Bill Cosby

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bill Cosby
2011 Bill Cosby.jpg
Cosby pada Februari 2010
Lahir William Henry Cosby, Jr.
12 Juli 1937 (umur 80)
Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat
Pekerjaan Aktor, komedian, penulis, produser, musisi, aktivis
Tahun aktif 1962–sekarang
Karya terkenal I Spy
The Bill Cosby Show
Fat Albert and the Cosby Kids
The Cosby Show
Cosby
The Cosby Mysteries
The Electric Company
Suami/istri Camille Hanks (1964–sekarang)
Anak Erika, Erinn, Ensa, Evin, Ennis
Situs web www.billcosby.com

Bill Cosby (lahir di Philadelphia, Amerika Serikat, 12 Juli 1937; umur 80 tahun) adalah pelawak dan aktor Amerika Serikat yang juga sekaligus penulis dan produser televisi. Ia membintangi komedi situasi The Bill Cosby Show pada akhir tahun 1960-an. Ia adalah pembuat film seri kartun Fat Albert and the Cosby Kids, selain tampil dalam film seri pendidikan The Electric Company sebanyak dua musim tayang.

Sepanjang tahun 1980-an, Cosby membintangi The Cosby Show dengan dirinya sebagai produser. Film seri komedi situasi ini bertahan selama 8 musim tayang dari tahun 1984 hingga 1992, dan hingga kini masih sering diputar ulang.

Komedi situasi Cosby yang pertama kali mengudara tahun 1996 adalah film seri berikut yang dibintanginya. Selanjutnya dari tahun 1998 hingga 2000, Cosby menjadi pembawa acara Kids Say the Darndest Things. Selain tampil dalam film seri, ia juga membintangi sejumlah film layar lebar, tampil di pentas lawak, dan laris sebagai bintang iklan.

Masa kecil dan awal karier[sunting | sunting sumber]

Cosby dilahirkan dan dibesarkan di Philadelphia Barat sebagai anak Anna Pearl (nama gadis: Anne Hite) yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga, dan William Henry Cosby, Sr., seorang koki di Angkatan Laut AS.[1][2] Orang tuanya tidak memiliki anak perempuan, keempat anak yang dilahirkan semuanya laki-laki. Sebagai tentara, ayah Cosby lebih banyak tidak ada di rumah, dan pernah ikut bertempur dalam Perang Dunia II. Di sekolah, Cosby mengaku dirinya sebagai badut di kelas. Selain pernah menjadi ketua kelas, ia pernah menjadi kapten tim bisbol dan tim atletik di Sekolah Dasar Mary Channing Wister di Philadelphia.[3] Sewaktu di Sekolah Menengah Pertama Fitz-Simmons, ia mulai main drama sambil meneruskan kegemarannya berolahraga.[4] Cosby melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas Central yang tergolong sekolah elit, tetapi jadwalnya dipenuhi dengan bermain sepak bola Amerika, bola basket, bisbol, dan lari atletik.[4] Sebelum berangkat dan sesudah pulang sekolah, ia juga masih harus membantu penghasilan keluarga dengan berjualan sayuran, menyemir sepatu, dan menyusun barang-barang di rak pasar swalayan.[4] Cosby dipindahkan ke Sekolah Menengah Atas Germantown, tetapi tidak naik ke kelas 11.[5] Ia memilih putus sekolah daripada mengulang kelas 10, dan magang di toko yang memperbaiki sepatu. Cosby menyenangi pekerjaannya, tetapi tidak mau menjadi tukang sol sepatu seumur hidupnya.[4] Oleh karena itu, ia masuk Angkatan Laut, dan bertugas di Pangkalan Korps Marinir Quantico di Virginia, Pangkalan Angkatan Laut Argentia di Newfoundland, dan Rumah Sakit Bethesda di Maryland.[6]

Sewaktu bertugas di AL sebagai Hospital Corpsman selama 4 tahun, Cosby membantu terapi fisik untuk korban Perang Korea.[6] Selama bekerja di sana, ia menyadari pentingnya pendidikan formal, dan mengambil ijazah persamaan lewat kursus korespondesi.[7] Pada tahun 1961, ia menerima beasiswa atletik dari Universitas Temple di Philadelphia,[8] dan mengambil jurusan Pendidikan Olahraga sambil menjadi anggota tim sepak bola Amerika. Walaupun demikian, Cosby tidak pernah lupa menunjukkan kebolehannya melawak. Ia terus melawak di depan rekan-rekan sesama anggota militer dan teman kuliah. Ketika bekerja mencari uang sebagai bartender untuk klab Cellar di Philadelphia, ia sadar bahwa dirinya bisa membuat orang tertawa. Ia melawak di depan pengunjung bar, dan mendapat tambahan banyak tip. Selanjutnya, ia mencoba melawak di atas panggung.[9]

Cosby meninggalkan kuliahnya di Universitas Temple untuk mengejar karier di bidang lawak. Ia tampil di kelab-kelab malam di Philadelphia sebelum akhirnya pindah ke New York City. Sejak tahun 1962, ia tampil di Gaslight Cafe, New York City.[4] Bakat Bill Cosby ditemukan oleh aktor Carl Reiner yang menyenangi humor khas Cosby. Kemahirannya melawak membuat Universitas Temple menganugerahinya gelar Bachelor berdasarkan "pengalaman hidup". Karier Cosby meroket dengan cepat, ia sudah harus menjadwalkan penampilannya di kota-kota besar di AS, Chicago, Las Vegas, San Francisco, dan Washington DC. Bill Cosby menjadi sorotan publik AS setelah tampil dalam acara Tonight Show di NBC pada musim panas 1963. Selanjutnya ia merilis Bill Cosby Is a Very Funny Fellow...Right! yang merupakan seri pertama dari serangkaian album rekaman komedi Cosby pada tahun 1964. Ia diizinkan kembali ke Universitas Temple untuk menyelesaikan gelar BA, dan menerima gelar Master of Arts (1972) dan Doktor Ilmu Pendidikan (Ed.D.) dari Universitas Massachusetts pada tahun 1977. Disertasi doktoral Bill Cosby berjudul Integrasi Media Visual "Fat Albert and the Cosby Kids" untuk Kurikulum Sekolah Dasar sebagai Alat Bantu Pengajaran dan Sarana untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [http://www.filmreference.com/film/57/Bill-Cosby.html Bill Cosby Biography (1937-)
  2. ^ A Glimpse at Bill Cosby's Virginia Roots
  3. ^ "Bill Cosby Trivia". TV.com. Diakses tanggal 4 Mei 2008. 
  4. ^ a b c d e "Bill Cosby Biography". Buzzle.com. Diakses tanggal 4 Mei 2008. 
  5. ^ William Morris Agency, URL diakses pada 31 Mei 2006
  6. ^ a b "Transition Profile — Bill Cosby". Veterans Careers. Military.com. Diakses tanggal 31 Mei 2007. 
  7. ^ Kennedy Center, URL diakses pada 31 Mei 2006
  8. ^ ESPER, URL diakses pada 31 Mei 2006
  9. ^ Verve Records, URL diakses pada 31 Mei 2006

Pranala luar[sunting | sunting sumber]