Rhythm section

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Foto Atlanta Rhythm Section pada tahun 1972 ini memperlihatkan instrumen rhythm section pada rock: gitar, piano, drum dan gitar bas.

Rhythm section (juga disebut sebagai band pengiring) adalah sekelompok musisi dalam sebuah musik ansambel atau band yang menyediakan iringan ritme, harmoni dan beat (pulse), dan juga memberikan petunjuk ritmis, harmonis, dan beat sebagai tumpuan band. Rhythm section sering dikontraskan dengan peran musisi lain, seperti misalnya gitaris utama atau vokalis utama yang bertugas membawakan melodi.

Elemen inti dari rhythm section umumnya adalah drumset dan bas. Drum dan bas memberikan beat dasar dan groove dari sebuah lagu. Rhythm section ini ditambah oleh instrumen lain seperti instrumen kibor dan gitar yang digunakan untuk memainkan progresi akor yang menjadi dasar pada sebuah lagu. Instrumen bas (baik kontrabas atau gitar bas, atau instrumen register rendah lainnya yang tergantung pada grup dan gaya musiknya, misalnya synth bass) memainkan bassline bernada rendah yang mendukung progresi akor, biasanya dengan memainkan bassline yang menarik yang cocok dengan harmoni.

Istilah ini umum di musik ansambel kecil modern, seperti misalnya band-band yang memainkan lagu jazz, [1] country, blues, dan rock.

  1. ^ Randel, Don Michael (1999). "Rhythm section" in The Harvard Concise Dictionary of Music and Musicians; p. 560. ISBN 0-674-00978-9