Drum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Drum

Drum adalah kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang. Selain kulit, drum juga digunakan dari bahan lain, misalnya plastik. Drum terdapat di seluruh dunia dan memiliki banyak jenis, misalnya kendang, timpani, Bodhrán, Ashiko, snare drum, bass drum, tom-tom, beduk, dan lain-lain.

Dalam musik pop, rock, dan jazz, drums biasanya mengacu kepada drum kit atau drum set, yaitu sekelompok drum yang biasanya terdiri dari snare drum, tom-tom, bass drum, cymbal, hi-hat, dan kadang ditambah berbagai alat musik drum listrik. Orang yang memainkan drum set disebut "drummer".

Bagian-Bagian Drum[sunting | sunting sumber]

Notasi not balok drum
The basic common time groove with bass (bottom), back beat snare, and cymbal (top) is common in popular musicTentang suara ini play 
A swing groove, common in jazz and early rock music,[butuh rujukan] with a duple time shuffle rhythm. While the notation indicates dotted eighth notes and sixteenth notes, performers play these as swung triplet figures.[butuh klarifikasi] Tentang suara ini Play 

Bagian-bagian dari sebuah drum set antara lain :

  1. Bass Drum
  2. Snare Drum
  3. Tom Tom, tom tom ini terbagi menjadi dua yaitu mounted atau rack tom untuk tom tom yang menggunakan penopang, dan floor tom untuk tom tom yang menggunakan kaki.
  4. Cymbal, untuk cymbal terbagi lagi ada hi hat, crash cymbal, ride cymbal, chinese cymbal, splash cymbal, effect cymbal.
  5. Hardware, antara lain kursi drum, stand cymbal, pedal, stand hi hat, tom holder.
  6. doubel pedal , yaitu pedal drum yang jumlahnya ada 2

Biasanya drum dibagi berdasarkan kelasnya, ini dibagi menurut tingkat harganya. Ada yang disebut entry level atau drum untuk pemula. Ada juga drum untuk kelas menengah dan ada juga drum untuk kelas atas. Biasanya drum untuk kelas menengah dan kelas atas, membeli drum tidak disertai dengan cymbal. Untuk cymbal harus membeli tersendiri.

Konstruksi Drum[sunting | sunting sumber]

Shell atau selongsong adalah pembentuk dari sebuah drum. Shell atau selongsong ini bisa terbuat dari kayu atau dari besi. Karakter dari shell ini akan mempengaruhi kepada suara yang nantinya dihasilkan oleh drum tersebut. Biasanya shell yang terbuat dari besi karakter suaranya adalah tajam dan attack, sementara karakter suara dari drum yang terbuat dari kayu adalah hangat.

Jenis drum[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]