Soul ID

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Soul ID
Soul ID.jpg
Informasi latar belakang
Nama lainSoulid
AsalJakarta, Indonesia
Genre
Tahun aktif2002 - sekarang
Artis terkaitDmust Akira
AnggotaEndrumarcH Rapper
Tabib Qiu Rapper
Juanita Penyanyi
Mantan anggotaJiggytime Rapper
Glenn Waas Penyanyi
Afrogil Penyanyi


Soul ID adalah grup musik asal Indonesia yang dibentuk pada tahun 2002. Grup musik ini sekarang beranggotakan 3 orang yaitu EndrumarcH (rapper), Tabib Qiu (rapper), dan Jaydee (penyanyi). Genre dari group musik ini adalah Hip-hop, R&B, dan Pop.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Esoyuelaidi, Soulfidelis dan Jiwaraga[sunting | sunting sumber]

Tahun 2002 Soul ID mengeluarkan debut albumnya yang berjudul ESOYUELAIDI, single lagu yang populer dari album ini yaitu Ladjoe yang sewaktu itu masih beranggotakan Jiggytime (rapper) dan Glenn Waas (penyanyi). Tiga tahun kemudian, group ini mengalami pergantian anggota disebabkan Jiggytime mengalami kecelakaan mobil dalam perjalanan pulang setelah rekaman untuk album kedua Soul ID, setelah kejadian tersebut tidak lama berselang Glenn Waas mengundurkan diri, Sampai akhirnya bergabunglah Afrogil (penyanyi), Tabib Qiu (rapper), dan Jaydee (penyanyi) kemudian mengeluarkan album kedua berjudul Soulfidelis (2005) dengan single lagu Idola.[1] Album ketiga Jiwaraga (2007) dengan 2 single andalan Branuday dan Ini Rindu, lagu daur ulang almarhum Farid Hardja. Album ini kembali masuk ke dalam kategori Album Rap Terbaik oleh Anugerah Musik Indonesia (2008), sayangnya grup ini harus kehilangan Afrogil karena mengundurkan diri.

The Collusion E.P dan Like Love Life[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 2008, Soul ID mengeluarkan mini album The Collusion E.P proyek kolaborasi bersama Dmust Akira. Dua tahun kemudian Soul ID kembali mengeluarkan album keempatnya yang berjudul Like Love Life dengan single pertamanya adalah Boogie Time. Tema lagu yang mengusung ke era 70-an, dengan racikan live band, Soul ID menggebrak para penikmat musik dengan selera lama yang baru. Boogie Time sempat dijadikan theme song untuk iklan kartu IM3 oleh sebuah perusahaan seluler terkemuka di Indonesia yaitu Indosat. Single kedua yang sangat populer yaitu Ingin Dicinta. Dan pada akhir 2009, single ketiga A YE O. Dilanjutkan lagi dengan beberapa single mereka, Telfon Aku (yang juga menjadi lagu tema dan personel Soul ID sebagai talent Indosat Mentari), Malam Ini Saja, Siapa yang Bilang, dan Hanya Bayangan, sebuah remake lagu dari group lawas "Zen". 'Yakini" adalah single terakhir yang di-released dari album "Like Love Life', di lagu ini Soul ID berkolaborasi dengan penyanyi wanita asal Tokyo, Jepang, bernama "Jade" pada tahun 2012. Pada tahun yang sama, Soul ID mendapatkan kesempatan pergi ke Jepang untuk manggung dan membuat video clip bersama "Jade."

RAPutasi2 hingga Heartwork[sunting | sunting sumber]

Setelah EndrumarcH, rilis album solonya yang kedua yaitu "RAPutasi 2", Tabib Qiu, album "Sirkus Dunia", Jaydee single "I Just Wanna Dance," Soul ID kembali ke rumah dan rilis single di pertengahan 2013 'Berlari". Kembalinya Soul ID dengan single ini membuahkan piala AMI Awards 2014 di 2 kategori "Karya Produksi RAP/HIPHOP Terbaik" dan "Produser Terbaik RAP/HIPHOP " . Pada bulan Agustus 2014, Soul ID rilis lagu terbaru berjudul 'Go Low' lirik full bahasa Inggris yang pertama dan dirilis ke seluruh dunia secara digital. Tahun 2015 tepatnya bulan Januari, Soul ID rilis single yang mengejutkan yaitu 'Jaswanabi' perpaduan unik antara musik bossanova & hip hop. Dan pada tanggal 10 November 2015 single 'Badirawk' rilis membawa mereka kembali ke akar hiphop. Pada tanggal 27 Januari 2017,album HEARTWORK rilis. Ini merupakan album ke-6 mereka. Di album tersebut ada beberapa hits yang didaur ulang, seperti 'Idola' 'Siapa Tau,' 'MC Sensi,' 'Maukah.' Album ini adalah sebuah statement kalau Soul ID masih terus berkarya.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Anggota sekarang
Mantan anggota
  • Glenn Wass (2004 – 2008)
  • Maurits Adhisatya Simandjuntak aka Jiggytime (2002 – 2005)
  • Gilang Santriwiguna aka Afrogil (2004 – 2008)

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album studio[sunting | sunting sumber]

Album kolaborasi[sunting | sunting sumber]

  • The Collusion E.P (2008)

Album mini[sunting | sunting sumber]

  • Heartwork (2017)

Album kompilasi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Karya yang dinominasikan Hasil
2013 Anugerah Musik Indonesia Karya Produksi Rap/Hip-hop Terbaik "Yakini" (feat. Jade) Nominasi
2014 Anugerah Musik Indonesia "Berlari" Menang
2015 Anugerah Musik Indonesia "Go Low" Nominasi
2016 Anugerah Musik Indonesia "Badirawk" Nominasi


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "discography". likelovelife.com. 2010-01-09. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-01-09. Diakses tanggal 2022-06-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]