Funk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Funk adalah genre musik yang berasal dari komunitas Afrika-Amerika pada pertengahan 1960-an ketika musisi menciptakan bentuk musik baru yang berirama dan dapat menari melalui campuran soul, jazz, dan ritme dan blues (R&B).[2] Ini tidak menekankan progresi melodi dan akord dan berfokus pada alur berirama yang kuat dari bassline yang dimainkan oleh bassis elektrik dan bagian drum yang dimainkan oleh perkusi, seringkali dengan tempo yang lebih lambat daripada musik populer lainnya. Funk biasanya terdiri dari alur perkusi yang kompleks dengan instrumen ritme yang memainkan alur yang saling terkait yang menciptakan nuansa "hipnotis" dan "dapat menari".[3] Funk menggunakan akord diperpanjang kaya warna yang sama ditemukan di jazz bebop, seperti akord minor dengan tambahan ketujuh dan kesebelas, atau akord ketujuh dominan dengan kesembilan dan ketiga belas diubah.

Funk berasal dari pertengahan 1960-an, dengan pengembangan James Brown dari alur khas yang menekankan pada nada yang suram—dengan penekanan berat pada ketukan pertama dari setiap ukuran ("The One"), dan penerapan nada ke-16 yang diayunkan dan sinkopasi pada semua bassline. , pola drum, dan riff gitar[4]—serta musisi rock dan psychedelia yang dipengaruhi Sly and the Family Stone dan Jimi Hendrix, mendorong improvisasi dalam funk.[5] Grup musik lainnya, termasuk Kool and the Gang,[6] Earth, Wind & Fire, Chic, B.T. Express, Loose Ends, Shalamar, The S.O.S. Band, Slave, The Whispers, Cameo, dan Bar-Kays mulai mengadopsi dan mengembangkan inovasi Brown selama tahun 1970-an dan menambahkan esensi R&B ke genre dari awal 1970-an, sementara yang lain seperti Parliament-Funkadelic dan Ohio Players mengikuti jalan Hendrix.

Turunan funk termasuk avant-funk, jenis avant-garde dari funk; boogie, campuran musik elektronik dan funk; funk metal, campuran funk dan metal; G-funk, campuran gangsta rap dan funk; Timba, suatu bentuk musik dansa Kuba yang funky; dan selai funk. Ini juga merupakan pengaruh utama Washington go-go, sub-genre funk.[7] Sampel funk dan breakbeats telah digunakan secara luas dalam musik dansa hip hop dan elektronik.

Penyanyi funk yang terkenal[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Presence and pleasure: the funk grooves of James Brown and Parliament, p.3
  2. ^ Vincent, Rickey. "Funk". Encyclopedia Britannica, 26 Aug. 2020, https://www.britannica.com/art/funk. Accessed 29 April 2021.
  3. ^ Stewart, Dave (July 2015). "Top Brass: Part 2 Arranging For Brass". soundonsound.com. Sound on Sound. Diakses tanggal 18 April 2019. 
  4. ^ Slutsky, Allan, Chuck Silverman (1997). The Funkmasters-the Great James Brown Rhythm Sections. ISBN 1-57623-443-6
  5. ^ Explore: "Funk." Rhythmne. Retrieved 2020-09-16.
  6. ^ "KOOL & THE GANG". njhalloffame.org. New Jersey Hall of Fame. June 26, 2015. 
  7. ^ Vincent, Rickey (1996). Funk: The Music, the People, and the Rhythm of the One. New York: St. Martin's Press. hlm. 293–297. ISBN 978-0-312-13499-0.