Krautrock

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Krautrock adalah nama yang diberikan untuk genre musik rok dan musik elektronica yang berasal darii Jerman pada akhir tahun 1960-an yang cenderung menggunakan pendekatan improvisasi dan minimalistis pada aransemennya. Istilah itu dibuat, dengan ringkas dan sedikit bercanda, oleh wartawan Melody Maker. Meskipun telah ditolak oleh para musisi itu sendiri dan segera diturunkan, media-media Jerman kemudian mulai menggunakannya sebagai istilah untuk semua grup musik rok di Jerman, dari akhir tahun 1960-an dan 1970-an, sementara di luar negeri istilah dibangkitkan secara khusus untuk merujuk pada seniman eksperimental yang sering menggunakan synthesizers dan alat musik elektronica yang lainnya.

Istilah ini merupakan hasil dari bagaimana orang-orang yang berbahasa inggris, menerima musik tersebut pada waktu itu, dan tidak mengacu pada skena musik tertentu, atau pergerakan tertentu, seperti banyak musisi krautrock yang tidak akrab dengan satu sama lain. Banyak yang menganggap bahwa seorang DJ dari BBC, John Peel, merupakan orang yang berperan besar dalam menyebarkan reputasi krautrock kepada orang-orang yang tidak berbahasa Jerman. [butuh rujukan]

Terlepas dari pengaruh musik blues tradisional dan musik rock and roll Inggris dan Amerika pada saat itu, babak ini berkontribusi pada evolusi musik elektronik dan musik ambient, sama halnya dengan kelahiran post-punk, rock alternatif dan musik new-age. Aktor kunci yang berhubungan dengan kategori ini antara lain adalah Can, Amon Düül II, Ash Ra Tempel, Faust, Popol Vuh, Cluster, Harmonia, Tangerine Dream, Klaus Schulze, Neu! dan Kraftwerk.

Asal Istilah[sunting | sunting sumber]

Kata krautrock awalnya merupakan lelucon yang diciptakan pada awal tahun 1970-an oleh majalah musik dari Inggris, yakni ''Melody Maker'', yang membuat band-band eksperimental asal Jerman mendapatkan pengikut antusias, dan secara ironis menjadi penerus yang memelihara musik tersebut. Istilah ini merupakan turunan dari cercaan etnis "jerman", dan penggunaannya oleh pewarta musik terinspirasi oleh lagu ciptaan Amon Düül dari album Psychedelic Underground dengan judul "Mama Düül und Ihre Sauerkrautband Spielt Auf" ('Mama Düül Dan Sang Sauerkrautband Memulai). Seperti yang sering terjadi pada tiap kegiatan pelabelan musik, beberapa dari band-band tersebut berharap untuk melihat diri mereka dikucilkan dan menjauhkan diri dari istilah. Istilah ini menimbulkan masalah karena adanya perbedaan pendapat dari tiap seniman mengenai pelabelan pada musik mereka.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]