Trevor Philips

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Trevor Philips adalah karakter fiksi dan salah satu karakter protagonis dari Grand Theft Auto V, video game dalam seri Grand Theft Auto yang dibuat oleh Rockstar Games. Ia muncul sebagai salah satu dari tiga pelaku utama, bersama Michael De Santa dan Franklin Clinton. Dia dimainkan oleh aktor Steven Ogg, yang menyediakan suara dan menangkap gerakan untuk karakter.

Kepribadiannya terinspirasi oleh Charles Bronson. Salah satu penulis Grand Theft Auto V, Dan Houser dijelaskan Trevor adalah orang yang melakukan kejahatani murni didorong oleh keinginan dan kebencian. Detail karakter sangat diperhatikan, hingga sikap dan perilaku Trevor yang unik. Trevor terbukti benar-benar peduli tentang orang-orang yang sangat dekat dengannya, meskipun tindakan psikopatnya.

Trevor dianggap salah satu karakter paling kontroversial dalam sejarah video game. Meskipun perhatian umum diberikan kepada Trevor oleh kritikus dan gamer kebanyakan sangat positif, ia telah dikritik oleh banyak kritikus dan pemain karena kepribadian yang menyukai tindakan kekerasan, tetapi juga telah dipuji karena pas dalam dunia permainan. Desain dan kepribadiannya telah menarik perbandingan untuk video game dan film yang karakter berpengaruh lainnya. Banyak pengulas telah menyebut Trevor karakter menyenangkan dan dapat dipercaya, dan merasa bahwa ia adalah salah satu dari beberapa protagonis dalam seri Grand Theft Auto yang rela akan melakukan tindakan nekat, seperti pembunuhan dan kekerasan.

Dalam game diceritakan bahwa Trevor adalah orang Kanada dan memiliki adik bernama Ryan. Ia memiliki kisah masa lalu yang kelam bersama ayahnya, itulah yang membentuk sifatnya. Dalam game juga diceritakan bahwa ia tinggal di Sandy Shores, Blaine County sebuah desa yang tak jauh dari Los Santos. Walaupun begitu ia juga memiliki tempat tinggal di sebuah klub tari telanjang di Los Santos.

Dampak Budaya[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Karakter Trevor bertemu dengan umpan balik yang umumnya positif setelah rilis Grand Theft Auto V. Michael dan Franklin merasa diuntungkan karena adanya Trevor. GameSpot menganggap Trevor "benar-benar mengerikan, menakutkan, makhluk psikotik dan karakter manusia hebat". Menurut Eurogamer, Trevor merusak karakter lain karena ia adalah "dangkal dan tidak meyakinkan". Menurut beberapa pihak Trevor adalah "kejenakaan menggagalkan" dan dibayangi perkembangan karakter Michael dan Franklin.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Misi "By the Book" dari Grand Theft Auto V dikritik karena penggambaran penyiksaan. Dalam misi, Trevor menginterogasi seorang pria bernama Ferdinand Kerimov (disebut Mr K). Hal ini dilakukan untuk karena kabar tentang buronan Azerbaijan yang menimbulkan ancaman bagi FIB (versi game dari FBI). Trevor menggunakan peralatan penyiksaan yang sangat sadis dan menggunakan teknik yang sebenarnya sudah dilarang FBI. Setelah Mr K menyediakan FIB informasi, Trevor diminta untuk membunuhnya, tapi malah mendorong dia ke bandara, memberikan dia kesempatan untuk melarikan diri.