Permainan laga-petualangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Permainan laga-petualangan adalah genre permainan video yang menggabungkan elemen inti dari genre permainan laga dan permainan petualangan.

Petualangan aksi adalah genre hibrid, dan dengan demikian definisinya sangat inklusif, sehingga mungkin merupakan genre video game yang paling luas, dan dapat memasukkan banyak game yang mungkin lebih baik dikategorikan dalam genre yang sempit. Biasanya, game petualangan murni memiliki masalah situasional yang harus diselesaikan oleh pemain, dengan sedikit atau tanpa tindakan. Jika ada tindakan, umumnya terbatas pada minigame yang terisolasi. Game aksi murni memiliki gameplay berdasarkan interaksi real-time yang menantang refleks. Oleh karena itu, permainan laga-petualangan melibatkan refleks dan penyelesaian masalah, baik dalam situasi kekerasan maupun non-kekerasan.

Permainan laga-petualangan dapat didefinisikan sebagai permainan dengan campuran elemen dari permainan aksi dan permainan petualangan,[1] terutama elemen-elemen penting seperti teka-teki.[2] Petualangan aksi membutuhkan banyak keterampilan fisik yang sama dengan game aksi, tetapi juga menawarkan alur cerita, banyak karakter, sistem inventaris, dialog, dan fitur-fitur lain dari game petualangan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rollins, A.; Morris, D. (2000). Game Architecture and Design. Coriolis Ed. 
  2. ^ Luban, Pascal (2002-12-06). "Designing and Integrating Puzzles in Action-Adventure Games". Gamasutra. Think Services Game Group. hlm. 1. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 December 2008. Diakses tanggal 2009-02-05.