Sore

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Suasana Sore hari di Laut Arab

Sore atau petang adalah suatu masa dalam hari setelah berlangsungnya siang.[1] Waktu sore menjadi penghubung antara siang dan malam, sore adalah hari sebelum matahari terbenam, sore adalah hari kepulangan sehingga para pelajar, mahasiswa, pegawai, karyawan dan pegawai lainnya menyudahi aktivitasnya pada waktu sore untuk menemui malam yang digunakan untuk istirahat. Pukul 15:00 adalah siang menjelang sore.

Untuk wilayah geografis yang mengalami iklim tropis, sore biasanya berada di antara pukul 15:00 sampai pukul 18:00 saat matahari mulai pudar sinarnya, periode sore di wilayah yang mengalami empat musim dapat menjadi lebih lama atau lebih cepat tergantung pada keadaan di wilayah sekitar. Beberapa orang mengatakan sore sama dengan waktu asar, yaitu dari saat selesainya zuhur (panjang bayang-bayang benda melebihi panjang benda itu sendiri) hingga menjelang magrib (diawali ketika terbenamnya Matahari). Matahari Terbenam di sini berarti seluruh "piringan" Matahari telah "masuk" di bawah horizon (cakrawala), pukul 18:00 adalah sore menjelang malam (magrib) setelah matahari terbenam di sebelah barat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat tahun 2008. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/petang