Grand Theft Auto 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Grand Theft Auto II
Gta2cover.jpg
Pengembang DMA Design
Tarantula Studios
Penerbit Rockstar Games
Serial Grand Theft Auto
Platform PlayStation, Windows, Dreamcast, Game Boy Color, VMU
Tanggal rilis

PlayStation
October 25, 1999
Windows
1999
Dreamcast
UE 28 Juli 2000

Game Boy Color
UE 10 November 2000
Genre Action
Mode Single player, Multiplayer

Grand Theft Auto 2 (seringkali disebut GTA2) adalah sebuah permainan video yang dirilis pada tanggal 25 Oktober 1999, oleh developer DMA Design (sekarang bernama Rockstar North); yang bisa dimainkan menggunakan Windows dan PlayStation. Permainan ini juga kemudian diprogram untuk dapat dimainkan oleh konsol Dreamcast dan Game Boy Color. Ini adalah sekuel dari Grand Theft Auto yang laris pada tahun 1997. Versi PC dan Dreamcast pada GTA2 diberi rating M atau Dewasa oleh ESRB. Bahasa yang kasar dan kekerasan dikurangi pada versi PlayStation dan Game Boy Color yang nantinya diratingkan T atau Remaja.[1] Rockstar sekarang menawarkan versi PC untuk permainan ini sebagai registerware yang bisa didapatkan di internet.[2] GTA2 adalah sebuah sekuel lanjutan dari Grand Theft Auto dan dilanjutkan oleh sekuel GTA selanjutnya, Grand Theft Auto III.

Setting[sunting | sunting sumber]

GTA 2 tidak memberikan waktu kapan permainan ini dilakukan dan alamatnya hanya dideskripsikan dengan 'anywhere, USA' "[3], tetapi petunjuk manual permainan ini mengatakan bahwa permainan ini dilaksanakan '3 minggu yang akan datang'.[1]; fictional journal entries on the GTA2 website suggest the year to be 2013.[3] Penyiar radio di permainan ini mengindikasikan bahwa permainan ini berlangsung sekitar tahun 2000. Karakter utama di permainan ini bernama Claude Speed.

Kota di permainan ini terbagi menjadi 3 level, atau 'distrik'. Level pertama, 'Downtown' adalah tempat pusat perekonomian yang mempunyai rumah sakit jiwa and universitas. Area kedua, Residential District, berisi penjara kota itu, sebuah trailer park dengan sebuah bar bertema Elvis yang diberi nama "Disgracelands", sebuah pusat perbelanjaan, dan sebuah pembangkit listrik tenaga air. Wilayah ketiga dan terakhir adalah Kawasan Industri; itu memegang sebuah pelabuhan besar besar, sebuah pabrik pengepakan daging, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir dan sebuah kuil Krishna.

Ada total tujuh kelompok kriminal dalam permainan: Zaibatsu, sebuah perusahaan korup, hadir di ketiga wilayah tersebut. Daerah Downtown juga merupakan rumah bagi Loonies, sekelompok orang sakit mental yang telah mengambil alih suaka kota, dan Yakuza. Di area Residential, geng termasuk Ilmuwan SRS dan Redneck, yang tinggal di taman trailer dan berkeliling dengan pickup dengan bendera Konfederasi besar. Kawasan Industri berisi Mafia Rusia dan Hare Krishna. Setiap geng memiliki karakteristik, mobil, dan perilaku khusus mereka sendiri.

Permainan bisa dimainkan dalam dua mode (hanya di versi PC), siang atau senja. Pada siang hari pengaturan pencahayaan terang membuat permainan menjadi jernih untuk dilihat (juga menurunkan overhead grafis pada perangkat keras low-end karena sedikit efek pencahayaannya). Pada petang hari pengaturan permainan lebih gelap, dengan beberapa lampu dinamis dari ledakan dan lampu depan mobil. Versi Dreamcast dari game hanya bisa dimainkan di setting senja hari. Versi permainan PlayStation hanya bisa dimainkan di setting siang hari. Fitur ini diperluas lebih jauh di Grand Theft Auto III dimana siang hari berubah seiring waktu dalam permainan.

Alur permainan[sunting | sunting sumber]

GTA 2 dimainkan di "senja" di versi Windows.

GTA2 mempertahankan sudut pandang overhead GTA , serta formula pencurian mobil / telepon-jawaban yang asli. Pemain memiliki kemampuan untuk menjelajahi kota dengan berjalan kaki atau di berbagai kendaraan. Tujuannya adalah untuk mencapai skor tertentu. Saat mencapai tujuan ini pemain kemudian bisa melanjutkan ke level berikutnya. Melakukan misi memberi penghargaan kepada pemain lebih banyak poin daripada metode lain namun tidak penting untuk menyelesaikan permainan.

Sebuah fitur baru yang diperkenalkan di GTA2 adalah melakukan misi untuk gerombolan terpisah, dimana ada dua geng baru untuk masing-masing dari tiga tingkat permainan, dan satu faksi yang hadir di semua tingkat. Dipekerjakan oleh satu geng dapat menyebabkan ketidakpercayaan dari orang lain (bekerja untuk geng # 1 akan menimbulkan murka geng # 2, bekerja untuk geng # 2 akan menyebabkan permusuhan dengan geng # 3, dan sebagainya ). Dalam 'GTA' yang asli, hanya polisi setempat yang mengejar pemain tersebut. Dalam tim GTA2 , SWAT (4 Cophead) diperkenalkan di Distrik Pusat Kota, Agen Khusus (5 Cophead) diperkenalkan di Distrik Perumahan, dan tentara (6 Cophead) diperkenalkan di Distrik Industri. Jenis penegakan hukum tambahan ini mulai mengejar pemain karena tingkat keinginannya meningkat. Tingkat yang diinginkan ditunjukkan oleh gambar kepala polisi, dan bervariasi antara versi Windows dan PlayStation.

GTA2 memperkenalkan teknik penyelamatan yang lebih baik, tidak seperti GTA1 , yang hanya tersimpan saat menyelesaikan sebuah kota. Jika pemain memasuki gereja dengan uang $ 50.000, sebuah suara mengumumkan "Hallelujah! Another soul saved!". Ini memberi tahu pemain bahwa game telah diselamatkan. Jika pemain tidak memiliki cukup uang, suaranya akan berkata "Damnation! No donation, no salvation!". Pesan ini tidak terdengar di versi PlayStation.

Perbaikan lainnya berkaitan dengan aktivitas kota. Melewati kendaraan dan pejalan kaki bukan lagi bagian kosmetik dari lingkungan, namun sebenarnya berperan dalam gameplay. Terkadang pejalan kaki kadang-kadang masuk dan naik taksi atau bus. Permainan ini terkenal dengan perilaku karakter non-pemainnya. Pejalan kaki, anggota geng dan polisi kadang-kadang terlibat dalam pertarungan, dan ada jagoan lain (sweter hijau) dan perampok (sweter merah dengan lengan putih) di kota.[4]

Permainan ini memperkenalkan 'misi sampingan' seperti menjadi supir taksi, supir bus, dan supir truk semi-bersama dengan mengambil paket 'tersembunyi' (GTA2 Badges) atau Wang Cars (spoof untuk 'wankers'), dan sebuah meter kesehatan. Menjadi taxidriver akan menghasilkan 1 dolar per detik dengan kasar. Saat berdiri diam, penumpang bisa keluar jika mereka mau, dan penghasilannya akan berhenti. Wang Cars hanya muncul di distrik kedua. Mereka tersembunyi dengan baik dan biasanya mewajibkan pemain untuk mengambil lompatan kecepatan tinggi untuk mencapai mobil, beberapa di antaranya diparkir di atas bangunan. Ketika mobil itu masuk, pemain tersebut menelurkan garasi Wang Cars, dengan garagedoor mobil yang terkumpul menyala. Mengumpulkan semua mobil menghasilkan 8 kendaraan bonus yang diparkir di luar garasi. Di antaranya adalah mobil-mobil yang dilengkapi dengan minyak sayur, mesin-mesin mesin yang terintegrasi dan sebuah firetruck, yang hidup sesuai namanya saat watercannonnya diganti dengan penyembur api.

Beberapa senjata di GTA2 menampilkan misi "Kill Frenzy" saat dijemput, dimana seorang pemain memiliki jumlah waktu yang terbatas untuk membunuh sejumlah orang dengan senjata tertentu yang dimuat. Bonus dihargai jika misinya berhasil. Jika seorang pemain menemukan sebuah tank dan masuk, misi "Kill Frenzy" juga dimulai.

Versi PlayStation Grand Theft Auto 2 dilunakkan dari versi PC, dengan kuota yang lebih rendah untuk jumlah pembunuhan yang dibutuhkan dalam misi gaya mengamuk, dan tidak mengandung suara yang bertindak dalam menyimpan antarmuka Port ini juga mencakup fitur di mana mobil pemain akan meledak setelah pemain membunuh sejumlah besar anggota geng. Satu misi juga berubah. Alih-alih pemain yang menipu warga sipil memasuki bus untuk mengantarkan mereka ke pabrik pengolahan daging agar bisa diculik, korbannya adalah anggota geng Hare Krishna.

Seperti halnya dengan aslinya Grand Theft Auto dan GTA London: 1969, pemain menerima bonus untuk menjalankan mobilnya di atas orang-orang tertentu tanpa berhenti atau mengerem. Serangkaian peniru Elvis terkadang terlihat berjalan di jalanan. Kematian mereka diberikan dengan bonus uang yang besar, diikuti dengan kata-kata bercetak tebal "ELVIS HAS LEFT THE BUILDING".

Dukungan multiplayer yang bermasalah dan tidak teroptimalnya, fitur yang tidak dikenal secara luas, ditujukan untuk permainan LAN latensi rendah dari 2 sampai 6 pemain. Mode multiplayer adalah: Deathmatch, Team Deathmatch, Tag, Race. Meski sering kali tidak dapat dimainkan karena lag, dimungkinkan untuk terhubung melalui internet. Klien pihak ketiga yang dibuat oleh GTAMP menyederhanakan proses ini dan membantu menemukan pemain lain.

Ada kereta api dalam tiga versi (PC, PSX, DC), yang bisa ditunggangi para pemain.

Geng[sunting | sunting sumber]

Grand Theft Auto 2 menghadirkan kolam dengan tujuh geng, dengan masing-masing tiga tingkat kota hanya berisi sekelompok tiga geng. Geng Zaibatsu Corporation termasuk di setiap tingkat, dengan dua kelompok lainnya berbeda. Geng-geng tersebut adalah sebagai berikut:

  • Zaibatsu Corporation (simbol: 'Z' kuning) - Mereka muncul di semua area dan merupakan perusahaan yang tampaknya sah yang memproduksi segala sesuatu mulai dari mobil dan senjata hingga obat-obatan, namun di bawah permukaan mereka terlibat dalam narkotika, pembunuhan kontrak dan politik gelap. Mobil mereka, yang disebut Z-Type, adalah mobil geng tercepat kedua yang tersedia. Zaibatsu tampaknya dipimpin oleh setidaknya tiga pemimpin, atau setidaknya memiliki tiga eksekutif melalui siapa mereka mengatur kegiatan kriminal mereka: Trey Welsh di Distrik Komersial, Red Valdez di Distrik Perumahan, dan Uno Carb di Distrik Industri. Para eksekutif menyebut pemain itu sebagai 'Gecko'. Warna geng mereka berwarna hitam. Di semua distrik, wilayah mereka dapat dibedakan dengan spanduk 'Z' merah besar yang tergantung di bangunan yang memiliki simbol geng mereka, Mereka juga memiliki senjata terbaik di semua tingkat. Nama mereka berasal dari zaibatsu, kata Jepang untuk konglomerat.
  • Loonies (simbol: wajah tersenyum) - Mereka hanya muncul di daerah pertama dan mereka cukup gila dan sangat kejam karena semua misi mereka selalu terlibat dalam pembunuhan seseorang, menghancurkan sebuah mobil atau menciptakan ledakan besar. Mobil geng mereka, Demensia, adalah microcar hijau dengan cat yang dilukis di atas dan mungkin dinamai sesuai dengan kegilaan mereka. Bagian kecil rumput mereka ada di sekitar institusi mental kota, yang dinamai "SunnySide" setelah Institusi Mental di Montrose, Skotlandia, dekat Dundee, tempat permainan itu awalnya dibuat. Bos mereka adalah Elmo. Elmo menyebut pemain itu sebagai 'Jumbo'. Mereka menggunakan warna hijau sebagai warna geng mereka.
  • Yakuza (simbol: yen biru '¥') - Mereka juga hanya muncul di area pertama. Mereka membuat obat-obatan pada apa yang disebut J-Lab, J-lab selalu berisiko karena serangan loonies yang terus berlanjut, salah satu "industri" terkuat mereka. Bos mereka adalah Johnny Zoo. Johnny Zoo menyebut pemain itu sebagai 'Kosai'. Deep blue adalah warna geng mereka. Dan mobil mereka adalah tipe-Y (juga dikenal sebagai Miara), jangan dikelirukan dengan Zaibatsu Z-Type. Kantor pusat mereka berada di dekat dermaga di Distrik Komersial, serta J-Lab dan berbagai bangunan milik mereka di dekat dermaga.
  • SRS Scientists (simbol: perisai emas) - Mereka berkantor pusat di Residential District, dan merupakan lembaga penelitian klandestin yang terlibat dalam praktik yang sedikit diragukan. Bisnis mereka berkembang pesat seiring dengan kloning, rekayasa genetik dan robotika. Pemimpin mereka, Dr. LaBrat, adalah orang Islandia, dan semua anggota 'jalanan' mereka tampak sebagai tentara kloning rekayasa genetika. LaBrat mengacu pada pemain sebagai 'THC-303' Mobil geng mereka disebut Meteor dan merupakan mobil geng tercepat yang ada. 'Turf' mereka adalah Scientist Research Center, sebuah kampus yang sangat kompak, steril dan menindas dengan banyak peralatan dan mesin yang kompleks. Warna geng mereka adalah emas pucat.
  • Redneck (simboll: bendera konfederasi) - Dipimpin oleh Billy Bob Bean, mereka muncul di area kedua, adalah penggemar fanatik Elvis Presley, dan mengkhususkan diri pada bahan peledak dan kendaraan. Bisnis mereka adalah pembuatan bir, penjualan dan penjualan moonshine. Mobil mereka adalah truk pick-up yang luas. Wilayah Rednecks adalah taman trailer di barat laut Kawasan Perumahan. Warna geng mereka berwarna biru muda. Billy Bob Bean menyebut pemain itu sebagai 'Rooster'.
  • Russian Mafia (simboll: bintang merah) - Mereka muncul di area ketiga dan mengkhususkan diri dalam kontrak membunuh dan menembak. Mobil mereka adalah Bulwark, station wagon, yang merupakan mobil geng yang paling tahan lama dalam permainan (mampu bertahan dari satu pukulan langsung dari granat berpeluncur roket, granat tangan atau bom molotov, jika mobil dalam kondisi sempurna.) Mereka bisa dilihat di daerah pelabuhan. Jerkov adalah nama atasan mereka. Jerkov menyebut pemain itu sebagai 'Kamerad'. Mereka menggunakan warna merah sebagai geng.
  • Hare Krishna (simbol: bunga oranye) - Mereka muncul di area ketiga dan mobil mereka, Bus Karma, adalah bus cinta besar dengan bunga yang dilukis di atapnya. Rumput Krishna ada di sekitar kuil mereka. Nama bos mereka adalah Sunbeam. Sunbeam mengacu pada pemain sebagai 'Belalang'. Mereka menggunakan warna oranye sebagai geng, dan mereka selalu melakukan konversi. Manual GTA2 menyatakan bahwa kriminalitas mereka sepenuhnya didasarkan pada pencurian dan penghancuran teknologi, karena mereka bosan dilewati oleh mobil tanpa persiapan untuk membela diri (referensi ke Grand Theft Auto pertama, di mana pemain tersebut diberi hadiah untuk menjalankannya).

GTA2: The Movie[sunting | sunting sumber]

Video pembuka permainan disatukan menggunakan rekaman live-action yang diambil dari film pendek berdurasi delapan menit yang dibuat untuk iklan periklanan. Film ini sejak saat itu telah tersedia untuk umum dan dapat diunduh dari situs Rockstar.[5] Claude Speed (karakter protagonis dalam game) dimainkan oleh Scott Maslen dalam film ini. Scott Maslen juga bermain DS Phil Hunter dalam The Bill dan juga bermain Jack Branning dalam opera sabun BBC EastEnders di Britania Raya. Film pendek menunjukkan Claude dibunuh (ditembak oleh "The Cleaner" adalah Assassin Zaibatsu dimainkan oleh Ian McQue) sambil mencoba masuk ke mobil sport). Itu ditembak di tahun 1999 New York City dengan World Trade Center dalam pandangan yang jelas, disamping permainan anonim kota masa depan (Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa dua lokasi fiksi disebutkan dalam film tersebut: "Chernobyl Docks" dan "Disgraceland", yang terakhir menjadi nama distrik yang masuk di GTA2). Film ini menggambarkan warna biru-putih NYPD 1991-1992 Chevrolet Caprice mobil polisi sebagai kendaraan pengejar, sekaligus BMW 5 Series (E39) hitam, dikendarai oleh Claude, yang kemudian dicat putih bersih.

Soundtrack GTA2[sunting | sunting sumber]

Artikel ultama: Soundtrack untuk Grand Theft Auto 2

Setiap area memiliki lima stasiun radio dari sebelas kolam, yang salah satunya didengarkan saat pemutar drive kebanyakan kendaraan dalam permainan. Mengubah stasiun radio untuk preferensi juga dimungkinkan di versi PC Windows dengan menggunakan tombol fungsi "F1" dan juga di versi PlayStation dengan menekan tombol "up" direksional. "Head Radio" hadir di GTA asli, Grand Theft Auto III dan Grand Theft Auto: Liberty City Stories. Setiap geng juga memiliki stasiun radio sendiri yang mentransmisikannya dalam area terbatas. Kendaraan polisi, ambulans, firetruck dan tank tidak memiliki kemampuan untuk mendengarkan saluran radio. Sebagai gantinya, pemain akan mendengar pemancar radio dari layanan darurat.

Soundtrack GTA2 Movie[sunting | sunting sumber]

Soundtrack untuk film GTA2 dicampur oleh Timecode yang juga menyelenggarakan, memproduksi dan mencampur audio di drum dan bass stasiun radio MSX/MSX 98 yang ditampilkan di soundtrack permainan video Grand Theft Auto III dan Grand Theft Auto: Liberty City Stories. Soundtrack terdiri dari artis dari Moving Shadow Records. Sebagian besar musik di film ini ada di Drumfunk Hooliganz. Inilah lagu-lagunya.

  • 01.Successfull Criminals - Music Madness
  • 02.Inter Orbit Communication - Short Wave Café
  • 03.JMJ and Richie - The Score
  • 04.PFM - Cruising Detroid `98
  • 05.Flytronix - Past Archives
  • 06.EZ Rollers - Short Change

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • DI majalah permainan video di Jerman yang bernama PC Player, Grand Theft Auto 2 adalah "Permainan Action Terbaik 1999".
  • Pada Permainan, di Residential Sector, ada dua area kota yang bernama Largo and Stromberg, kemungkinan berasal dari musuh James Bond yang bernama Emilio Largo and Karl Stromberg.

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thed Paddestroy (24 November 2000). "Content toned down from PC to PlayStation version". Diakses tanggal 2007-04-29. 
  2. ^ Stuart Miles (23 December 2004). "Rockstar give away GTA2 for free". Diakses tanggal 2007-04-29. 
  3. ^ a b "Fictional journal created by Rockstar Games". Diakses tanggal 2007-04-29. 
  4. ^ Tal Blevins for IGN (18 November 1999). "Grand Theft Auto 2 review". Diakses tanggal 2007-04-29. 
  5. ^ GTA2 - Movies

External links[sunting | sunting sumber]