Rap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rap adalah salah satu dari empat elemen budaya hip hop. Rap merupakan teknik vokal yang berkata-kata dengan cepat, sementara pelakunya disebut rapper. Biasanya, rap diiringi oleh DJ atau oleh sebuah band. Rap dapat juga ditelusuri kembali ke akar Afrika, di mana berabad-abad sebelum musik hip hop ada, Afrika Barat telah memberikan cerita berirama yang bernama griots, lebih dari dram dan instrumentasi jarang. Koneksi tersebut telah diakui oleh seniman masa kini.

Biasanya, raper seperti penyanyi biasa, yaitu bernyanyi solo. Contohnya adalah Nas, Jay-Z dan Kanye West. Ada pula raper yang menjadi anggota band, misalnya Mike Shinoda dari Linkin Park. Umumnya, raper berkulit hitam karena kebanyakan berasal dari daerah pinggiran di Amerika Serikat. Di antara sedikit raper yang berkulit putih ada Eminem, Macklemore, dan Pitbull. Raper sering disebut pula dengan MC. Di Jamaika, istilah raper dapat disebut DJ seperti Sean Paul.

Rap di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia sendiri musik rap telah berkembang dan menjadi salah satu genre musik yang mendapat perhatian. Musisi-musisi lokal yang karya musik rap atau hip hopnya telah meramaikan blantika musik Indonesia di antaranya adalah Iwa K, Rich Brian , Soul ID, Saykoji, Fade to Black (Bondan Prakoso & Fade 2 Black), Batik Tribe, 8 Ball, dan D'Rapp. Jenis musik terbaru yang ada adalah trip hop, yaitu perpaduan antara jaz dan hip hop. Salah satu musisi trip hop Indonesia yang kental unsur rapnya adalah Aji Kikuta.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]