Produser permainan video

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Produser permainan video adalah orang teratas yang bertanggung jawab untuk mengawasi pengembangan permainan video.[1]

171216 용과같이 극2 유저 초청 이벤트 (잠실 롯데시네마) (1).jpg

Jenis produser[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar video dan permainan komputer dikembangkan oleh pengembang pihak ketiga. Dalam kasus ini, mungkin ada produsen eksternal dan internal. Produser eksternal dapat bertindak sebagai "produser eksekutif" dan dipekerjakan oleh penerbit game. Produsen internal bekerja untuk pengembang itu sendiri dan memiliki lebih banyak peran langsung. Namun, beberapa pengembang game mungkin tidak memiliki produsen internal, dan mungkin hanya mengandalkan produsen penerbit.

Untuk produser internal, rekan produser cenderung berspesialisasi dalam bidang keahlian tergantung pada tim yang mereka produksi dan keahlian apa yang mereka miliki. Spesialisasi ini termasuk tetapi tidak terbatas pada: pemrograman, desain, seni, suara, dan kualitas asuransi. Produser normal biasanya adalah manajer proyek dan bertanggung jawab untuk mengirimkan produk ke penerbit tepat waktu dan sesuai anggaran. Seorang produser eksekutif akan mengelola semua produk di perusahaan dan memastikan bahwa permainan berada di jalur yang tepat untuk memenuhi tujuan mereka dan tetap berada dalam tujuan dan arah perusahaan.

Untuk produsen eksternal, tanggung jawab pekerjaan mereka mungkin fokus terutama pada mengawasi beberapa proyek yang sedang dikerjakan oleh sejumlah pengembang. Sambil terus memperbarui kemajuan game yang dikembangkan secara eksternal, mereka memberi tahu manajemen atas penerbit tentang status proyek yang tertunda dan masalah apa pun yang mungkin mereka alami. Jika produser penerbit mengawasi game yang sedang dikembangkan secara internal, peran mereka lebih mirip dengan produser internal dan umumnya hanya akan bekerja pada satu game atau beberapa game kecil.

Karena game telah tumbuh lebih besar dan lebih mahal, produser lini telah menjadi bagian dari beberapa tim. Berdasarkan tradisi pembuatan film, produser lini fokus pada penjadwalan dan penetapan biaya proyek untuk memastikan judul diselesaikan tepat waktu dan sesuai anggaran.

Referensi[sunting | sunting sumber]