa senjata), stamina, dan kapasitas paru-paru, yang akan meningkat seiring dengan semakin seringnya menggunakan kemampuan tersebut. CJ juga dapat belajar gaya bertarung jarak dekat yang berbeda (tinju, kungfu, dan kickboxing) pada setiap gym/fitness di tiga kota berbeda. CJ juga bisa berbicara dengan pejalan kaki di permainan, mereka dapat merespon positif atau negatif. Menurut Rockstar, ada sekitar 4.200 dialog pembicaraan.[9]

Kendaraan

Secara total, ada lebih dari 200 kendaraan dalam permainan [10] dibandingkan dengan GTA III yang kira-kira hanya memiliki 85 kendaraan. Kendaraan tambahan termasuk sepeda, mobil golf, pemanen kombinasi, kendaraan pembersih jalan, kapal bantalan udara, dan yang lain. Fisik mobil dan fiturnya mirip dengan seri permainan balapan jalanan Midnight Club, yang memberikan kontrol lebih atas kendaraan ketika di udara, memberi nitro dan memodifikasi mobil.

Ada beberapa kelas kendaraan yang memiliki fungsi-fungsi yang berbeda. Kendaraan off-road lebih baik ketika melaju di lingkungan yang buruk, sementara mobil balap lebih baik melaju di trek balap atau di jalan. Pesawat jet melaju kencang, tetapi biasanya membutuhkan landasan pacu untuk mendarat. Helikopter bisa mendarat hampir dimana saja, tetapi lebih lambat. Pada permainan Grand Theft Auto sebelumnya, pesawat terbang hanya sedikit dan sulit untuk diakses dan diterbangkan, San Andreas memiliki 11 pesawat terbang dan helikopter yang lebih memiliki pengaruh dalam misi-misi permainan. Beberapa kapal baru juga ditambahkan, sementara yang lain dimodifikasi secara masif.

Penambahan dan perubahan lain

Fitur dan perubahan lain dari permainan Grand Theft Auto sebelumnya termasuk:

  • Perang geng: Pertempuran dengan geng musuh akan terpicu ketika pemain (baik sendirian maupun ditemani oleh anggota geng Grove Street) masuk ke dalam teritori musuh dan membunuh setidaknya 3 anggota geng musuh. Jika pemain sukses bertahan dari 3 gelombang musuh, teritori akan menjadi milik pemain, dan beberapa anggota geng pemain akan muncul di wilayah tersebut. Semakin banyak teritori yang dikuasai pemain, semakin banyak uang yang akan dihasilkan. Kadang-kadang, teritori pemain diserang oleh geng musuh dan harus mengalahkannya agar dapat mempertahankan wilayah tersebut. Saat semua teritori telah dimiliki oleh Grove Street Families, geng musuh tidak akan lagi menyerang pemain .
  • Modifikasi mobil: Sebagian mobil dalam permainan dapat dimodifikasi dan diupgrade pada beragam garasi. Semua modifikasi mobil sebagian besar pada modifikasi visual, sistem nitrous oxide (NOS) yang memberi mobil dorongan kecepatan ketika diaktifkan; dan hidraulis, yang akan merendahkan ketinggian mobil dan memberikan pemain mengendalikan berbagai macam aspek suspensi mobil. Modifikasi umum lain yaitu cat, velg, body kit, side skirt, bumper, dan upgrade sistem stereo.
  • Perampokan/Maling: Melanjutkan tradisi kontroversi seri permainan ini, penyerbuan rumah ini mempunyai potensi menghasilkan uang.[11] Dengan mencuri van khusus merampok, CJ dapat mengendap-endap memasuki rumah penduduk pada malam hari, dan mengambil barang berharga dari penghuni rumah.
  • Permainan mini: Banyak permainan mini yang tersedia untuk dimainkan di San Andreas, termasuk bola basket, biliar, tantangan berbasis ritme (berdansa dan lomba ‘bouncinglowrider dengan hidraulis), dan mesin permainan video seperti permainan klasik arkade. Sebagai tambahan, seperti yang dijelaskan di atas terdapat permainan kasino dan metode judi, seperti taruhan balap kuda virtual.
  • Keuangan: Sistem keuangan pada permainan ini telah diperluas dibandingkan dengan permainan GTA sebelumnya. Pemain dapat menghabiskan uangnya untuk berjudi, membuat tato, membeli makanan, dsb. Kekalahan saat berjudi akan memaksa pemain untuk berhutang, yang tentunya akan mengubah warna indikator jumlah uang pada layar dari hijau menjadi merah dengan tanda negatif di sampingnya. Pada saat pemain meninggalkan kasino, Pemain (CJ) akan mendapat panggilan tak terduga dari orang tak dikenal yang memberitahu tentang hutangnya. Empat anggota geng akan muncul dan menembaki pemain jika ia tidak melunasinya saat orang tersebut sudah menelponnya dua kali.
  • Multipemain: Rampages telah dimodifikasi agar membuat dua pemain menyelesaikan rampage tersebut. 2 pemain akan muncul pada layar yang sama, yang berarti mereka harus berdekatan satu sama lain. Rampage multipemain dihilangkan dari permainan versi PC. Tetapi untuk versi PC, terdapat mod (modifikasi) sehingga pemain dapat bermain dengan pemain lain secara daring (online) yang disebut dengan Multi Theft Auto: San Andreas dan San Andreas Multiplayer (SA-MP) yang membuat pemain dapat berhubungan dengan ratusan orang secara daring melalui beragam server dan mode permainan buatan fans.

Sinopsis

Keadaan

Grand Theft Auto: San Andreas mengambil tempat di negara bagian San Andreas, yang didasarkan pada negara bagian Kalifornia dan Nevada. Terdapat tiga kota fiktif besar: Los Santos merujuk pada kota nyata Los Angeles; San Fierro merujuk pada kota San Francisco; dan Las Venturas yang dikelilingi gurun seperti Las Vegas dan padang gurun Nevada dan Arizona. Pemain dapat mendaki Gunung Chiliad (yang berdasar pada Gunung Diablo, yang memiliki ketinggian setengah mil (800 meter), dan mengunjungi 12 kota pedesaan yang berlokasi di 3 kabupaten (county): Red County, Flint County, dan Bone County. Tempat terkenal lain seperti Bendungan Sherman (didasarkan pada Bendungan Hoover), sebuah markas besar militer rahasia yang disebut Area 69 (didasarkan pada Area 51), sebuah piringan satelit parabola raksasa (didasarkan pada piringan Very Large Array), dan masih banyak fitur geografis lain. Luas San Andreas adalah 13,9 mil persegi (36 kilometer persegi),[12] hampir empat kali lebih besar dari kota di GTA Vice City, Vice City, dan lima kali lebih besar dari kota di GTA III, Liberty City. Sementara, jika sebelumnya area dalam permainan GTA hanya dibatasi pada lokasi urban, San Andreas tidak hanya memiliki kota besar dan suburban, tetapi juga area pedesaan di antara kota-kota besar tersebut.

Los Santos

Seperti kehidupan di kota nyata Los Angeles, Los Santos juga terdiri dari berbagai distrik terpisah. Area ini juga termasuk daerah yang dikuasai oleh geng seperti Ganton, Willowfield, Jefferson, Idlewood dan East Los Santos, sama seperti wilayah sebenarnya yaitu Compton, Willowbrook, Watts, Inglewood, dan East Los Angeles di Los Angeles. Juga terdapat bagian pusat kota yang didasarkan pada Downtown Los Angeles; Area distrik Rodeo dan Mulholland yang khusus kalangan kaya, (Rodeo berdasarkan Beverly Hills dan dinamai sesudah Rodeo Drive); Distrik pinggir pantai Santa Maria Beach dan Verona Beach (didasarkan pada Santa Monica Beach dan Venice Beach); dan gemerlapnya Vinewood dan papan tanda raksasa Vinewood masing-masing didasarkan pada Hollywood dan Hollywood Sign. Los Santos juga mempunyai landmark tiruan dari Los Angeles, termasuk Watts Towers, Los Angeles Convention Center, Capitol Tower, Los Angeles City Hall, U.S. Bank Tower, Griffith Observatory, Forum Kia, Santa Monica Pier, Vincent Thomas Bridge, Rodeo Drive, Hollywood Walk Of Fame, Westin Bonaventure Hotel, dan Grauman's Chinese Theatre.

San Fierro

Seperti bandingannya yaitu San Francisco, San Fierro mempunyai karakteristik keadaan yaitu trem dan daerah yang berbukit. San Fierro menghadirkan banyak intrepretasi dari distrik dan landmark San Francisco, termasuk distrik Haight-Ashbury (Hashbury), distrik Castro (Queens), Chinatown (“Pecinan”), dan Golden Gate Bridge (Gant Bridge). Beberapa landmark familier dibuat ulang, dari Menara Jam Embarcadero dan Transamerica Pyramid (Big Pointy Building) sampai Lombard Street (Windy Windy Windy Windy Street), dan San Francisco – Oakland Bay Bridge (Garver Bridge). Balai kota San Fierro City Hall sangat mirip dengan Balai Kota San Francisco. San Fierro juga mempunyai sisa-sisa viaduk Cypress Street yang hancur tahun 1989 saat Gempa bumi Loma Prieta. Markas angkatan laut terletak dekat dengan bandara kota. Disana berlabuh sebuah kapal induk (aircraft carrier) dan sebuah kapal selam.

Las Venturas

Seperti kota nyata Las Vegas, Las Venturas adalah rumah untuk judi legal dan beberapa kasino. Dalam kasino, pemain dapat bermain blackjack, video poker, roda keberuntungan (wheel of fortune), rolet, atau bermain mesin slot. Selain judi, klub striptis lazim ditemui di Las Venturas. Segala sesuatu yang dijual di Las Venturas, harganya 20% lebih mahal dibandingkan dengan Los Santos dan San Fierro. Banyak kasino di Las Vegas dapat ditemui di Las Venturas, termasuk Excalibur Hotel and Casino (Come-a-Lot), The Sphinx dan piramida Luxor Hotel (The Camel's Toe), Treasure Island (Pirates In Men's Pants), The Mirage (The Visage), Circus Circus (The Clown's Pocket), Hard Rock Hotel and Casino (V-Rock Hotel, yang dinamai seperti stasiun radio di Vice City), Flamingo Las Vegas (The Pink Swan), Imperial Palace (The Four Dragons Casino), Caesars Palace (Caligula's Casino), Bally's Las Vegas (The High Roller), Barbary Coast Hotel and Casino (Starfish Casino), dan Casino Royale & Hotel (Royal Casino). Landmark lain termasuk papan Welcome to Fabulous Las Vegas dan interpretasi dari Vegas Vic dan Vicki sebagai karakter Vice City yaitu Avery Carrington dan Candy Suxxx.[13] Kamar hotel di beberapa hotel dapat dibeli. Sebagai tambahan, Las Venturas juga dikelilingi wilayah gurun yang luas, area residensial, mal, dan area kumuh (Old Venturas Strip) dengan beberapa klub striptis dan tempat judi yang didasari pada Downtown Las Vegas.

Karakter

Karakter yang muncul di San Andreas bermacam-macam dan mempunyai watak tergantung kota dan wilayah yang mereka tempati. Hal ini membuat permainan ini mempunyai garis cerita dan latar yang lebih luas daripada Grand Theft Auto III dan Vice city. Pemain mengendalikan Carl "CJ" Johnson, seorang pemuda anggota geng Afrika-Amerika yang berperan sebagai protagonis.

Pada tahap (stage) Los Santos, permainan berkisar pada tema pertempuran geng Grove Street Families dengan Ballas dan Vagos untuk memperebutkan teritori dan respek. Geng Asia Timur (lebih dikenal sebagai Triads) dan gang tambahan Vietnam berada pada tahap San Fierro, sementara Tiga Keluarga (“The Mafia Families”) dan Triads yang memiliki kasinonya masing-masing, lebih jelas diperkenalkan pada tahap permainan Las Venturas.

Seperti permainan GTA sebelumnya, pengisi suara San Andreas memasukkan selebriti terkenal, seperti David Cross, Andy Dick, Ron Foster, Samuel L. Jackson, James Woods, Peter Fonda, Charlie Murphy, Frank Vincent, Chris Penn, Danny Dyer, Sara Tanaka, William Fichtner, rapper Ice T, Chuck D, Frost, MC Eiht dan The Game serta musisi George Clinton, Axl Rose, Sly and Robbie, dan Shaun Ryder.[14] Young Maylay membuat debutnya sebagai pengisi suara protagonis, Carl.

Guinness World Records 2009 Gamer's Edition mendaftarkan permainan ini sebagai permainan video dengan pengisi suara terbanyak, dengan penghargaan bagi 861 aktor suara, termasuk 174 aktor dan tambahan 687 pemeriah, sebagian besar diantarnya adalah penggemar seri permainan GTA yang menginginkan suara muncul di permainan.

Alur cerita

Setelah tinggal di Liberty City selama lima tahun, Carl "CJ" Johnson kembali ke Los Santos pada tahun 1992 untuk menghadiri pemakaman Ibunya. Saat kembali ke rumah ibunya, taksi yang ditumpanginya disuruh menepi oleh opsir polisi Frank Tenpenny (seorang polisi yang lama dikenal oleh Carl) dan Eddie Pulaski, yang memiliki beberapa bentrokan dengan Carl sebelum ia pergi ke Liberty City. Mereka kemudian memasukkan Carl ke mobil polisi, menuduh ia atas pembunuhan seorang anggota kepolisian Los Santos, dan kemudian menurunkan CJ di area geng rival. Ketika Carl dengan mengendarai sepeda sampai ke rumahnya, Ia menemukan bahwa keluarga dan temannya dalam kondisi berantakan. Saudara laki-laki Carl, Sean "Sweet" Johnson menyalahkannya atas kematian saudara bungsu mereka, Brian—dan kematian ibunya Beverly—dan mencaci-maki CJ karena meninggalkan geng, Grove Street Families. Agar dapat berdamai lagi dengan kakaknya, Carl melakukan pekerjaan untuk Sweet, dan beberapa kawan anggota gang yaitu Ryder, Big Smoke, dan OG Loc. Berkat Carl, Grove Street Families kembali mendapatkan kekuasaan, dan Sweet memaafkan Carl.

Saat Sweet sedang mempersiapkan perang geng dengan rival abadinya, Ballas, CJ mendapat telepon penting dari Cesar Vialpando, yang menunjukkan mobil "Green Sabre" atau mobil yang dipakai untuk membunuh ibunya, mengungkapkan kepada CJ bahwa Big Smoke, Ryder, beserta Tenpenny dan Pulaski terlibat dalam kematian ibunya CJ dan rencana Sweet akan gagal karena Sweet dijebak. Carl mencoba memperingatkan Sweet melalui telpon tetapi ia gagal, dan dalam kondisi putus asa, CJ berusaha menyelamatkannya. CJ dapat bertahan cukup lama melawan Ballas sebelum polisi dan C.R.A.S.H. tiba. Saat Sweet ditahan di Rumah Sakit Penjara di Los Santos, Tenpenny membawa Carl jauh ke tempat antah berantah – sebuah desa kecil, Angel Pine, terisolasi antara Los Santos dan San Fierro. Sementara itu, dengan bantuan Ryder dan Big Smoke, Ballas mengambil alih wilayah Los Santos, membanjiri wilayah dengan kokain.

Carl, sadar bahwa Tenpenny adalah satu-satunya harapan dirinya agar tidak dipenjara atau membuat Sweet dibebaskan, ia kemudian melakukan pekerjaan kotor untuk sang polisi korup, dan mulai membunuh orang-orang yang bisa menjerumuskan Tenpenny ke penjara. Pada saat itu, Carl menjalin beberapa aliansi pertemanan, di antaranya pemimpin Triad Tiongkok yang buta dan pengusaha bernama Wu Zi Mu (yang sering dipanggil Woozie oleh CJ), dan seorang hippie tua bernama The Truth. Pada akhirnya Carl dan teman-temannya membuka sebuah garasi di San Fierro seraya menunggu peluang untuk kembali ke Los Santos.

Di San Fierro, Carl menginfiltrasi Loco Syndicate, yang menyuplai Grove Street dengan narkobanya, CJ melakukan pekerjaan dengan anggota utama: Jizzy B., T-Bone, dan agen pemerintah yang menyamar bernama Mike Toreno. Pada akhirnya Carl membunuh mereka semua, termasuk Ryder. Carl juga melakukan pekerjaan untuk Woozie yaitu membantu gang Triadnya menyelesaikan masalah dengan geng Vietnam, Da Nang Boys.

Carl kemudian terlibat dalam pekerjaan Toreno, yang selamat dari usaha pembunuhan oleh CJ, dan menyatakan bahwa ia akan membebaskan Sweet jika Carl membantunya dalam operasi rahasianya. Setelah berlatih menjadi seorang pilot, CJ kemudian melakukan operasi untuk Toreno. Lalu, Carl diundang oleh Woozie untuk menjadi rekan dalam kasino Triad di Las Venturas, dimana mereka menghadapi persaingan dari Mafia, pengelola kasino Caligula Palace. Akhirnya, Carl mendapat kesempatan untuk memasuki Kasino Caligula setelah The Truth memintanya untuk menyelamatkan Kent Paul dan Maccer, dimana The Truth kehilangan mereka saat perjalanan ke gurun. Kent Paul memperkenalkan Carl pada Manajer Kasino – seorang mantan pengacara bernama Ken Rosenberg, yang sedang dalam depresi karena permusuhan Mafia. Ia mengklaim bahwa jika satu keluarga mafia dihancurkan oleh keluarga lain, ia sudah pasti dibunuh. Carl kemudian membantu Ken menyelamatkan Johnny Sindacco dari tangan Keluarga Forelli. Tetapi, saat Carl dan Ken mengunjungi Johnny Sindacco di sebuah tempat penjagalan, mereka harus menghabisi seluruh anggota gang Sindacco disana karena Johnny mengenali Carl. Pada waktu yang singkat, Ken menelpon CJ bahwa Keluarga Leone menguasai kasino. Kemudian Carl melakukan pekerjaan untuk Salvatore Leone, seorang Don (kepala geng mafia) dari Keluarga Leone, untuk memperoleh kepercayaannya sementara merencanakan perampokan pada kasino Caligula bersama Woozie. Pada saat yang sama, Carl berhasil lolos dari Tenpenny, yang mencoba, dan gagal, untuk membuat CJ terbunuh. Pada akhirnya, Carl dan Triad sukses merampok Caligula.

Toreno kemudian memenuhi janjinya untuk membebaskan Sweet, tetapi Carl terkejut, karena Sweet tidak mau menjadi bagian dari gaya hidup CJ yang baru. Sweet memaksa CJ untuk kembali ke Grove Street dan berusaha untuk mendirikan kembali kejayaan Grove Street Families daripada menikmati kesuksesan Carl. Tenpenny kemudian diadili atas beberapa kejahatan, tetapi dakwaan tersebut dihentikan karena kurangnya bukti, hal ini berkat Carl yang membunuh para saksi atas kejahatan Tenpenny. Pembebasan Tenpenny menyebabkan kerusuhan besar-besaran di Los Santos, mirip seperti kerusuhan di Los Angeles pada 1992. Dikarenakan ketetapan hati Sweet untuk menghancurkan Big Smoke, yang menjadi bandar narkoba terbesar di kota, Carl harus mengambil alih kembali teritori yang hilang dan memburu para pengkhianat yang bertanggung jawab atas narkoba yang menghancurkan GSF. CJ kemudian membunuh Big Smoke dalam tembak-menembak, kemudian kabur dari pabrik narkoba Big Smoke yang terbakar dan mengejar Tenpenny, yang kabur membawa uang Smoke dengan truk pemadam kebakaran.

Sweet dan Carl mengejar melewati jalanan Los Santos hingga Tenpenny kehilangan kendali dan akhirnya terjatuh dari jembatan. Carl saat itu akan menembak Tenpenny, tetapi Sweet menghentikannya, karena hal itu akan mengurangi kecurigaan polisi jika Tenpenny mati karena luka parah atas kecelakaannya. Tenpenny kemudian mati, dan Keluarga Johnson bersatu kembali. Bersama temannya untuk merayakan kesuksesannya, Carl meninggalkan mereka. Ketika CJ ditanya ke mana ia akan pergi ia menjawab, "Fittin' to hit the block, see what's happening” (pergi ke blok, untuk melihat apa yang terjadi).

Kontinuitas dengan permainan Grand Theft Auto lain

Banyak karakter, lokasi, dan elemen fiksi dari permainan Grand Theft Auto sebelumnya kembali muncul di San Andreas. Catalina, Karakter antagonis di GTA III, menemani CJ pada beberapa misi. Claude, karakter protagonis GTA III, juga muncul secara singkat sebagai pacar baru Catalina setelah ia "membuang" Carl. Kemudian mereka melakukan balapan jalan dengan taruhan, dimana Claude dan Catalina kalah. Catalina memberikan akta (seritifikat) sebuah garasi di San Fierro pada Carl San Fierro daripada pink slip (BPKB) mobil Claude, Catalina menyatakan bahwa, "He needs his car to get to Liberty City" (“Dia (Claude) membutuhkan mobilnya untuk pergi ke Liberty City”). Dalam beberapa lelucon, banyak perbincangan mengenai penampilan Claude yang bisu, hal ini dikarenakan ia tidak mempunyai adegan bicara di GTA III. Catalina juga terus menelpon Carl sampai akhir permainan untuk membuat Carl cemburu atas jalinan kasihnya yang baru.

Ken Rosenberg dan Kent Paul, dari GTA: Vice City, hadir dan berpengaruh di beberapa misi Las Venturas yang mempunyai hubungan dengan Salvatore Leone, Bos geng mafia di Liberty City yang hadir di GTA III dan Liberty City Stories. Maria, yang kemudian menjadi pacar Salvatore, juga kembali muncul sebagai seorang pelayan di kasino Caligula.

Saat tembak-menembak di tempat penjagalan yang dijalankan oleh Keluarga Sindacco, dimana Ken Rosenberg, berada dalam pengaruh kokain, yang berusaha memperkuat relasinya dengan Johnny Sindaco yang baru keluar dari rumah sakit, Ken berteriak, "It's just like old times, Tommy!" (ini seperti masa lampau, Tommy!) (membuat referensi tidak langsung pada karakter protagonis GTA Vice City, Tommy Vercetti). CJ kemudian menjawab, "Who the fuck is Tommy?!" (Siapa itu Tommy?!).

Pada satu event di dalam permainan, Carl kembali secara singkat ke Liberty City untuk membunuh anggota Mafia Forelli tingkat tinggi di Bistro Marco, dibawah perintah Salvatore Leone. Misi ini mengambil tempat di bagian tenggara Saint Mark, dimana Carl harus bertarung melawan anggota Mafia yang menyerang CJ di Bistro Marco dan membunuh targetnya di belakang restoran.

Menurut wawancara dengan pengembang, Grand Theft Auto III, Grand Theft Auto: Vice City, Liberty City Stories, Vice City Stories, Grand Theft Auto: Advance, dan Grand Theft Auto: San Andreas adalah bagian dari canon Grand Theft Auto III, sementara Grand Theft Auto IV adalah seri baru yang konon dimana terdapat aturan permainan yang berbeda.

Jalur suara

Seperti dua permainan seri Grand Theft Auto sebelumnya, San Andreas mempunyai jumlah dan variasi track yang besar yang diambil dari periode waktu permainan ini berada (1992). Jalur suara permainan ini yang terkenal di antaranya The Who, Deodato, The Ohio Players, Toto, Faith No More, Depeche Mode, James Brown, Soundgarden, KISS, Rage Against the Machine, Danzig, Alice in Chains, Marshall Jefferson, Frankie Knuckles, Guns N' Roses, Snoop Dogg, N.W.A., Cypress Hill, 2Pac, Ice Cube, Dr. Dre, Eazy-E, Stone Temple Pilots, Lynyrd Skynyrd, dan Ozzy Osbourne.

San Andreas dilayani oleh 11 stasiun radio; WCTR (radio wicara), Master Sounds 98.3 (rare groove, memainkan banyak lagu funk dan soul oleh artis hip-hop tahun 1990an), K-Jah West (dub dan reggae), CSR (New Jack Swing, Modern Soul), Radio X (alternative rock, metal dan grunge), Radio Los Santos (gangsta rap), SF-UR (house), Bounce FM (funk), K-DST (classic rock), K-Rose (country) dan Playback FM (classic hip-hop).

Sistem musik di San Andreas juga ditingkatkan dari judul permainan sebelumnya. Pada seri permainan awal, setiap radio intinya adalah berkas suara yang diulang-ulang (loop), memainkan lagu, pengumumnan, dan iklan dengan urutan yang sama setiap kali dimainkan. Di San Andreas, setiap segmen terpisah secara jelas, dan “dicampur” secara acak, membuat lagu dimainkan dengan urutan yang berbeda, pengumuman sampai lagu dimainkan berbeda setiap waktu, dan peristiwa plot juga disebutkan di stasiun radio. Sistem ini juga digunakan di Grand Theft Auto IV.

Versi Xbox dan Windows memasukkan tambahan stasiun radio yang mendukung jalur suara buatan dengan memainkan MP3 yang diimpor oleh pengguna.[15]

Penerimaan

Walaupun permainan ini dirilis awalnya untuk PlayStation 2, Grand Theft Auto: San Andreas adalah permainan video paling ditunggu pada tahun 2004, bersama dengan Halo 2. San Andreas dipuji sebagai permainan PlayStation 2 terbaik, dengan skor ulasan rata-rata 95%, menurut Metacritic,[37] “San Andreas” ditempatkan di peringkat ke lima tertinggi dalam sejarah PlayStation 2. IGN meratifikasi permainan ini dengan skor 9.9/10 (skor tertinggi yang pernah diberikan pada permainan PlayStation 2), menyebut permainan ini "bagian perangkat lunak yang menentukan" untuk PlayStation 2.[38] GameSpot menilai permainan ini 9.6/10, memberikan penghargaan Editor's Choice.[39] San Andreas juga mendapat ratifikasi A dari 1UP.com network[40] dan skor 10/10 dari Official U.S. PlayStation Magazine. Pujian terutama berasal dari permainan yang tidak berakhir, ukuran negara bagian San Andreas, alur cerita dan akting suara yang menarik. Kritik terutama berasal dari grafis, model karakter seadanya, tekstur yang rendah resolusinya, juga berbagai masalah kontrol, sebagian pada masalah auto-aim pada musuh. Beberapa kritik berkomentar dimana banyak konten baru yang ditambah ke San Andreas, yang sedikit yang diolah dan diimplemetasikan dengan baik.[41]

Penjualan

Pada 3 Maret 2005, permainan ini telah terjual lebih dari 12 juta unit hanya dengan penjualan versi PS2 saja.[42] Pada 26 September 2007, Grand Theft Auto: San Andreas telah terjual lebih dari 20 juta unit menurut Take-Two Interactive.[43] Pada 26 Maret 2008, Grand Theft Auto: San Andreas terjual 21,5 juta unit menurut Take-Two Interactive.[44] Guinness World Records 2009 Gamer's Edition mencantumkannya sebagai permainan paling sukses di Playstation 2, dengan 17,33 juta kopi terjual untuk konsol itu saja, dari total 21,5 juta di semua format.[45]

Kontroversi

San Andreas dikritik oleh beberapa orang karena dianggap stereotip rasial.[46] Beberapa melihat dugaan stereotip sebagai ironis,[47] sementara yang lain membela permainan ini, dengan memperhatikan bahwa alur cerita dapat berbicara kepada orang-orang dari latar belakang yang berbeda.[48] Sebuah studi tentang bagaimana berbagai kelompok remaja yang terlibat dengan permainan menemukan bahwa "mereka tidak menerima gambar dan konten permainan secara pasif".[49]

Mod Hot Coffee

Pada pertengahan Juni 2005, sebuah software patch dengan judul "Hot Coffee mod" dirilis oleh Patrick Wildenborg (dengan nama Internet "PatrickW"), seorang modder berusia 38 tahun dari Belanda. Nama "Hot Coffee" merujuk pada cara untuk melihat adegan seks yang tersembunyi. Pada permainan yang belum dimodifikasi, pemain mengajak pacarnya ke depan pintu rumah sang pacar dan sang pacar meminta pemain masuk ke rumah untuk “segelas kopi”. Jika setuju, kamera tetap berada di luar rumah, dengan guncangan, sementara suara desahan terdengar dari dalam rumah.

Setelah meng-install patch, pemain dapat masuk ke rumah pacar yang dan berjumpa dengan permainan mini sederhana tentang persetubuhan dengan masih memakai baju. Dampak dari kontroversi ini menyebabkan respon publik dari politikus di Amerika Serikat dan menyebabkan permainan ini ditarik dan dirilis ulang.

Pada 20 Juli 2005, produksi permainan ini di hentikan sementara dan permainan ini mendapat revisi rating dari ESRB dengan rating Adults Only, membuat San Andreas satu-satunya permainan konsol AO terbesar yang dirilis di Amerika Serikat. Rockstar memberikan distributor pilihan untuk menempelkan stiker rating Adults Only ESRB di setiap kopi permainan, atau mengembalikannya untuk diganti dengan tanpa konten Hot Coffee. Banyak retailers menarik permainan ini dari raknya dikarenakan peraturan tokonya yang melarang penjualan permainan AO. Rockstar North kemudian merilis patch "Cold Coffee" [50] untuk versi PC dan San Andreas rilis ulang dengan rating M. Versi PlayStation 2 dan Xbox juga dirilis ulang di "GTA Trilogy Pack"[51] untuk Xbox dan PlayStation 2, dengan edisi khusus untuk PlayStation 2 yang memasukkan film dokumenter Sunday Driver.

Pada 8 November 2007, Take-Two mengumumkan pengajuan sebuah penyelesaian kepada pengajuan perkara class action dikarenakan kontroversi Hot Coffee. Jika pengajuan perkara disetujui oleh pengadilan, Take-Two dan Rockstar tidak bisa dimintai pertanggung jawaban atau kesalahan mereka. Konsumen juga dapat menukarkan kopi permainan dengan rating AO untuk versi rating M dan dikenakan biaya untuk penggantian sebesar $35 serta harus menanda tangani surat pernyataan.[52]

Sebuah laporan The New York Times pada 25 Juni 2008 mengungkapkan bahwa ada total 2,676 klaim untuk paket kompensasi.[53]

The Introduction

The Introduction, sebuah video in-engine, disediakan dalam sebuah DVD beserta dengan Grand Theft Auto: San Andreas Official Soundtrack, serta Grand Theft Auto: San Andreas Special Edition rilis ulang untuk PlayStation 2. Kronik Film dengan durasi 26-menit menceitakan peristiwa di “San Andreas” dan juga menyediakan wawasan proses pengembangan karakter dalam permainan, sampai pada saat Carl mengetahui kematian Ibunya saat ditelpon oleh Sweet dan kembali ke Los Santos dan mengetahui keluarga dan temannya berantakan.

Catatan

  1. ^ Di-porting ke iOS, Android, Windows Phone, Fire OS, Xbox 360, dan PlayStation 3 oleh War Drum Studios.[1]

Referensi

  1. ^ "Grand Theft Auto: San Andreas". War Drum Studios. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 Januari 2016. Diakses tanggal 6 Januari 2016. 
  2. ^ "Grand Theft Auto: San Andreas Game Script". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-29. Diakses tanggal 2007-03-17. 
  3. ^ Perry, Douglass C (2003). "GTA 4 Date Confirmed". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 April 2008. Diakses tanggal 3 Februari 2010. 
  4. ^ "New Evidence of GTA: Sin City". uk.ps2.ign.com. 5 Januari 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Desember 2008. Diakses tanggal 25 Mei 2008. 
  5. ^ Coleman, Stephen (2004). "Grand Theft Auto: San Andreas". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 November 2005. Diakses tanggal 3 Februari 2010. 
  6. ^ "GTA: San Andreas Released in Japan". TheGTAPlace.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-02-02. Diakses tanggal 29 Januari 2007. 
  7. ^ "San Andreas Now Available on Xbox Live". Planet Grand Theft Auto. 20 Oktober 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Oktober 2008. Diakses tanggal 15 November 2008. 
  8. ^ Greg Kasavin (13 Agustus 2004). "Grand Theft Auto: San Andreas Weekend Update: Robbery and Home Invasion". GameSpot. hlm. 2. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Januari 2009. Diakses tanggal 22 Maret 2008. 
  9. ^ Grand Theft Auto: San Andreas Weekend Update: Street Talking Diarsipkan 2004-10-25 di Wayback Machine., GameSpot, 23 Oktober 2004
  10. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-11. Diakses tanggal 2010-02-03. 
  11. ^ Greg Kasavin, Grand Theft Auto: San Andreas Weekend Update: Robbery and Home Invasion Diarsipkan 2004-08-18 di Wayback Machine., GameSpot, 13 Agustus 2004
  12. ^ "Grand Theft Auto: San Andreas Q&A - Under the Hood, GameSpot, 1 Juni 2005". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-08-06. Diakses tanggal 11 Januari 2008. 
  13. ^ "Super Signage - NEVADA (page 1)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-07-28. Diakses tanggal 16 Maret 2007. 
  14. ^ "Full credits for Grand Theft Auto: San Andreas (2004)". Internet Movie Database. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-12-06. Diakses tanggal 19 Januari 2007. 
  15. ^ Gerstmann, Jeff (7 Juli 2005). "Grand Theft Auto: San Andreas review for Xbox". GameSpot. hlm. 1. Diakses tanggal 21 Maret 2008. [pranala nonaktif permanen]
  16. ^ "Grand Theft Auto: San Andreas for iPhone/iPad Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Maret 2015. Diakses tanggal 11 April 2015. 
  17. ^ "Grand Theft Auto: San Andreas for PC Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 April 2015. Diakses tanggal 11 April 2015. 
  18. ^ "Grand Theft Auto: San Andreas for PlayStation 2 Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 September 2018. Diakses tanggal 18 Oktober 2018. 
  19. ^ "Grand Theft Auto: San Andreas for Xbox Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 April 2015. Diakses tanggal 11 April 2015. 
  20. ^ Gerstmann, Jeff (7 Juni 2005). "Grand Theft Auto: San Andreas Review". GameSpot. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Oktober 2016. Diakses tanggal 18 Oktober 2018. 
  21. ^ Gerstmann, Jeff (25 Oktober 2004). "Grand Theft Auto: San Andreas Review". GameSpot. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 September 2018. Diakses tanggal 18 Oktober 2018. 
  22. ^ Johnson, Leif (18 Desember 2013). "Grand Theft Auto: San Andreas iOS Review". IGN. Ziff Davis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Juli 2016. Diakses tanggal 18 Oktober 2018. 
  23. ^ Adams, Dan (7 Juni 2005). "Grand Theft Auto: San Andreas". IGN. Ziff Davis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 September 2018. Diakses tanggal 18 Oktober 2018. 
  24. ^ Dunham, Jeremy (25 Oktober 2004). "Grand Theft Auto: San Andreas". IGN. Ziff Davis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 April 2014. Diakses tanggal 18 Oktober 2018. 
  25. ^ Perry, Douglass C. (7 June 2005). "Grand Theft Auto: San Andreas". IGN. Ziff Davis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 September 2018. Diakses tanggal 18 Oktober 2018. 
  26. ^ Hodapp, Eli (12 Desember 2013). "'Grand Theft Auto: San Andreas' Review – Throw Some Chedda' at This Incredible Port". TouchArcade. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 September 2018. Diakses tanggal 18 Oktober 2018. 
  27. ^ "IGN's Best of 2004: PS2 Game of Year". Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Februari 2007. Diakses tanggal 17 Maret 2007. 
  28. ^ "IGN's Best of 2004: PS2 Action-Adventure Game". Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Februari 2007. Diakses tanggal 17 Maret 2007. 
  29. ^ "IGN's Best of 2004: PS2 Best Story". Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Januari 2005. Diakses tanggal 17 Maret 2007. 
  30. ^ "GameSpot's Best and Worst of 2004: Best PlayStation 2 Game". Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Januari 2009. Diakses tanggal 17 Maret 2007. 
  31. ^ "GameSpot's Best and Worst of 2004: Best Action-Adventure Game". Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Desember 2004. Diakses tanggal 17 Maret 2007. 
  32. ^ "GameSpot's Best and Worst of 2004 - Reader's Choice: Best PS2 Action Adventure Game". Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Maret 2005. Diakses tanggal 17 Maret 2007. 
  33. ^ "GameSpot's Best and Worst of 2004 - Reader's Choice: PS2 Game of the Year". Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Januari 2009. Diakses tanggal 17 Maret 2007. 
  34. ^ "GameSpot's Best and Worst of 2004: Best Voice Acting". Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Januari 2009. Diakses tanggal 17 Maret 2007. 
  35. ^ "GameSpot's Best and Worst of 2004: Funniest Game". Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 April 2009. Diakses tanggal 17 Maret 2007. 
  36. ^ a b c d "Video Game Awards 2004 Award Winners Announced". GameSpy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Desember 2014. Diakses tanggal 11 April 2015. 
  37. ^ GTA: San Andreas (PS2) Diarsipkan 2010-05-12 di Wayback Machine. at Metacritic
  38. ^ Dunham, Jeremy (25 Oktober 2004). "Grand Theft Auto: San Andreas review". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-04-03. Diakses tanggal 22 Maret 2008. 
  39. ^ Gerstmann, Jeff (25 Oktober 2004). "Grand Theft Auto: San Andreas review". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-07-20. Diakses tanggal 22 Maret 2008. 
  40. ^ "GTA: San Andreas reviews". 1UP.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Mei 2006. Diakses tanggal 3 Februari 2010. 
  41. ^ "GamePro review". Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 November 2004. Diakses tanggal 17 Maret 2007. 
  42. ^ "Take-Two Interactive Software, Inc. Reports First Quarter Fiscal 2005 Financial Results". Take-Two Interactive. 3 Maret 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 Maret 2005. Diakses tanggal 1 November 2007. 
  43. ^ "Take-Two Interactive Software at Piper Jaffray Second Annual London Consumer Conference" (Webcast: Windows Media Player, Real Player). Thomson Financial. 26 September 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-07. Diakses tanggal 29 Oktober 2007. Grand Theft Auto III launched in 2001 and sold over 12 million units. We then shipped another sequel in 2002 which sold over 15 million units, Grand Theft Auto: Vice City. And then in 2004 we shipped Grand Theft Auto: San Andreas, which sold a remarkable 20 million units... 
  44. ^ "Recommendation of the Board of Directors to Reject Electronic Arts Inc.'s Tender Offer" (PDF). Take-Two Interactive Software, Inc. 26 Maret 2008. hlm. 12. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 8 April 2008. Diakses tanggal 1 April 2008. 
  45. ^ Guinness World Records (ed.). Guinness World Records 2009 Gamer's Edition. hlm. 108–109. ISBN 1904994459 Periksa nilai: checksum |isbn= (bantuan). 
  46. ^ Marriott, Michel (12 Agustus 2004). "The Color of Mayhem". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 November 2013. Diakses tanggal 14 Desember 2013. 
  47. ^ John, Tracey (30 Juli 2009). "Study: Videogames Underrepresent Minorities". Wired. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Juli 2013. Diakses tanggal 25 Januari 2012. 
  48. ^ Fahey, Mike (17 November 2011). "Envisioning a World Without Racism With Grand Theft Auto: San Andreas". Kotaku. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 November 2013. Diakses tanggal 14 Desember 2013. 
  49. ^ DeVane, B.; Squire, K. D. (1 Juli 2008). "The Meaning of Race and Violence in Grand Theft Auto: San Andreas". Games and Culture. 3 (3–4): 264–285. CiteSeerX 10.1.1.465.7496alt=Dapat diakses gratis. doi:10.1177/1555412008317308. 
  50. ^ No More Hot Coffee Diarsipkan 2007-06-08 di Wayback Machine., Rockstar Games, 2005
  51. ^ Tim Surette, GTA gets trilogized, San Andreas special edition Diarsipkan 2005-10-03 di Wayback Machine., GameSpot, 23 September 2005
  52. ^ Androvich, Mark (8 November 2007). "Take-Two settles "Hot Coffee" lawsuits". Gamesindustry.biz. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Maret 2008. Diakses tanggal 9 November 2007. 
  53. ^ "NY Times Advertisement". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-29. Diakses tanggal 2010-02-03. 

Pranala luar