Grand Theft Auto III

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Grand Theft Auto III
GTA3boxcover.jpg
Seni sampul Amerika Utara
PengembangDMA Design[a]
PenerbitRockstar Games
ProduserLeslie Benzies
Pemrogram
  • Obbe Vermeij
  • Adam Fowler
SenimanAaron Garbut
Penulis
Komponis
  • Craig Conner
  • Stuart Ross
SeriGrand Theft Auto
EngineRenderWare
Platform
Tanggal rilis
GenreAksi petualangan
ModePemain tunggal

Grand Theft Auto III (GTA III) adalah permainan aksi-petualangan 2001 yang dikembangkan oleh DMA Design dan diterbitkan oleh Rockstar Games. Ini adalah entri utama pertama dalam seri Grand Theft Auto sejak 1999 Grand Theft Auto 2. Berlokasi di dalam kota fiksi Liberty City, secara longgar berbasis di New York City, permainan mengikuti penjahat bernama Claude setelah ia dibiarkan mati dan dengan cepat terjerat di dunia geng, kejahatan dan korupsi. Permainan ini dimainkan dari sudut pandang orang ketiga dan dunianya dinavigasi dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan. Desain dunia terbuka memungkinkan pemain bebas berkeliaran di tiga pulau Liberty City.

Pengembangan dibagi antara Desain DMA, yang berbasis di Edinburgh, dan Rockstar, yang berbasis di Kota New York. Sebagian besar pekerjaan pengembangan melibatkan transformasi elemen populer dari seri Grand Theft Auto menjadi dunia 3D sepenuhnya untuk pertama kalinya. Permainan ditunda setelah serangan 11 September untuk memungkinkan tim untuk mengubah referensi dan alur cerita yang dianggap tidak pantas. Permainan ini dirilis pada Oktober 2001 untuk PlayStation 2, pada Mei 2002 untuk Microsoft Windows, dan pada Oktober 2003 untuk Xbox.

Setelah dirilis, Grand Theft Auto III menerima pujian kritis, dengan pujian terutama ditujukan pada konsep dan gameplay-nya. Namun, permainan juga menimbulkan kontroversi, dengan kritik diarahkan pada penggambaran kekerasan dan seks. Itu menjadi video game terlaris tahun 2001, dan telah terjual lebih dari 14,5 juta kopi sejak itu. Dianggap oleh banyak kritikus sebagai salah satu judul paling signifikan dari generasi keenam dari video game, dan salah satu video game terbesar sepanjang masa, ia memenangkan sejumlah penghargaan akhir tahun, termasuk penghargaan Game of the Year dari beberapa publikasi game. Sejak dirilis, ini telah menerima port ke banyak platform game yang berbeda. Versi permainan yang disempurnakan dirilis pada platform seluler pada 2011, untuk ulang tahun kesepuluh permainan ini. Penggantinya, Grand Theft Auto: Vice City, dirilis pada Oktober 2002, dan dua prequel, Advance dan Liberty City Stories, dirilis masing-masing pada 2004 dan 2005.

Alur permainan[sunting | sunting sumber]

Pemain dapat dengan bebas berkeliaran di dunia Permainan dan memiliki kemampuan untuk menggunakan senjata untuk menyelesaikan tugas.

Grand Theft Auto III adalah game aksi-petualangan yang dimainkan dari sudut pandang orang ketiga. Pemain menyelesaikan misi — skenario linier dengan tujuan yang ditetapkan — untuk maju melalui cerita.[4] Dimungkinkan untuk menjalankan beberapa misi aktif pada satu waktu, karena beberapa misi mengharuskan pemain untuk menunggu instruksi atau acara lebih lanjut.[5] Di luar misi, pemain dapat dengan bebas berkeliaran di dunia terbuka permainan, dan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan misi sampingan opsional. Liberty City terdiri dari tiga wilayah: Portland, Staunton Island, dan Shoreside Vale; dua area terakhir menjadi tidak terkunci saat cerita berlanjut.[6]

Pemain dapat berlari, melompat atau menggunakan kendaraan untuk menavigasi dunia permainan.[7] Dalam pertempuran, bidikan otomatis dapat digunakan sebagai bantuan melawan musuh.[8] Jika pemain menerima damage, meter kesehatan mereka dapat dibuat ulang sepenuhnya melalui penggunaan pick-up kesehatan. Pelindung tubuh dapat digunakan untuk menyerap tembakan dan kerusakan akibat ledakan, tetapi digunakan dalam proses tersebut.[9] Ketika kesehatan sepenuhnya habis, permainan berhenti dan pemain hidup kembali di rumah sakit terdekat, dengan mengorbankan kehilangan pelindung, senjata, dan sejumlah uang.

Jika pemain melakukan kejahatan saat bermain, lembaga penegak hukum game dapat merespons seperti yang ditunjukkan oleh meter "Wanted" di tampilan head-up (HUD). Pada meteran, bintang yang ditampilkan menunjukkan level yang diinginkan saat ini[10] (misalnya, pada tingkat maksimum bintang enam, upaya penegakan hukum untuk melumpuhkan pemain menjadi sangat agresif). Petugas penegak hukum akan mencari pemain yang meninggalkan daerah yang diinginkan. Meteran yang diinginkan memasuki mode cooldown dan akhirnya menghilang ketika pemain disembunyikan dari garis pandang petugas.

Permainan ini memungkinkan pemain mengontrol kriminal bisu Claude.[11] Selama cerita, Claude bertemu berbagai karakter baru dari geng. Ketika para pemain menyelesaikan misi untuk berbagai geng dan organisasi kriminal, sesama anggota geng akan sering membela para pemain, sementara anggota geng saingan akan mengenali para pemain dan kemudian menembak di depan pengelihatannya.[12] Saat bebas berkeliaran di dunia game, pemain dapat melakukan kegiatan seperti minigame main hakim sendiri, kegiatan pemadam kebakaran, layanan paramedis, dan layanan taksi.[13] Penyelesaian kegiatan ini memberikan pemain dengan hadiah khusus konteks; misalnya, menyelesaikan misi main hakim sendiri memungkinkan pemain menyuap polisi setelah melakukan kejahatan.

Combat di Grand Theft Auto III dikerjakan ulang untuk memungkinkan pemain melakukan penembakan drive-by dengan melihat ke samping di dalam mobil.

Pemain menggunakan serangan jarak dekat, senjata api dan bahan peledak untuk melawan musuh. Senjata api termasuk senjata seperti Micro Uzi, senapan M16 dan penyembur api.[6] Lingkungan tiga dimensi permainan ini memungkinkan pandangan orang pertama sambil membidik dengan senapan runduk, peluncur roket, dan senapan M16. Selain itu, pertarungan permainan ini dikerjakan ulang untuk memungkinkan pemain melakukan penembakan drive-by dengan menghadap ke samping di dalam kendaraan.[4] Permainan ini memberi para pemain beragam opsi senjata — senjata dapat dibeli dari dealer senjata api lokal, ditemukan di tanah, diambil dari musuh yang mati, atau ditemukan di sekitar kota.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001, seorang penjahat bernama Claude dikhianati oleh pacarnya Catalina selama perampokan bank di luar Liberty City. Ditinggal mati, Claude ditangkap, tetapi lolos selama pemindahannya ke penjara ketika anggota Kartel Kolombia menyergap pengangkutannya untuk menculik tahanan lain. Selama pelariannya, Claude berteman dengan pakar bom 8-Ball, yang kemudian memperkenalkannya ke keluarga Mafia Leone. Bekerja untuk berbagai anggota keluarga Leone, Claude akhirnya mendapatkan rasa hormat dari Don Salvatore Leone yang, setelah menemukan bahwa Kartel memproduksi obat jalanan baru untuk mendanai ekspansi mereka ke Liberty City, menginstruksikan Claude untuk menghancurkan laboratorium obat apung mereka dengan bantuan 8-Ball.

Tak lama setelah itu, Salvatore meminta Claude untuk menangani masalah kecil, tetapi istri piala Maria mengungkapkannya sebagai set-up. Mengklaim bahwa Salvatore menjadi paranoid dan berniat membunuhnya, Claude membawanya bersamanya ke Pulau Staunton. Maria memperkenalkan Claude ke Yakuza, yang dipimpin oleh Asuka Kasen dan saudara laki-lakinya Kenji, yang menugaskannya bekerja setelah dia membunuh Salvatore untuk memutuskan hubungannya dengan keluarga Leone. Selama masa ini, Claude juga bertemu dengan detektif korup LCPD Ray Machowski, yang kemudian dia bantu untuk melarikan diri dari kota, dan mogul media Donald Love, yang menyuruhnya melakukan serangan terhadap Kenji dengan kedok serangan Kartel untuk memulai perang geng yang akan memungkinkan dia untuk mendapatkan real estat untuk bisnisnya. Akhirnya, Claude bertemu Catalina, sekarang pemimpin Kartel, di sebuah lokasi konstruksi selama salah satu pekerjaan Love, hanya baginya untuk melarikan diri.

Asuka meminta Yakuza mengambil alih situs itu, menyalahkan Kartel atas kematian kakaknya, dan menyiksa pasangan Catalina, Miguel, yang ditinggalkannya, untuk mendapatkan informasi. Di bawah arahannya, Claude mulai membongkar operasi Kartel, termasuk jaringan distribusi obat-obatan mereka, menghasilkan kemarahan Catalina. Sebagai pembalasan, dia membunuh Miguel dan Asuka, dan menculik Maria, menebusnya dengan $ 500.000. Ketika Claude bertemu dengannya untuk menyerahkan pembayaran uang tebusan, Catalina melipatgandakannya sekali lagi, menuntunnya keluar dari perangkap dan membunuhnya ketika dia berusaha melarikan diri dengan helikopter. Dengan Maria diselamatkan, dia dan Claude melarikan diri dari tempat kejadian, meskipun ketika dia mengeluh tentang apa yang terjadi padanya, sebuah tembakan terdengar.[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Good Game Stories – Backwards Compatible – Rockstar North". Good Game. Australian Broadcasting Corporation. 28 April 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Desember 2015. Diakses tanggal 21 Desember 2015. 
  2. ^ Sinclair, Brendan (11 Mei 2006). "Take-Two closes Rockstar Vienna?". GameSpot. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Desember 2015. Diakses tanggal 21 Desember 2015. 
  3. ^ Sterling, Jim (27 December 2011). "Review: Grand Theft Auto III: 10 Year Anniversary". Destructoid. ModernMethod. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 April 2016. Diakses tanggal 9 April 2016. 
  4. ^ a b ""Grand Theft Auto III"". www.webcitation.org. Diakses tanggal 2020-05-29. 
  5. ^ An Interview With DMA's Les Benzies - IGN (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-05-29 
  6. ^ a b Grand Theft Auto 3: Interview with DMA - IGN (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-05-29 
  7. ^ The Cars of Grand Theft Auto III - IGN (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-05-29 
  8. ^ "E3 2001 Hands-on: Grand Theft Auto 3". GameSpot (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-29. 
  9. ^ "Grand Theft Auto III". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2020-05-28. 
  10. ^ "Grand Theft Auto III - Review - allgame". web.archive.org. 2014-11-14. Diakses tanggal 2020-05-29. 
  11. ^ "Grand Theft Auto III: Your Questions Answered – Part One (Claude, Darkel & Other Characters)". Rockstar Games (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-29. 
  12. ^ The Gangs and Weapons in Grand Theft Auto III - IGN (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-05-29 
  13. ^ Beneath the Hood of Grand Theft Auto III - IGN (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-05-29 
  14. ^ R* Q (15 December 2011). "Grand Theft Auto III: Your Questions Answered – Part One (Claude, Darkel & Other Characters)". Rockstar Games. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 April 2016. Diakses tanggal 16 April 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan