Niko Bellic

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Niko Bellic adalah karakter fiksi dan protagonis yang dibuat oleh Rockstar North pada 2008 di video game Grand Theft Auto IV, juga menampilkan sebagai karakter pendukung dalam konten episodik yang The Lost dan Damned dan The Ballad of Gay Tony, semua diterbitkan oleh Rockstar Games.

Niko adalah seorang veteran perang yang tidak disebutkan namanya di Eropa Timur yang pindah ke Liberty City untuk mencari sesuatu yang penting, tetapi dengan cepat menjadi terjerat dalam dunia geng, kejahatan, dan korupsi.

Bellic disuarakan oleh Michael Hollick.

Biografi Fiksi[sunting | sunting sumber]

Kebangsaan[sunting | sunting sumber]

Kebangsaan Niko tidak pernah ditentukan dalam permainan, dan telah menjadi subyek perdebatan. Sebelum permainan diluncurkan, diyakini oleh beberapa orang bahwa ia adalah orang Rusia, Kroasia, atau Serbia. Produser eksekutif Dan Houser berbicara tentang masalah ini mengatakan bahwa Niko adalah "dari bagian abu-abu Eropa Timur", menunjukkan bahwa kebangsaan Niko sengaja tidak ditampilan atau penafsiran pemain.

Kehidupan di Liberty City[sunting | sunting sumber]

Setelah tiba di Liberty City dengan kapal Platypus dan disambut oleh Roman Bellic yang bersemangat. Niko cepat menyadari bahwa cerita Roman dan keberhasilan seluruhnya dibesar-besarkan, karena ia benar-benar hidup dalam apartemen kecil dan bukan apartemen mewah yang diceitakannya dan menjalankan depot taksi kecil di daerah Pantai Hove, Broker di Liberty City, sementara itu Roman juga punya utang judi yang membuatnya harus berurusan dengan beberapa penjahat. Niko mengeras masa lalu dan membuktikan bahwa ia berguna untuk sepupunya, karena ia memiliki keterampilan yang diperoleh selama pelatihan militer awal, seperti bertempur, mengemudikan helikopter, menembak, dan renang, yang memberikan Niko keuntungan lebih dari preman jalanan Liberty City. Niko dipaksa untuk melindungi Roman dari rentenir yang terus melecehkan mereka, dan segera memperkenalkan Niko kepada teman dan musuh sama, semuanya menawarkan pekerjaan yang menerima Niko, memberinya akses untuk uang dan kontak yang dapat membantu dia menemukan Florian Cravic yaitu musuh incarannya dalam kota.

Nantinya Niko akan diberikan tugas dan bertemu dengan anggota geng serta penghianat.

Lima tahun kemudian dalam Grand Theft Auto V, nama Niko disebutkan oleh Patrick McReary dan Lester Crest.