Siang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lukisan yang menggambarkan suasana siang hari Mikhail Clodt (1832–1902).

Siang adalah sebagai bagian hari yang terang, yaitu dari matahari terbit hingga matahari terbenam (pagi dan sore termasuk di dalamnya).[1] Siang juga memiliki beberapa pengertian, dalam pengertian sempit, siang adalah waktu di antara pagi dan sore/petang yang menunjukkan pukul 12.00—14.00 [1]

Sementara itu, tengah hari adalah waktu ketika Matahari berada di titik kulminasi atas meridian langit lokal. Yaitu saat Matahari mencapai titik tertinggi yang terlihat di langit, pada pukul 12 siang waktu matahari yang terlihat dan dapat diamati menggunakan jam matahari. Waktu siang lokal atau waktu siang jam matahari bisa berbeda-beda tergantung pada garis bujur dan tanggal.[2]

Tengah hari[sunting | sunting sumber]

Tengah hari adalah momen ketika Matahari berada pada kontak dengan meridian pengamat, mencapai posisi tertingginya di atas cakrawala pada hari itu ("Waktu transit Matahari") dan meninggalkan bayangan terpendek. Hal ini juga merupakan asal dari istilah ante meridiem (a.m.) dan post meridiem (p.m.).

Matahari berada tepat di atas kepala pada tengah hari di khatulistiwa pada saat ekuinoks, di garis balik utara (Tropic of Cancer, 23°26'16" LU) pada saat titik balik matahari bulan Juni, dan di garis balik selatan (Tropic of Capricorn, 23°26'16" LS) pada saat titik balik matahari bulan Desember.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Arti kata siang". Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud. KBBI Daring. Diakses tanggal 15 Agustus 2021. 
  2. ^ "The Sun as an Energy Resource".