Kanye West

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kanye West
Kanye West at the 2009 Tribeca Film Festival (cropped).jpg
LahirKanye Omari West
8 Juni 1977 (umur 45)
Atlanta, Georgia, A.S.
Nama lain
  • Yeezy
  • Saint Pablo
  • The Louis Vuitton Don
  • Yeezus
PendidikanChicago State University (tanpa gelar)
Pekerjaan
  • rapper
  • penyanyi
  • penulis musik
  • produser rekaman
  • pengusaha
  • perancang busana
Tahun aktif1996–sekarang
Organisasi
Partai politikIndependen / Pesta ulang tahun[1]
Suami/istri
(m. 2014; berp. 2021)
Anak4
KerabatTony Williams (sepupu)
KeluargaKardashian
PenghargaanSemua daftar
Karier musik
AsalChicago, Illinois, A.S.
Genre
Instrumen
Label
Artis terkait
Situs webkanyewest.com

Kanye Omari West (/ˈkɑːnj/) atau secara hukum bernama Ye (/j/; lahir 8 Juni 1977) adalah seorang musisi, rapper dan produser rekaman asal Amerika Serikat. Ia memiliki perusahaan rekaman GOOD Music.

Kanye West dilahirkan di Atlanta, Georgia, di mana ia tinggal bersama kedua orangtuanya. Ketika ia berusia 3 tahun, mereka bercerai, lalu ia dan ibunya pindah ke Chicago, Illinois. Ia bersekolah di Polaris High School, American Academy of Art, dan Columbia College Chicago, tetapi kemudian putus sekolah untuk memusatkan perhatian pada karier musiknya. Ia telah menjadi produser rekaman untuk Jay-Z, Common, Mobb Deep, Jermaine Dupri, The Game, Alicia Keys, Janet Jackson, Eminem, dan John Legend. West menikah dengan Kim Kardashian dan dikarunai empat orang anak yaitu, North West, Psalm West, Saint West, dan Chicago West.

Karier musik[sunting | sunting sumber]

1996–2002: Awal karir dan Roc-A-Fella[sunting | sunting sumber]

Karir Kanye West dimulai sebagai seorang produser. Kanye banyak terlibat dalam produksi musik Janet Jackson, Alicia Keys, dan Jay-Z. Namun, Kanye sebenarnya ingin menjadi rapper. Pada masa-masa awal, Kanye kesulitan untuk mendapatkan perusahaan rekaman yang menerima dirinya.[2] Berbagai label rekaman mengabaikan Kanye karena ia tidak menunjukkan "kesan gangsta" yang populer di arus utama hip hop ketika itu. Kanye West hampir mendapatkan kontrak rekaman dengan Capitol Records. Namun, salah satu orang di label rekaman itu berhasil meyakinkan presiden Capitol Record untuk tidak menandatangani kontrak dengan Kanye. Harapan tidak berhenti disitu, Damon Dash, seorang kepala label rekaman Roc-A-Fella melihat visi Kanye yang besar, sehingga Kanye pun berhasil masuk ke dalam Roc-A-Fella Records.

Pada 23 Oktober 2002, tragedi menimpa Kanye. Kanye harus mengalami kecelakaan mobil yang mematahkan rahangnya. Kecelakaan tersebut juga mematahkan kedua kaki pengemudi lain.[3] Meski begitu, dalam keterbatasannya, Kanye dengan kondisi mulut dan rahang yang masih belum pulih setelah operasi, tetap gigih membuat musik. Tragedi yang dialaminya ini menginspirasi Kanye untuk membuat lagu berjudul "Through The Wire".

2003–2006: The College Dropout dan Late Registration[sunting | sunting sumber]

West di Portland pada Desember 2005 sebagai artis pendukung untuk U2 di Vertigo Tour

West merekam sisa album di Los Angeles saat pulih dari kecelakaan mobil. Setelah dia menyelesaikan albumnya, album itu bocor berbulan-bulan sebelum tanggal rilisnya.[2] Namun, West memutuskan untuk menggunakan kesempatan itu untuk meninjau album tersebut, dan The College Dropout secara signifikan di-remix, di-remaster, dan direvisi sebelum dirilis. Akibatnya, trek tertentu yang awalnya ditujukan untuk album tersebut kemudian ditarik kembali, di antaranya "Keep the Receipt" dengan Ol' Dirty Bastard dan "The Good, the Bad, and the Ugly" dengan Consequence.[4] West dengan cermat menyempurnakan produksi, menambahkan aransemen string, paduan suara gospel, pemrograman drum yang lebih baik, dan syair baru.[2] Perfeksionisme West membuat The College Dropout ditunda rilisnya tiga kali dari tanggal awalnya pada Agustus 2003.[5][6]

The College Dropout akhirnya diterbitkan oleh Roc-A-Fella pada Februari 2004, mencapai posisi kedua pada tangga lagu Billboard 200 dengan singel debutnya, "Through the Wire" yang mencapai posisi ke-15 pada tangga lagu Billboard Hot 100 selama lima minggu.[7] "Slow Jamz", singel keduanya yang menampilkan Twista dan Jamie Foxx, bahkan mencapai kesuksesan yang lebih: singel itu menjadi hit nomor satu pertama West dan kedua artis tamu tersebut. The College Dropout menerima pujian kritis di hampir seluruh dunia dari para kritikus musik kontemporer, dan juga dipilih sebagai album terbaik sepanjang tahun oleh dua publikasi musik ternama dan telah secara konsisten dinilai diantara proyek hip-hop terbaik dan album debut oleh artis.

Musim gugur itu, West menginvestasi dua juta dolar dan mengambil waktu satu tahun lebih untuk mengerjakan album keduanya.[8] West secara signifikan terinspirasi oleh Roseland NYC Live, sebuah album live 1998 oleh grup trip hop asal Inggris Portishead, diproduseri dengan New York Philharmonic Orchestra.[9] Awal pada karirnya, album live tersebut telah menginspirasinya dalam memasukkan aransemen string pada produksi hip-hopnya. Meskipun West belum bisa membeli banyak instrumen live ketika ia mengerjakan album debutnya, penghasilan dari kesuksesan komersialnya memungkinkannya untuk mempekerjakan sebuah orkestra string untuk album keduanya Late Registration.[9] West berkolaborasi dengan komposer skor film asal Amerika Jon Brion, yang membantu sebagai co-produser eksekutif album tersebut pada beberapa trek.[10] Late Registration terjual sebanyak 2.3 juta unit di Amerika Serikat pada akhir 2005 dan telah dipertimbangkan oleh para pengamat industri musik sebagai satu-satunya album utama yang sukses besar pada musim gugur itu, dikarenakan oleh terus-menerusnya penjualan CD yang menurun.[11]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Kontroversi MVA 2009[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 13 September 2009, Taylor Swift memenangkan salah satu piala MTV Video Awards 2009 dengan kategori Best Female Video. Saat akan mengucapkan pidato terima kasihnya, tiba-tiba West langsung naik ke panggung dan merebut mikrofon yang sedang dipegang oleh Swift. "Selamat atas kemenanganmu, tetapi Beyonce tetap mempunyai video terbaik. Videonya adalah salah satu video terbaik sepanjang masa," ujar West dengan nada menyindir Swift. Swift sendiri malah kebingungan dengan kejadian itu, sedangkan Beyonce terlihat shock. Setelah itu, seluruh penonton dalam acara tersebut, termasuk selebriti yang namanya ada di dalam nominasi Best Female Video seperti Pink, Katy Perry, dan Lady Gaga, sontak menyoraki Kanye untuk turun dari panggung. Tidak hanya itu, Kanye pun diusir dari acara.

Setelah kejadian tersebut, Beyonce memenangkan award ketiganya malam itu, yaitu Best Video (penghargaan tertinggi pada acara tersebut). Ia secara pribadi meminta Swift untuk maju dan menyelesaikan pidatonya yang sempat terputus, dan Swift melanjutkan pidato. Pasca hari itu, "Hot Topic" di Twitter adalah "Kanye West", "Taylor Swift", dan "MVA".

Penyanyi country John Rich mengatakan bahwa perbuatan Kanye memalukan. "Ia (West) harusnya belajar untuk menerima kekalahan sahabatnya, bukan melakukan hal yang aneh seperti itu". Penyanyi Pink juga meluapkan kemarahannya dalam kicauannya di twitter. "West is the best piece of shi- in the world! Quote me!," ujar penyanyi tersebut. Ia sangat menyayangkan perilaku Kanye tidak menghargai kemenangan Swift. Begitu juga dengan Lady Gaga dan Katy Perry.

Di sisi lain, West meyakini ia hanya membicarakan kebenaran yang ia yakini. "Semua orang ingin menyoraki saya, tetapi saya adalah penggemar pop culture sesungguhnya, saya tidak gila, saya hanyalah orang yang mengutarakan pendapat saya," kicau West di twitternya. Tak lama, ia memposting dua blog permintaan maafnya di laman pribadinya mengenai kejadian tersebut, tetapi dihapus.

West juga mengutarakan permintaan maafnya pada acara The Jay Leno Show. Setelah Swift menghadiri acara The View, tepat dua hari setelah kejadian tersebut, sebagian membahas kejadian tersebut, West meminta maaf kepada Swift secara pribadi. Swift mengatakan bahwa ia memaafkan West.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album studio

Album kolaborasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stole, Bryn (August 21, 2020). "Rapper Kanye West files to appear as 'Birthday Party' candidate on presidential ballot in Louisiana". Nola.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 23, 2020. 
  2. ^ a b c Reid, Shaheem (February 9, 2005). "Road to the Grammys: The Making Of Kanye West's College Dropout". MTV. Diakses tanggal January 4, 2009. 
  3. ^ "How Kanye West's 2002 Car Crash Shaped His Entire Career". Yahoo-Finance. Diakses tanggal June 6, 2018. 
  4. ^ Patel, Joseph (June 5, 2003). "Producer Kanye West's Debut LP Features Jay-Z, ODB, Mos Def". MTV. Diakses tanggal April 21, 2009. 
  5. ^ Goldstein, Hartley (December 5, 2003). "Kanye West: Get Well Soon / I'm Good". PopMatters. Diakses tanggal March 21, 2013. 
  6. ^ Ahmed, Insanul (September 21, 2011). "Kanye West × The Heavy Hitters, Get Well Soon (2003)—Clinton Sparks' 30 Favorite Mixtapes". Complex. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 19, 2013. Diakses tanggal December 9, 2012. 
  7. ^ Kanye West—Through the Wire—Music Charts. aCharts.us. Retrieved July 3, 2010.
  8. ^ Brown, p. 120
  9. ^ a b Scaggs, Austin (September 20, 2007). "Kanye West: A Genius In Praise of Himself". Rolling Stone. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 9, 2009. Diakses tanggal August 9, 2015. 
  10. ^ Perez, Rodrigo (August 12, 2005). "Kanye's Co-Pilot, Jon Brion, Talks About The Making Of Late Registration". MTV. Viacom. Retrieved March 2, 2006.
  11. ^ Knopper, Steve (November 15, 2005). "Kanye Couldn't Save Fall". Rolling Stone. RealNetworks, Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 1, 2005. Diakses tanggal November 27, 2005.