Kulminasi (astronomi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kulminasi dalam pengamatan astronomi adalah waktu transit instan dari sebuah benda langit (matahari, bulan, planet, bintang, rasi bintang atau benda langit jauh) yang melintasi meridian lokal pengamat. Peristiwa ini juga dikenal sebagai 'transit meridian' , digunakan untuk pengaturan waktu serta navigasi, dan diukur secara tepat dengan menggunakan teleskop transit.

Setiap hari, setiap benda langit tampak bergerak di sepanjang jalur melingkar pada bola langit karena adanya rotasi bumi yang menciptakan dua momen ketika melintasi meridian.[1][2] Kecuali di kutub geografis, setiap benda langit yang melewati meridian memiliki kulminasi atas, ketika mencapai titik tertinggi di atas cakrawala, dan hampir dua belas jam kemudian, diikuti oleh kulminasi bawah, ketika mencapai titik terendahnya. Waktu kulminasi (ketika benda langit memuncak) sering diartikan sebagai kulminasi atas.[1][2][3]

Ketinggian sebuah benda langit (A) dalam derajat pada kulminasi atasnya sama dengan 90 dikurangi oleh garis lintang pengamat (L) dan ditambah dengan deklinasi benda langit tersebut (δ), atau ditulis: A = 90° − L + δ.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Bakich, Michael E. (1995). The Cambridge Guide to the ConstellationsPerlu mendaftar (gratis). Cambridge University Press. hlm. 8. ISBN 0521449219. 
  2. ^ a b Daintith, John; Gould, William (2009). "Culmination". The Facts on File Dictionary of Astronomy. Infobase Publishing. hlm. 110. ISBN 1438109326. 
  3. ^ Mackenzie, William (1879–81). "Meridian". The National Enyclopaedia. 8 (edisi ke-library). London, Edinburgh, and Glasgow: Ludgate Hill, E.C. hlm. 993.