Drumset

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Drumset adalah kumpulan alat musik pukul yang sangat penting dalam perkembangan musik modern. Sebuah drumset biasanya terdiri dari 3 macam perangkat yang digabung menjadi satu kesatuan. Yaitu:

  • Drum, bagian yang berupa; snare drum, bass drum, tom-tom, floor tom, dll.
  • Simbal, bagian yang berupa; hi-hat, ride cymbal, crash cymbal, chinese, splash, dll.
  • Perangkat keras, berupa komponen; cymbal, tiang dan pedal hi-hat, pedal bass/kick, bangku/stool, dll.

Namun ada juga drummer yang menambah perangkat lain seperti tambahan bass drum, roto tom, jam-block, octoban, conga, cowbell, dan macam-macam perkusi lain untuk memperkaya permainannya.

Secara terpisah, semua perangkat drum tadi sudah dipakai beratus-ratus tahun yang lalu. Umumnya dipakai di dalam upacara kemiliteran, keagamaan ataupun kegiatan yang berhubungan dengan hiburan lainnya, dimainkan secara ensembel (kolektif) seperti di dalam sebuah drum band/marching band, atau pun dimainkan secara perseorangan.

Pada tahun 1880-an, di Amerika Utara berkembang jenis pertunjukan yang menggabungkan drama, musik, tari, sulap, komedi, dan bahkan penampilan binatang-binatang yang terlatih. Biasanya pertunjukan-pertunjukan diadakan di teater-teater kecil. Untuk mengakali tempat yang kecil, dan menekan jumlah pemain perkusi (drum), maka dimulailah penggabungan beberapa instrument drum tadi menjadi suatu instrumen baru yang dinamakan dengan drumset.

Berikut ini adalah garis waktu dari sejarah drumset:

  • 1623 – Pabrik cymbal Zildjian berdiri di Istambul, Turki; oleh seorang Armenia yang bernama Avedis Zildjian.
  • 1875 – Pembuat perkusi Jerman Sonor berdiri.
  • 1883 – Perusahaan perkusi dan drum Gretsch Drums berdiri.
  • 1890 – Eksperimen dengan pedal drum dimulai.
  • 1906 – Paiste Cymbal didirikan di St. Petersburg Rusia oleh musisi Estonia bernama Toomas Paiste.
  • 1909 – Perusahaan pembuat drum Ludwig berdiri di Amerika dan mematenkan pedal drum buatan mereka yang menjadi cikal bakal pedal drum modern.
  • 1922 - Premier Percussion Limited berdiri di London.
  • 1926 – Tiang hi-hat modern yang memungkinkan hi-hat dapat dimainkan dengan stik dan kaki ditemukan oleh Barney Walberg dari perusahaan Walberg and Auge.
  • 1928 – Avedis III, Puzant dan Aram Zildjian mendirikan pabrik mereka di Amerika.
  • 1930-an – Ben Duncan dan drummer-drumer lainnya mulai mempopulerkan 4-piece drumset yang menjadi standard untuk drumset modern, yang terdiri dari Snare, Bass, Tom-tom dan Floor Tom.
  • 1951 - Roland Meinl Percussion berdiri di Jerman.
  • 1952 - Pearl Musical Instrument Company berdiri di Jepang
  • 1957 – Paiste memindahkan pabrik mereka ke Swiss, setelah sebelumnya berpindah-pindah dari Rusia, Estonia, Polandia, dan Jerman; Pro-Mark Sticks dan Remo Drumhead berdiri di Amerika.
  • 1961 – Organisasi The Percussive Arts Society (PAS) berdiri.
  • 1963 - Vic Firth Company berdiri di Amerika.
  • 1965 - Hoshino Gakki memasarkan drumset bermerk Star Drums.
  • 1967 – Yamaha mendirikan pabrik drum mereka yang pertama.
  • 1971 - Graeme Edge, drummer of The Moody Blues bersama Professor Brian Groves dari Sussex University mengembangkan drum elektrik pertama.
  • 1972 – Drum Workshop berdiri.
  • 1974 – Hoshino Gakki mengeluarkan drumset dengan merk Tama.
  • 1976 – Pollard Syndrum, drum elektrik komersil pertama mulai dipasarkan
  • 1977 – Armand Zildjian menjadi CEO Avedis Zildjian Company; Hoshino Gakki bersama DW drums membeli aset dan paten milik Camco Drum Company yang bangkrut. Salah satu paten Camco adalah double pedal; Majalah Modern Drummer berdiri.
  • 1978 – Simmons Company mulai memasarkan drum elektrik buatan mereka; Tama memperkenalkan Octoban.
  • 1981 – Robert Zildjian mendirikan Sabian Cymbals di Kanada.
  • 1989 – Mapex Drums berdiri di Taiwan.

Drum dan Bagian Bagiannya

Dari kasat mata atau pandangan orang awan, drum merupakan alat musik yang secara fisik mempunyai bagian-bagian yang terpisah, tetapi merupakan suatu kesatuan drum atau yang sering disebut drumset. Oleh karena itu sebelum kita belajar cara memainkan Drum (bagi pemula tentunya), kita perlu tahu bagian-bagian dari drum.

Definisi drum adalah kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang. Selain kulit, drum juga digunakan dari bahan lain, misalnya plastik. Drum terdapat di seluruh dunia dan memiliki banyak jenis, misalnya kendang, timpani, Bodhrán, Ashiko, snare drum, bass drum, tom-tom, beduk, dan lain-lain.

Dalam musik pop, rock, dan jazz, drums biasanya mengacu kepada drum kit atau drum set, yaitu sekelompok drum yang biasanya terdiri dari snare drum, tom-tom, bass drum, cymbal, hi-hat, dan kadang ditambah berbagai alat musik drum listrik. Orang yang memainkan drum set disebut "drummer".

Dalam blog ini,saya akan membahas lebih lengkap mengenai bagian-bagian Drum modern (drum kit/drum set),sebagai instrumen musik drum yang paling sering digunakan dalam kegiatan bermusik,dibanding drum klasik (perkusi,gendang,dan sebagainya) dan drum elektrik. 

  •  Snare
Snare Drum

Snare itu unsur terpenting dalam drum, karena snare itu merupakan bagian penentu dalam menentukan  ketukan dalam bermain drum. Snare pun terdiri dari berbagai variasi ukuran  antara 10” hingga 15”. Pada snare terdapat bagaian yang sangat penting yaitu  snare wire/stainer (penampakkannya seperti pir pegas) yang terdapat di bawah snare. Jika kita memukul sisi atas pada snare, maka stainer yang di rapatkan pada bawah snare akan berintraksi yang mengasilkan bunyi yang sangat nyaring.

Jenis-jenis Snare :

-         biasa, berukuran 5 ½” – 6 ½ ” dengan nada yang sedang

-        tebal ,berukuran 7”-8” dengan nada yang deep alias manteb

-        tipis piccolo, berukuran 3 ½ “ –4” terbuat dari kayu

-        tipis soprano diameternya lebih kecil dari piccolo (Piccolo 14”, Soprano 12”-13”).

Sekarang muncul snare drum-snare drum yang berukuran kecil seperti small tom ( 12”, 10”, bahkan 8”).

  • Bass Drum

Pada awalnya digunakan bass drum yang di pakai dalam marching band ( ukuran 26”, 28”, ). Pada dewasa ini di gunakan bass drum berukuran 24”( musik rock), 22” , 20”, 18”, bahkan ada yang 14”.

Bass drum adalah bagian dari drum yang merupakan bagain yang sangat vital dari drum, selain snare seperti yang telah saya jelaskan di atas. Karena bass drum mempunyai fungsi yang hampir sama dengan snare drum, yaitu sebagai penentu ketukan dalam kita bermain . Bass drum biasanya dimainkan oleh kaki kanan kita (standar) atau bisa juga dimainkan oleh kedua kaki (double pedal) itu tergantung kebutuhan. Dalam memainkian bass drum kita dibantu oleh alat yaitu pedal. Tentang pedal, akan saya jelaskan di bawah. 

  •  Tom-Tom

Tom-tom pada drum merupakan kelengkapan pada drum set, dimana drummer dapat lebih leluasa mem-variasikan pukulan.Tom-tom baru muncul pada decade 30-an; pada awalnya tidak bisa di tuning. (tuning itu sendiri merupakan cara kita membuat variasi dalam bermain drum dalam frequency standard yang tidak diubah sama sekali, itu menurut saya)Tom-tom terdiri dari bermacam-macam ukuran dan bahan yang berbeda. Biasanya tom-tom terbuat dari kayu maple atau birch (sudah tahu kan?). Dalam drum set standar, tom-tom di bagi menjadi 3 bagian :

-         Small tom-tom 1

-         Small tom-tom 2

-         Large tom-tom atau floor tom

Tom-tom Drum mempunyai ukuran yang ber-variasi : 6”, 8”, 10”, 12”, 13”, 14”, 15”, 16”, 18”, 20”. 

  • Cymbal :

 1.      Hi-Hat Cymbal

 Hi-hat merupakan 2 lempengan cymbal yang di gabungkan menjadi satu bagian. Biasanya kedua bagian itu mempunyai ukuran yang sama, dan say belum pernah melihat hi-hat yang kedua piringannya berbeda ukuran. Fungsi dari hi-hat sangat penting sekali, sebab hi-hat mempunyai fungsi mengatur tempo/waktu dalam permainnan. hi-hat mempunyai ukuran  10”, 13” 14”, dan 15”. 

 2.      Ride Cymbal

 Ride cymbal mempunyai fungsi yang sama dengan hi-hat, yaitu sebagai iringan atau rhythm. Dalam satu drum set , biasanya ride cymbal hanya satu  sedangkan jenis cymbal lainnya ada banyak .  ride cymbal mempunyai ukuran 18”-26”. Biasanya terletak di sebalah kanan drummer. tapi, dewasa ini, Drumset yang dipakai oleh band metal menggunakan 2 Ride cymbal, yaitu di sebelah kanan dan kiri drummernya. 

3.      Crash cymbal

 Crash cymbal berfungsi sebagai variasi dalam permainan. Biasanya kita memukul crash cymbal pada waktu-waktu tertentu misal pada saat fill-in. Crash cymbal mempunyai ukuran 15”,16”, 17”, 18”, 19”, 20” dan 22”. Crash cymbal berukuran lebih tipis dari pada ride cymbal. Jenisnya antara lain dark crash, power crash, light crash, medium crash, thin crash, ride crash, flat crash, dll. 

 4.      Splash cymbal

 Splash cymbal mempunyai fungsi yang sama dengan crash cymbal. Tetapi Splash cymbal mempunyai ukuran yang lebih kecil , dan ukuran  splash cymbal 6”, 8”, 10”, dan 12”. biasanya terletak di atas small tom tom. 

 5.      China cymbal (Chinnese Cymbal)

 China cymbal mempunyai fungsi yang sama dengan crash cymbal, tetapi china cymbal mempunyai bentuk yang berbeda . China cymbal mempunyai bentuk seperti cymbal yang di balikan. China cymbal mempunyai ukuran yang bervariatif yaitu antara 8” sampai 20”. China cymbal di ciptakan karena pengaruh dari musik China.  

 6.      Bell cymbal

 Bentuk dan ukurannya seperti splash cymbal, hanya ukurannya jauh lebih tebal. 

Sumber[sunting | sunting sumber]