Golden Gate

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Golden Gate, dilihat dari arah San Francisco. Teluk San Francisco berada di bagian kiri dan Samudra Pasifik berada di bagian Kanan

Gambar ini dari GIMP photo archive[pranala nonaktif permanen].

Golden Gate adalah sebuah selat yang menghubungkan Teluk San Francisco ke Samudra Pasifik. Sejak 1930-an Jembatan Golden Gate didirikan sepanjang selat ini.

Ombak besar ditambah dengan arus dari Sungai Sacramento dan Sungai San Joaquin telah membuat sebuah saluran dengan kedalaman beberapa ratus kaki melalui selat tersebut.

Sebelum datangnya orang Eropa pada abad ke-18, daerah di sekitar selat dan teluk ini diduduki oleh orang Ohlone. Penemuan selat ini dan telaknya oleh penjelajah awal Eropa sangat tidak mudah, kemungkinan karena kabut musim panas yang terus menerus. Selat ini tidak tercatat dalam perjalanan Juan Rodriguez Cavrillo ataupun Francis Drake, keduanya telah menjelajahi pesisir sekitar pada abad ke-16 dalam pencarian Passage Northwest. Selat ini juga tidak tercatat dalam pengamatan oleh beberapa Kekaisaran Spanyol yang kembali dari Filipina yang berlabuh di Teluk Drakes di dekat sana.

Pengamatan pertama tercatat selat ini hampir 200 tahun kemudian pada 1769 oleh Sersan Jose Ortega. Ortega melaporkan tidak dapat berlayar lebih lanjut karena selat tersebut.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]