U2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
U2
U2 beraksi di panggung di Sydney pada tahun 2019
Informasi latar belakang
AsalDublin, Irlandia
GenreRock
Post-punk
Rock alternatif
Tahun aktif1976–sekarang
LabelIsland, MCA, Interscope
Mercury
Situs webwww.u2.com
AnggotaBono
The Edge
Adam Clayton
Larry Mullen Jr.

U2 adalah kelompok musik rock asal Irlandia yang beranggotakan Bono (Paul David Hewson; vokal, harmonika dan gitar), The Edge (David Howell Evans; gitar, piano, dan backing vokal), Adam Clayton (bas) dan Larry Mullen, Jr (drum). Group musik ini terbentuk pada Tahun 1976.

Musik mereka awalnya terinspirasi oleh post-punk, gaya musik U2 telah berkembang sepanjang karir mereka, namun tetap mempertahankan kualitas anthemic yang dibangun di atas vokal ekspresif Bono dan gaya bergitar Edge, suara gitar berbasis efek. Lirik mereka, yang sering dibumbui dengan citra spiritual, berfokus pada tema pribadi dan sosial politik. U2 terkenal akan pertunjukan live mereka, grup ini telah menggelar beberapa tur ambisius dan rumit selama karir mereka.

Band ini dibentuk ketika para anggotanya adalah siswa remaja Sekolah Komprehensif Mount Temple dan memiliki kemampuan musik yang terbatas. Dalam waktu empat tahun, mereka menandatangani kontrak dengan Island Records dan merilis album debut mereka, Boy (album) (1980). Karya selanjutnya seperti album nomor satu Inggris pertama mereka, War album (1983), dan singel "Sunday Bloody Sunday" dan "Pride (In the Name of Love)" membantu membangun reputasi U2 sebagai grup yang sadar politik dan sosial. Pada pertengahan 1980-an, mereka telah menjadi terkenal di seluruh dunia karena penampilan live mereka, disorot oleh penampilan mereka di Live Aid pada tahun 1985. Album kelima grup, The Joshua Tree (1987), menjadikan mereka superstar internasional dan merupakan kesuksesan kritis dan komersial terbesar mereka. Menduduki tangga lagu musik di seluruh dunia, itu menghasilkan satu-satunya single nomor satu mereka di AS hingga saat ini: "With or Without You" and "I Still Haven't Found What I'm Looking For".

Menghadapi stagnasi kreatifitas dan kritik buruk terhadap album dokumenter/ganda mereka, Rattle and hum (1988), U2 merubah diri mereka pada 1990-an. Dimulai dengan album ketujuh mereka yang terkenal, Achtung baby (1991), dan Zoo TV Tour multimedia yang intensif, arah musik mereka yang baru dipengaruhi oleh genre rock alternatif, musik dansa elektronik, dan musik industrial, dan mereka membuat musik yang lebih ironis. Eksperimen ini berlanjut melalui album kesembilan mereka, Pop (1997), dan PopMart Tour, yang mendapatkan kesuksesan beragam, tak seperti album-album mereka sebelumnya. U2 mendapatkan kembali dukungan dari kritikus dan kesuksesan yang luar biasa dengan album All that you can't leave behind (2000) dan How to Dismantle an Atomic Bomb (2004), dengan mengusung musik mainstream yang lebih konvensional. Tur U2 360° mereka tahun 2009–2011 mencatat rekor untuk tur konser dengan jumlah penonton tertinggi dan terlaris, namun dikalahkan pada tahun 2019 oleh Ed Sheeran. Grup ini baru-baru ini merilis album pendamping Songs of Innocence (2014) dan Songs of Experience ( 2017), yang pertama menerima kritik karena rilis tanpa biaya yang meresap melalui iTunes Store.

U2 telah merilis 14 album studio dan merupakan salah satu musisi terlaris di dunia, telah menjual sekitar 150-170 juta rekaman di seluruh dunia. Mereka telah memenangkan 22 Grammy Awards, lebih banyak dari band lain, dan pada tahun 2005, mereka dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun pertama kelayakan mereka. Rolling Stone memberi peringkat U2 di nomor 22 dalam daftar "100 Artis Terbesar Sepanjang Masa". Sepanjang karir mereka, sebagai sebuah band dan sebagai individu, mereka telah berkampanye untuk hak asasi manusia dan keadilan sosial.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bermula dari Iklan Mading yang ditempel di sebuah sekolah menengah atas di Dublin, Irlandia, dan dapur rumahnya Larry Mullen, Jr. menjadi saksi sejarah terbentuknya U2. Iklan yang ternyata dipasang Larry Mullen itu berhasil menarik minat 6-7 orang. Dan tempat audisi pun berlangsung di dapur sempit di rumahnya. Dari situ terhimpunlah Dave Evans atau The Edge (gitar), Adam Clayton (bas), dan Paul Hewson (Bono).

Di awal kemunculannya grup ini memilih nama Feedback dan banyak melantunkan cover lagu dari grup Beatles. Pada tahun 1977, nama mereka berganti lagi menjadi Hype. Karena grup ini ditinggalkan oleh Dick Evans maka mereka pun nama group bandnya menjadi U2. Dengan mengutamakan suara gitar, warna musik U2 jadi lebih bergaya post-punk, sebuah hal yang ironis karena pada tahun '76 ketika U2 baru dibentuk, musik punk bahkan belum sampai ke Irlandia.

Keberuntungan baru datang pada 1980, ketika mereka bergabung dengan Island Records, yang didirikan oleh Chris Blackwell. Mereka merilis Boy, sebuah album yang dinilai sebagai karya yang sangat cocok dengan anak muda. Identitas khas U2 baru tampak jelas ketika mereka merilis War pada 1983. Lagu Sunday, Bloody Sunday, yang membahas tentang kekerasan di Irlandia Utara, langsung menjadi cap bahwa U2 band idealistis dan politis. U2 tenang-tenang saja dan justru memilih lagu ini menjadi lagu kebangsaan.

Setelah sukses menjajah Inggris, pelan-pelan mereka menggempur Amerika. Tur mereka di tanah jajahan baru ini laris. Pada tahun 1985 majalah Rolling Stone menjuluki U2 menjadi Band 1980-an, bagi fans rock and roll yang jumlahnya terus bertambah, U2 menjadi band yang paling dianggap, mungkin bahkan satu-satunya band yang paling penting.

U2 benar-benar berada di puncak ketika The Joshua Tree dirilis tahun 1987. Album ini merebut posisi nomor satu di daftar album terlaris Inggris dalam waktu sangat singkat, dan kemudian mulai merambah Amerika dan bertahan hingga sembilan pekan. Karena lagu andalannya benar-benar merajai, U2 sempat jadi laporan utama majalah Time dengan judul Tiket Rock Terpanas. Inilah kehormatan yang hanya didapat oleh dua band lain, The Beatles dan The Who.

Warisan[sunting | sunting sumber]

U2 telah menjual sekitar 150-170 juta rekaman di seluruh dunia, menempatkan mereka di antara musisi terlaris dalam sejarah. Album studio kelima grup, The Joshua Tree, adalah salah satu album terlaris di AS (dengan 10 juta kopi terjual) dan di seluruh dunia (25 juta kopi terjual). Dengan 52 juta unit bersertifikat oleh RIAA, U2 menempati peringkat ke-22 sebagai musisi terlaris di Amerika. U2 memiliki delapan album yang telah mencapai nomor satu di AS, merupakan ketiga terbanyak dari grup mana pun. Mereka adalah grup pertama yang mencapai album nomor satu di AS pada dekade 1980-an, 1990-an, 2000-an, dan 2010-an. Di Inggris, grup ini memiliki tujuh single nomor satu, menempati urutan ke-16 dari artis mana pun, dan sepuluh album nomor satu, menempati urutan ke-8 dari artis mana pun. Rekaman band ini menghabiskan waktu 1.465 minggu pada tangga lagu Inggris yang merupakan peringkat 16 sepanjang masa. Di negara asal mereka, Irlandia, U2 memegang rekor single nomor satu terbanyak dengan 19.

Pada 1980-an, U2 "mendominasi kancah rock alternatif", menurut kritikus budaya Kevin J. H. Dettmar. Demikian pula, dalam dekade berikutnya, mereka adalah salah satu band rock alternatif paling terkenal di seluruh dunia dan di antara band rock terlaris. Penjualan rekaman album menurun di tahun 2000-an dan industri musik memasuki era pengunduhan digital yang seringkali ilegal, tetapi menurut penulis Mat Snow, U2 lebih makmur daripada artis-artis muda karena pengikut setia yang melekat pada format album. Meskipun penjualan album semakin menurun, namun mereka menunjukan bahwa konser live menjadi sumber pendapatan terbesar grup.

Menurut Billboard Boxscore, band ini meraup US$1,67 miliar dalam penjualan tiket dari 1990 hingga 2016, kedua terbanyak setelah The Rolling Stones. U2 adalah satu-satunya grup dalam 25 tur konser teratas dari tahun 2000 hingga 2009 yang tikernya selalu terjual habis setiap pertunjukan yang mereka mainkan. Menurut Pollstar, band ini meraup untung $1,038 miliar dan menjual 9.300.500 tiket dari 255 pertunjukan yang dimainkan antara 2010 dan November 2019, mendapatkan judul publikasi artis tur dekade 2010-an; U2 adalah satu-satunya artis yang melampaui $1 miliar selama rentang waktu tersebut. Forbes memperkirakan bahwa grup tersebut memperoleh US$78 juta antara Mei 2011 dan Mei 2012, menjadikan mereka artis musik dengan bayaran tertinggi keempat. Daftar Orang Kaya Irlandia 2020 Sunday Times memperkirakan kekayaan kolektif kelompok itu mencapai €670 juta.

U2 dianggap sebagai salah artis pop-rock terbaik sepanjang masa. Rolling Stone menempatkan U2 di nomor 22 dalam daftar "The 100 Greatest Artists of All Time", sementara Bono menempati peringkat ke-32 sebagai penyanyi terbesar, the Edge sebagai gitaris terbesar ke-38, dan Mullen sebagai Drummer terbesar ke-96. Majalah tersebut juga menempatkan Bono and the Edge di nomor 35 dalam daftar "100 Penulis Lagu Terbesar Sepanjang Masa". Pada tahun 2004, Q (majalah) memberi peringkat U2 sebagai band terbesar keempat dalam daftar yang disusun berdasarkan penjualan album, waktu yang dihabiskan di tangga lagu Inggris, dan penonton terbesar untuk konser. VH1 menempatkan U2 di nomor 19 dalam daftar "100 Artis Terhebat Sepanjang Masa" 2010. Pada tahun 2010, delapan lagu U2 muncul di daftar terbaru Rolling Stone dari "The 500 Greatest Songs of All Time", dengan "One" berada diperingkat tertinggi di nomor 36. Lima dari dua belas album studio grup tersebut masuk dalam daftar "500 Album Terbesar Sepanjang Masa" versi majalah tahun 2012—The Joshua Tree menempati posisi tertinggi di nomor 27. Merefleksikan popularitas band dan pengaruhnya di seluruh dunia, Jeff Pollack untuk The Huffington Post berkata, "seperti The Who sebelum mereka, U2 menulis lagu tentang hal-hal yang penting dan beresonansi dengan audiens mereka". Jurnalis Houston Press, John Seaborn Gray, mengaitkan dampak perintis U2 pada musik pop-rock sebagian besar dengan gaya gitar unik Edge.

U2 menerima Grammy Award pertama mereka pada tahun 1988 untuk The Joshua Tree, dan mereka telah memenangkan total 22 dari 46 nominasi, lebih banyak dari grup lainnya. Ini termasuk Best Rock Performance oleh Duo atau Grup, Album of the Year, Record of the Year, Song of the Year, dan Best Rock Album. Di Inggris, U2 telah menerima 7 Brit Awards dari 20 nominasi dari British Phonographic Industry, termasuk lima kemenangan untuk penghargaan Best International Group. Mereka adalah grup internasional pertama yang memenangkan Brit Award untuk Kontribusi Luar Biasa untuk Musik. Di Irlandia, U2 telah memenangkan 14 Meteor Awards sejak penghargaan dimulai pada tahun 2001. Penghargaan lain yang dimenangkan oleh band dan anggota mereka termasuk satu American Music Award, enam MTV Video Music Awards, sebelas Q Awards, dua Juno Awards, lima NME Awards, dan dua Penghargaan Golden Globe. Band ini dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada Maret 2005.[233] Pada tahun 2006, keempat anggota band menerima penghargaan ASCAP untuk menulis lagu "I Still Haven't Found What I'm Looking For" dan "Vertigo".

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

U2
Bono - The Edge - Adam Clayton - Larry Mullen Jr.
Paul McGuinness - Brian Eno - Daniel Lanois - Steve Lillywhite - Jimmy Iovine - Flood - Howie B
Diskografi
Album: Boy - October - War - Under a Blood Red Sky - The Unforgettable Fire - The Joshua Tree - Rattle and Hum - Achtung Baby - Zooropa - Pop - All That You Can't Leave Behind - How to Dismantle an Atomic Bomb - No Line on the Horizon - Songs of Innocence - Songs of Experience
Kompilasi dan EP: Three - Wide Awake in America - Please: PopHeart Live EP - The Best of 1980–1990 - 7 - The Best of 1990–2000 - Exclusive - The Complete U2 - Live from Under the Brooklyn Bridge - U218 Singles - Wide Awake in Europe
Album lainnya: Under a Blood Red Sky - Melon: Remixes for Propaganda - Original Soundtracks 1 - Hasta la Vista Baby! U2 Live from Mexico City - The Million Dollar Hotel: Music from the Motion Picture - Live from the Point Depot - U2.COMmunication - Zoo TV Live - U2 Go Home: Live from Slane Castle, Ireland - Live from Paris - Medium, Rare & Remastered - Artificial Horizon - Duals
Video dan film: U2 Live at Red Rocks: Under a Blood Red Sky - The Unforgettable Fire Collection - Rattle and Hum - Achtung Baby: The Videos, the Cameos, and a Whole Lot of Interference from Zoo TV - Zoo TV: Live from Sydney - PopMart: Live from Mexico City - Elevation 2001: U2 Live from Boston - U2 Go Home: Live from Slane Castle, Ireland - Vertigo 2005: Live from Chicago - Vertigo 05: Live from Milan - U218 Videos - Live from Paris - U2 3D - Linear - U2 360° at the Rose Bowl - From the Sky Down
Tur dan konser
Boy Tour - October Tour - War Tour - The Unforgettable Fire Tour - A Conspiracy of Hope - The Joshua Tree Tour - Lovetown Tour - Zoo TV Tour - PopMart Tour (konser di Sarajevo) - Elevation Tour - Vertigo Tour - U2 360° Tour