Breakbeat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Breakbeat adalah salah satu teknik dalam musik elektronik yang berupa pengambilan break atau suatu jeda drum yang berasal dari lagu-lagu funk, jazz, dan R&B untuk dimainkan secara berulang-ulang. Breakbeat banyak digunakan untuk jenis-jenis musik seperti hip hop, jungle, drum dan bass, big beat, breakbeat hardcore, dan UK garage (termasuk 2-step, breakstep dan dubstep).

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Istilah "breakbeat" muncul dari proses pengambilan loop drum dari suatu lagu yang dimainkan selama masa "break", contohnya adalah pengambilan loop drum dari lagu The Winstons berjudul Amen, Brother yang dinamakan sebagai Amen Break dan Think Break dari lagu Think (About It) milik Lyn Collins.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

1970an–1980an: Classic breaks dan produksi hip hop[sunting | sunting sumber]

Berawal pada tahun 1973 hingga akhir 1970-an dan awal 1980-an, para pelaku turntablist hip hop, seperti DJ Kool Herc mencoba mengambil dan memainkan beberapa jeda drum lagu funk dari trek jazz-funk seperti "Funky Drummer" James Brown dan The Winstons' "Amin Brother" secara berturut-turut, untuk membentuk ritme dasar bagi lagu-lagu hip hop. Gaya break terobosan dari DJ Kool Herc ini melibatkan permainan rekaman yang sama pada dua turntable dan memainkan jeda drum secara berulang kali, bergantian di antara dua rekaman. Grandmaster Flash menyempurnakan ide ini dengan apa yang dia sebut sebagai "quick-mix theory" (secara harfiah: "teori campuran cepat"), di mana ia memberikan tanda titik-titik pada piringan hitam saat awal dan akhir jeda dengan menggunakan krayon, sehingga dia dapat dengan mudah memutar ulang jeda dengan memutar rekaman tanpa menyentuh lengan nada. Gaya seperti ini kemudian ditiru dan disempurnakan oleh DJ hip hop periode awal Afrika Bambaataa dan Grand Wizard Theodore.[1][diragukan] Gaya seperti ini sangat populer di klub dan ruang dansa karena komposisi jeda drum yang diperpanjang dapat memberikan lebih banyak kesempatan kepada para breaker untuk menunjukkan keahlian dansa mereka.

1990an: Berevolusi menjadi sebuah genre musik EDM[sunting | sunting sumber]

Pada penghujung dekade 1980an, breakbeat menjadi fitur penting dari banyak genre musik break dan menjadi populer di dunia EDM global, termasuk acid break, electro-funk, dan Miami bass, juga saat dekade selanjutnya pada genre musik big beat dan nu skool break.

Pada awal 1990-an, artis dan produser acid house mulai menggunakan sampel breakbeat dalam musik mereka untuk membuat breakbeat hardcore.[2] Adegan hardcore kemudian menyimpang ke subgenre seperti jungle dan drum and bass, yang umumnya lebih cepat dan lebih fokus pada pola sampel drum yang kompleks. Contohnya adalah album Goldie Timeless. Josh Lawford dari Ravescene menyiratkan bahwa breakbeat diibaratkan sebagai "lonceng kematian rave"[3] karena pola ketukan drum yang selalu berubah pada musik breakbeat tidak memungkinkan dipertahankan pada keadaan yang sama, seperti trance yang memungkinkan ketukan musik house 4/4 dengan standar dan stabil.

Menggabungkan banyak komponen dari genre tersebut, Florida memecah subgenre yang diikuti selama awal hingga pertengahan 1990-an dan memiliki suara unik yang segera populer secara internasional di kalangan produser, DJ, dan pengunjung klub.

Pada tahun 1994, tindakan tekno berpengaruh Autechre merilis Anti EP sebagai tanggapan terhadap Undang-Undang Peradilan Pidana dan Ketertiban Umum 1994, dengan sengaja menggunakan pemrograman algoritmik canggih untuk menghasilkan breakbeat tak berulang selama durasi penuh trek, untuk menumbangkan definisi hukum dalam undang-undang yang ditentukan dalam bagian yang menciptakan kekuatan polisi untuk menghapus raver dari rave bahwa "'musik' mencakup suara yang seluruhnya atau sebagian besar dicirikan oleh emisi serangkaian ketukan berulang".

Pada akhir 1990-an, gaya breakbeat lain muncul, break yang funky, gaya yang menggabungkan unsur trance, hip hop, dan jungle. Itu dipelopori oleh Chemical Brothers dan jejak Mo'Wax Records James Lavelle. Genre ini mencapai puncak komersial pada tahun 1997, ketika musik tersebut menduduki puncak tangga lagu pop dan sering ditampilkan dalam iklan. Artis suara yang paling terkenal adalah The Prodigy, Death in Vegas, The Crystal Method, Propellerheads.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Modulations: A History of Electronic Music, Peter Shapiro, ed. New York: Caipirnha Productions Inc., 2000, p. 152
  2. ^ Thomas, Gideon. "Breakbeat Hardcore - Your Ultimate Guide". Core Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Maret 2014. Diakses tanggal 12 April 2014. 
  3. ^ Generation Ecstasy, Simon Reynolds, New York: Routledge, 1999, p. 253
  4. ^ Vladimir Bogdanov; Jason Ankeny (2001). All music guide to electronica: the definitive guide to electronic musicPerlu mendaftar (gratis) (edisi ke-4th). Backbeat Books. hlm. 11. ISBN 0-87930-628-9. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]