Atlanta Rhythm Section

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Atlanta Rhythm Section
Atlanta Rhythm Section pada tahun 1977. Dari kiri ke kanan: J.R. Cobb, Ronnie Hammond, Barry Bailey, Paul Goddard, Robert Nix, Dean Daughtry.
Atlanta Rhythm Section pada tahun 1977. Dari kiri ke kanan: J.R. Cobb, Ronnie Hammond, Barry Bailey, Paul Goddard, Robert Nix, Dean Daughtry.
Informasi latar belakang
AsalDoraville, Georgia, Amerika Serikat
Genre soft rock
Tahun aktif1971 (1971)–sekarang
Label
Artis terkait
Situs webatlantarhythmsection.com
Anggota
  • Dean Daughtry
  • Rodney Justo
  • Steve Stone
  • Justin Senker
  • David Anderson
  • Rodger Stephan
Mantan anggota

Atlanta Rhythm Section (atau ARS) adalah band Southern rock Amerika, dibentuk pada tahun 1971 oleh Rodney Justo (penyanyi), Barry Bailey (gitar), Paul Goddard (bas), Dean Daughtry (kibor), Robert Nix (drum) dan James B. Cobb, Jr. (gitar).[2] Formasi band saat ini terdiri dari Daughtry dan Justo, bersama dengan gitaris David Anderson dan Steve Stone, bassis Justin Senker dan drummer Rodger Stephan.

Karier awal[sunting | sunting sumber]

Pada musim semi tahun 1970, tiga mantan anggota the Candymen (Rodney Justo, Dean Daughtry, dan Robert Nix) dan the Classics IV (Daughtry dan James B. Cobb, Jr.) menjadi band sesi untuk studio rekaman Studio One yang baru dibuka di Doraville, Georgia, dekat Atlanta.[3]

Setelah bermain di rekaman artis lain, Atlanta Rhythm Section dibentuk pada tahun 1971, dengan Rodney Justo (penyanyi), Barry Bailey (gitar), Paul Goddard (bas), Dean Daughtry (kibor), Robert Nix (drum) dan James (J. R.) Cobb (gitar).[2] Bailey dan Goddard telah bermain bersama dalam beberapa grup dan, seperti the Candymen, juga mendukung Roy Orbison. Nama grup itu dipikirkan oleh pemilik Studio One, Buddy Buie dan dua rekannya di perusahaan itu, Cobb dan Bill Lowery.

Ditandatangani oleh Decca Records, band ini merilis album pertama mereka, Atlanta Rhythm Section, pada bulan Januari 1972.[2] Karena kesuksesan komersial terbatas dari rekaman tersebut, Justo keluar dari band,[2] pindah ke New York City sebagai penyanyi sesi. Ia digantikan oleh Ronnie Hammond,[2] asisten insinyur Studio One, Rodney Mills. Mills juga kemudian bekerja sebagai road manager dan sound man band dan Buie, juga manajer dan produser band serta pemilik bersama di Studio One, terdaftar pertama di hampir semua kredit penulisan lagu mereka. Dengan Hammond di papan, rilis kedua karya band tersebut, Back Up Against the Wall (Februari 1973), juga gagal terjual dan Decca membuang ARS dari daftar mereka.[2]

Manajer Buie, Jeff Franklin, yang bermarkas di New York dan membuat kesepakatan dengan Decca, kemudian dapat membuat ARS ditandatangani ke Polydor untuk rilis ketiga mereka, Third Annual Pipe Dream, pada bulan Agustus 1974.[2] Sebagai terima kasih yang spesial kepada Bailey, Daughtry, dan Goddard, karena tampil di album perintis Christian Rock tahun 1970, Mylon, We Believe, Mylon LeFevre tampil di salah satu trek dari album Pipe Dream, "Jesus Hearted People" (Buie, Bailey, Goddard, Daughtry, dan Rodney Mills, semua adalah pemain reguler di Master Sound dan studio milik LeFevre, LeFevre Sound, sebelum mereka membangun Studio One). Pipe Dream menghasilkan single hits pertama karya band tersebut, "Doraville", yang memuncak di posisi ke-35 dan menarik album itu ke posisi ke-74 di Billboard Top 200 pada bulan November 1974.[2]

Dua rilisan berikutnya karya band tersebut, Dog Days (Agustus 1975) dan Red Tape (April 1976), terjual dalam jumlah yang bahkan lebih sedikit,[2] tetapi ARS melakukan tur secara ekstensif pada tahun 1975-1976, dengan berbagai pertunjukan di Selatan, Timur Laut dan Midwest. Pada tanggal 18 Juli 1975, band ini tampil dengan Atlanta Symphony Orchestra selama pertunjukan di luar ruangan di Atlanta di Chastain Park. Dan pada bulan Agustus tahun yang sama, mereka membuka untuk The Who di Gator Bowl di Jacksonville, Florida dan The Rolling Stones di the Municipal Auditorium di West Palm Beach, Florida.

Era hits[sunting | sunting sumber]

Peningkatan popularitas terbayar seperti album berikutnya karya grup tersebut, A Rock and Roll Alternative (Desember 1976),[2] naik ke posisi ke-13 di tangga musik Billboard dan disertifikasi emas pada musim semi tahun 1977. Singel debut dari rekaman itu, "So in to You", memuncak di posisi ke-7 pada tanggal 30 April.[2]

Pada tanggal 4 September 1977 ARS memainkan pertunjukan terbesar mereka, Dog Day Rockfest, di Grant Field di kampus Georgia Tech di Atlanta. Heart dan Foreigner menjadi pembuka dan Bob Seger and the Silver Bullet Band menjadi co-headline dengan ARS.

Pada bulan Januari 1978, ARS merilis apa yang akan menjadi album tersuksesnya, Champagne Jam,[2] yang mengarah dengan lagu "Large Time", sebuah penghargaan kepada Lynyrd Skynyrd, beberapa di antaranya telah kehilangan nyawa mereka dalam kecelakaan pesawat Oktober sebelumnya. Champagne Jam menjadi album terlaris mereka, menjual lebih dari satu juta kopi dan bersertifikat platinum. Album ini memberikan dua hit lagi untuk band tersebut, "Imaginary Lover" (# 7)[2] dan "I'm Not Gonna Let It Bother Me Tonight" (# 14).

Pada tanggal 24 Juni 1978, band itu termasuk Genesis, Jefferson Starship, Tom Petty and the Heartbreakers, Brand X, Devo, dan Roy Harper muncul di Knebworth Festival di Knebworth, Inggris, di hadapan kerumunan 60.000 orang. Pada tanggal 1 Juli 1978, mereka bermain di hadapan lebih dari 80.000 orang di Texxas Jam di Cotton Bowl di Dallas, Texas bersama Walter Egan, Van Halen, Eddie Money, Head East, Journey, Heart, Ted Nugent, Aerosmith, Rush Mahogany, dan Cheech & Chong. Pada tanggal 26 Agustus 1978, itu adalah Canada Jam di Mosport Park di Bowmanville, Ontario, Kanada, di hadapan audiensi terbesar mereka (lebih dari 110.000 orang) dengan The Doobie Brothers dan the Commodores, di antara yang lainnya. Minggu berikutnya, ARS mengadakan festival rock sendiri, Champagne Jam, di Grant Field di Georgia Tech pada tanggal 3 September 1978, yang juga termasuk Santana, The Doobie Brothers, Eddie Money, Mose Jones, dan Mother's Finest.

Tiga minggu kemudian, mereka muncul di halaman Gedung Putih atas undangan Presiden Jimmy Carter untuk pesta ulang tahun putranya, Chip, yang ke-28. Band ini sebelumnya bertemu Carter ketika dia masih menjadi gubernur Georgia selama siaran pers untuk album ketiga mereka dan telah berkampanye untuknya pada tahun 1976 selama pencalonannya sebagai presiden.

Album Atlanta Rhythm Section kedelapan, Underdog, dirilis pada bulan Juni 1979 dan menghasilkan 20 hit Top "Do It or Die" (# 19) dan "Spooky" (# 17), semacam pembuatan ulang dari hits Classics IV tahun 1968.

Awal tahun 1979, drummer Robert Nix, penulis lirik utama grup tersebut, berselisih dengan manajer/produser, Buie, karena arah musik grup itu. Nix ingin bergerak ke arah yang lebih goyang sementara Buie puas dengan pendekatan mereka saat ini, yang menggabungkan dengan balada yang lebih mellow. Ketidakpuasan band dengan "pilihan gaya hidup" Nix yang berlebihan menyegel nasibnya dan ia digantikan oleh Roy Yeager, yang sebelumnya bermain untuk Lobo.[2]

Champagne Jam II pada tanggal 7 Juli 1979 di Georgia Tech menampilkan ARS, Aerosmith, The Cars, Dixie Dregs, dan Whiteface. Pada bulan Oktober, penampilan langsung ARS dari Studio One dirilis sebagai set live ganda, Are You Ready. Selain hits grup dan lagu-lagu populer hingga saat itu, album ini juga berisi favorit penggemar, "Another Man's Woman".

Penurunan popularitas band dan kepergian anggota[sunting | sunting sumber]

Pada Agustus 1980 ARS melakukan tiga konser di Jepang bersama Cheap Trick dan artis lainnya sebagai bagian dari Japan Jam 2.[4]

The Boys from Doraville (Agustus 1980) menunjukkan penurunan tajam dalam penjualan untuk grup tersebut ketika pemrogram radio mulai mengalihkan perhatian mereka dari Southern rock ke genre rock lainnya, seperti New Wave. Album ini tidak menyediakan singel hits dan merupakan yang terakhir bagi Polydor. Alasan lain untuk penurunan penjualan mungkin karena kepergian advokat mereka, Arnie Geller, dari Polydor pada tahun 1977 untuk membentuk the Buie/Gellar Organization dan BGO Records dengan Buddy Buie. Akibatnya, kelompok itu meninggalkan Polydor, yang menyebabkan pelanggaran gugatan kontrak dari perusahaan tersebut yang kemudian diselesaikan demi kepentingan band.

Bruce Lundvall menawarkan kesepakatan yang lebih baik di Columbia Records (CBS), yang merilis album ARS berikutnya, Quinella, pada bulan Agustus 1981, berisi hit "Alien" (# 29) tetapi, seperti The Boys From Doraville, album Quinella juga berjuang dengan penjualan.

Pada tahun 1982, ARS mengerjakan album kedua untuk CBS, yang bertajuk Longing For A Feeling. Sebelum selesai, CBS ingin band tersebut untuk menjatuhkan beberapa lagu dan merekam lebih banyak. Buie dan band itu menolak, albumnya ditangguhkan, dan CBS membatalkan kontraknya dengan ARS.[5] Pada akhir tahun 1982, penyanyi Ronnie Hammond memutuskan untuk meninggalkan ARS untuk karier solo, bergabung dengan Buie (yang berhenti mengelola ARS), meskipun pekerjaan mereka dengan musisi Alabama tidak pernah menghasilkan rilis komersial. Setelah membeli mitra-mitranya, Buie terus menjalankan Studio One hingga 1986 ketika ia menjualnya ke Universitas Negeri Georgia. Sayangnya, biaya menjalankan studio terlalu tinggi dan ditutup pada tahun 1989. Buie meninggal dunia pada usia 74 tahun pada tanggal 18 Juli 2015.

Drummer Roy Yeager tertimpa pohon tumbang ketika band sedang melakukan tur di Daytona Beach pada tahun 1982 dan menderita patah kaki yang parah. Salah satu kru band, Danny Biget, mengambil alih drum, dan ARS membujuk Rodney Justo untuk kembali melakukan beberapa pertunjukan pada awal tahun 1983. Justo telah pindah dari penyanyi sesi menjadi penyanyi utama lagi pada pertengahan tahun 1970-an dengan sebuah kelompok dari Georgia disebut Beaverteeth. Dia kemudian meninggalkan industri musik selama beberapa tahun.

Selama 1983–1984, kelompok itu pergi ke Nashville dan mencoba bekerja dengan mantan rekan kerja Buddy Buie, Chips Moman, produser yang lebih berorientasi country, pada label rekaman baru yang disebut Triad, bersama dengan produser Buddy Killen dan mantan kepala Capricorn Records, Phil Walden. Tetapi hasilnya lambat untuk datang dan, tidak puas dengan arah ini, bassis Paul Goddard dan drummer Biget pergi untuk bekerja dengan produser Inggris Eddy Offord di band lain dengan mantan kibordis Dixie Dregs, T Lavitz, dan gitaris Pat Buchanan, yang disebut Interpol, yang lebih mengarah ke rock progresif; Sayangnya, Interpol tidak pernah turun dari tanah. Proyek Chips Moman Nashville, yang diberi nama sementara Hardball, selesai tetapi album tersebut, seperti upaya mereka sebelumnya untuk CBS, belum pernah dirilis.

Dua anggota baru, Tommy Stribling (bas) dan Keith Hamrick (drum), bergabung pada akhir tahun 1983 dan ARS, sekarang tanpa kontrak rekaman, terus memainkan pertunjukan, kebanyakan di Selatan. Penduduk asli Greenville, Carolina Selatan, Andy Anderson, yang telah bermain dengan Billy Joe Royal, direkomendasikan oleh temannya, Hamrick, pada tahun 1984 sebagai pemain depan baru dan bernyanyi di proyek Moman yang belum dirilis setelah Justo dilepaskan.

Pada tahun 1985, kelompok ini mencoba penyanyi baru, Jeff Logan, yang sebelumnya muncul dengan band bernama High Cotton. Tapi suara Logan yang lebih tinggi tidak cocok dengan gaya musik band dan Anderson segera kembali sebagai vokalis. Bassis Stribling kemudian pergi pada bulan Februari 1986, menyerahkannya kepada Steve Stone.

Pada akhir tahun 1986, J. R. Cobb pergi untuk lebih berkonsentrasi pada penulisan lagu dan sesi pekerjaan di studio baru milik Moman di Memphis (untuk The Highway Men, antara lain) dan Stribling kembali untuk bermain gitar. Pergantian personil berlanjut ketika Hamrick juga berangkat pada akhir tahun 1986 dan digantikan oleh Sean Burke (yang bergabung pada awal tahun 1987). Vokalis baru lainnya, Shaun Williamson, masuk pada tahun 1987. Pada tahun 1988, Williamson, Stribling dan Stone semuanya dilepaskan ketika Bailey dan Daughtry berusaha mengubah band dengan membawa kembali Ronnie Hammond.

Kembalinya Ronnie Hammond[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1988, Hammond, Bailey, dan Daughtry, kembali ke studio bersama Sean Burke dan dua pemain baru, Brendan O'Brien (gitar) dan J. E. Garnett (bas), untuk menghasilkan album baru dengan Buddy Buie dan Rodney Mills yang punya lebih dari "Suara Rock 80-an".

Dirilis pada bulan Oktober 1989 pada label anak perusahaan CBS/Epic Imagine, Truth in a Structured Form, album pertama ARS dalam delapan tahun, menampilkan suara drum yang keras yang menggerakkan hampir setiap lagu dan sebuah kilau yang lebih tajam dan lebih disintesis sepanjang lagu, dengan semua, kecuali satu, ditulis oleh Buddy Buie dan Ronnie Hammond, satu lagi keberangkatan dari pendekatan mereka sebelumnya. O'Brien, yang merupakan kordinator produser sekaligus gitaris di album itu, diundang untuk pergi bersama band tetapi dia menolak, lebih memilih untuk melanjutkan kariernya di sesi kerja (hari ini dia adalah produser yang banyak diminati, bekerja dengan Bob Dylan, Pearl Jam, dan Bruce Springsteen).

Steve Stone kemudian kembali, sebagai gitaris kali ini. Tetapi penjualan album untuk Truth tertinggal dan ada kekosongan lain dalam pekerjaan rekaman mereka ketika band tersebut melanjutkan tur, dengan temannya Burke, Justin Senker, menggantikan Garnett pada bas pada bulan Mei 1992 (setelah menundukkan pertunjukan untuknya akhir tahun sebelumnya di Louisville, Kentucky) dan R. J. Vealey mengambil alih kursi drum dari Burke pada tahun 1995 setelah yang terakhir mengalami cedera kaki.

Pada tahun 1995, grup ini kembali ke studio, kali ini untuk merekam ulang beberapa lagu klasik mereka. Koleksi baru ini direkam di Carolina Selatan dan suara live-in-studio yang dihasilkan dari Atlanta Rhythm Section '96 (dirilis pada CMC International pada bulan April 1996) menyajikan pengambilan yang berbeda, kurang dipoles pada beberapa lagu klasik mereka dan menangkap suara pertunjukan langsung mereka dari periode itu. Itu juga sekitar waktu ini bahwa ARS terpilih ke Georgia Music Hall of Fame. Band tersebut, bergabung dengan anggota "era klasik", Cobb, Nix, dan Goddard, mendapat kehormatan di upacara induksi pada bulan September 1996 di Georgia World Congress Center.

ARS kemudian merekam Partly Plugged, yang dirilis pada bulan Januari 1997 pada label independen, Southern Tracks. Ini menampilkan beberapa lagu baru dan lebih banyak pembuatan ulang dari beberapa lagu klasik.

Album kelima belas karya band tersebut, Eufaula, dirilis pada bulan Februari 1999 tetapi masalah terjadi segera setelah label rekaman, Platinum Entertainment, menghadapi masalah keuangan dan tidak dapat mendukung album itu sebagaimana dimaksudkan.

ARS terus melakukan tur secara terbatas. Tetapi, pada tanggal 13 November 1999, tragedi melanda. Setelah band tersebut selesai pada suatu sore di sebuah festival konser di Orlando, Florida, drummer berusia 37 tahun, R. J. Vealey, mengeluh gangguan pencernaan dan kemudian pingsan dan meninggal dunia karena serangan jantung. "Itu sangat tiba-tiba, sangat mengejutkan," kata gitaris Barry Bailey. "Dia adalah drummer hebat, drummer terbaik yang pernah dimiliki band ini." ARS kemudian melanjutkan sampai merekrut drummer baru, Jim Keeling.

Perubahan anggota di kemudian hari[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 1999, dengan Hammond dirawat di rumah sakit, Andy Anderson kembali ke depan band sampai Hammond cukup sehat untuk kembali. Anderson akan kembali lagi pada Mei 2000 untuk menggantikan pertunjukan lain untuk Ronnie. Pada tahun 2001, Anderson kembali lagi setelah Ronnie memutuskan untuk manggung bersama grup lain, Voices of Classic Rock. Ronnie kemudian meninggalkan tur sama sekali untuk fokus pada keluarga dan penulisan lagu. Hammond meninggal dunia pada tanggal 14 Maret 2011, di Forsyth, Georgia, pada usia 60 tahun karena gagal jantung.

Pada awal tahun 2006, Barry Bailey, menderita multiple sclerosis, pensiun dari kelompok tersebut untuk merawat istrinya, yang menderita kanker (yang merenggut nyawanya pada tanggal 6 Juli 2006). Steve Stone memainkan sebagian besar keunggulan dari titik ini dan teman lama Andy Anderson Billy Joe Royal dan teman main golf, Alan Accardi, dimasukkan sebagai gitaris kedua. Alan, seorang veteran Nashville, akan tinggal bersama band selama lebih dari setahun tetapi jelas bahwa seorang pemain dengan lebih banyak suara rock diperlukan, jadi seorang teman Jim Keeling, penduduk asli Huntsville, Alabama David Anderson, dari band Brother Cane, didatangkan sebagai gitaris baru pada bulan April 2007.

Pada tanggal 26 Maret 2008, penyanyi Andy Anderson menderita serangan jantung tepat sebelum ia naik pesawat ke Las Vegas. Teman Andy, Steve Croson (yang telah bermain bersamanya selama bertahun-tahun di band Billy Joe Royal), tinggal di Vegas dan dapat turun tangan dalam waktu singkat. Pada bulan April dan Mei, penyanyi asli, Rodney Justo, kembali, bergabung dengan penyanyi ARS era 1987-88, Shaun Williamson, sampai Andy cukup sehat untuk kembali pada bulan Mei.

Kembalinya Paul Goddard dan Rodney Justo[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Mei 2011, Rodney Justo dan bassis asli Paul Goddard kembali setelah absen 28 tahun. Masa jabatan Paul yang kedua dengan band itu berumur pendek saat ia meninggal dunia karena kanker pada tanggal 29 April 2014.

Setelah kematian Paul, ARS terus bermain pertunjukan dengan jajaran: Rodney Justo, Dean Daughtry, Steve Stone, Dave Anderson, Justin Senker, dan Jim Keeling. Keeling, yang meninggalkan ARS untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya, digantikan pada bulan Maret 2016 oleh teman Justo, Rodger Stephan (yang juga bermain drum dengan Marty Balin).[4]

Selama musim semi tahun 2017, pemain kibor Atlanta, Lee Shealey, dibawa ke pemain pengganti untuk Dean Daughtry, yang pergelangan tangannya patah. Dan dari bulan Agustus hingga Oktober tahun yang sama, penyanyi Andy Anderson kembali ke band lagi untuk menggantikan Justo, yang baru pulih dari operasi balik.[4]

Hari ini[sunting | sunting sumber]

Band ini masih tur, kebanyakan bermain festival dan konser bertema nostalgia.

Album terbaru mereka dengan rekaman baru, With All Due Respect (Mei 2011), sebagian besar mencakup lagu-lagu artis lain (Lynyrd Skynyrd, Allman Brothers, dll.) Bersamaan dengan rekaman ulang lagu-lagu ARS klasik, yang dilakukan di Southern Tracks Studios dengan insinyur lama, Rodney Mills. Album ini juga menampilkan penampilan tamu oleh Rodney Justo dan Paul Goddard, tepat sebelum mereka bergabung kembali dengan grup tersebut, dan Ronnie Hammond, dalam penampilan terakhirnya yang direkam.

From The Vaults (Mei 2012), dirilis pada label Fuel, adalah koleksi CD ganda dari lagu-lagu yang belum dirilis baik studio maupun live dan bahkan menampilkan beberapa pertunjukan Candymen sebelum era ARS.[4]

Kematian mantan anggota[sunting | sunting sumber]

  • R. J. Vealey meninggal dunia pada tanggal 13 November 1999, karena serangan jantung pada usia 37 tahun.[6]
  • Ronnie Hammond (lahir Ronald William Hammond pada tanggal 10 November 1950) meninggal dunia pada tanggal 14 Maret 2011 di Forsyth, Georgia, pada usia 60 tahun karena gagal jantung.[7][8]
  • Robert Nix (lahir Robert Lafayette Nix pada tanggal 8 November 1944 di Blakely, Georgia) meninggal dunia pada tanggal 20 Mei 2012, pada usia 67 tahun. Dia menderita diabetes dan multiple myeloma, dan meninggal di Baptist Memorial Hospital di Memphis, Tennessee karena komplikasi berikut operasi bulan sebelumnya.
  • Paul Goddard meninggal dunia karena kanker pada tanggal 29 April 2014 pada usia 68 tahun.[9][10]
  • Buddy Buie, manajer dan produser band yang menerima kredit penulisan lagu di semua album mereka, meninggal dunia pada usia 74 tahun pada tanggal 18 Juli 2015.[11]
  • J.R. Cobb meninggal dunia karena serangan jantung pada tanggal 4 Mei 2019. Dia berusia 75 tahun.[12]

Anggota band[sunting | sunting sumber]

Anggota saat ini
  • Dean Daughtry – kibor, vokal latar belakang (1971–2019)
  • Rodney Justo – vokal (1971–1972, 1983, April 2008, 2011–sekarang)
  • Steve Stone – bas, vokal latar belakang (1986–1988), gitar (utama dari tahun 2006–sekarang), harmonika, vokal latar belakang (1988–sekarang)
  • Justin Senker – bas (1992–2011, Juni 2014–sekarang)
  • David Anderson – gitar, vokal latar belakang (April 2007–sekarang)
  • Rodger Stephan – drum, vokal latar belakang (Maret 2016–sekarang)

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Prato, Greg. "Atlanta Rhythm Section – Artist Biography". AllMusic. Diakses tanggal 17 April 2020. 
  2. ^ a b c d e f g h i j k l m n Colin Larkin, ed. (1997). The Virgin Encyclopedia of Popular Music. Virgin Books. hlm. 63. ISBN 1-85227-745-9. 
  3. ^ "The Atlanta Rhythm Section - History". atlantarhythmsection.com. Diakses tanggal 17 April 2020. 
  4. ^ a b c d Moseley, Willie G. (2018). The Atlanta Rhythm Section: The Authorized History. Schiffer Books. 
  5. ^ "Atlanta Rhythm Section – Quinella". Proper Music. Diakses tanggal 17 April 2020. 
  6. ^ Moore, Roger (16 November 1999). "Drummer Played Until The End". Orlando Sentinel. Diakses tanggal 17 April 2020. 
  7. ^ Kovac Jr., Joe (15 Maret 2011). "Heart failure claims life of Ronnie Hammond, former ARS lead singer". The Telegraph. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 April 2015. Diakses tanggal 17 April 2020. 
  8. ^ "Ronnie Hammond (1950 - 2011) - Find A Grave Memorial". Findagrave.com. Diakses tanggal 17 April 2020. 
  9. ^ Atlanta Rhythm Section Bassist Paul Goddard Dies at 68 hollywoodreporter.com. Diakses tanggal 17 April 2020
  10. ^ Paul Goddard, Bass Player With Atlanta Rhythm Section, Dies at 68 billboard.com. Diakses tanggal 17 April 2020
  11. ^ Weber, Bruce (20 Juli 2015). "Buddy Buie, Producer and Hit-Making Songwriter, Dies at 74" – via NYTimes.com. 
  12. ^ Ruggieri, Melissa. "Atlanta Rhythm Section founding member J.R. Cobb dies". Ajc.com. Diakses tanggal 17 April 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]