Funk rock

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Funk rock adalah genre campuran yang memadukan unsur funk dan rock.[1] James Brown dan yang lainnya menyatakan bahwa Little Richard dan band jalanannya pada pertengahan 1950-an, The Upsetters, adalah yang pertama memasukkan funk ke dalam irama rock and roll, dengan seorang penulis biografi menyatakan bahwa musik mereka "memicu transisi musik dari tahun lima puluhan rock and roll ke tahun enam puluhan funk."[2][3]

Inkarnasi paling awal dari funk rock terdengar pada akhir 1960-an hingga pertengahan 1970-an oleh artis-artis seperti the Jimi Hendrix Experience (karya selanjutnya / Band of Gypsys), Eric Burdon and War, Redbone, Rick Derringer, David Bowie, Aerosmith, Wild Cherry, Average White Band, Gary Wright, Trapeze, The Bar-Kays,[4][butuh sumber yang lebih baik] Black Merda, Parliament-Funkadelic, Betty Davis dan Mother's Finest. Selama tahun 1980-an dan 1990-an musik funk rock mengalami lonjakan popularitas, dengan band-band seperti Tom Tom Club, Pigbag, INXS, Talking Heads, Devo, Fine Young Cannibals dan Cameo mencoba-coba suara. Grup termasuk Red Hot Chili Peppers, Rage Against the Machine, Incubus, Mr. Bungle, Primus dan Faith No More juga secara khusus menggabungkan funk rock dengan musik metal, punk, hip hop dan eksperimental, yang mengarah pada munculnya genre yang dikenal sebagai funk metal atau "punk-funk".[5]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Funk rock adalah perpaduan antara funk dan rock. Banyak instrumen dapat dimasukkan ke dalam musik, tetapi suara keseluruhan ditentukan oleh bass definitif atau ketukan drum dan gitar listrik. Irama bass dan drum dipengaruhi oleh musik funk tetapi dengan intensitas sonik yang lebih banyak, sedangkan gitar dapat dipengaruhi oleh funk atau rock, biasanya dengan distorsi, yang mirip dengan overdrive atau fuzz.[butuh rujukan]

Sejarah genre[sunting | sunting sumber]

1960-an dan 1970-an[sunting | sunting sumber]

Jimi Hendrix adalah artis rekaman terkenal pertama yang menggabungkan ritme dan riff funk awal dengan suara rocknya. Mungkin contoh paling awal adalah "Little Miss Lover" (1967). Album live Band of Gypsys menampilkan riff dan ritme funky di seluruh (terutama lagu "Who Knows" dan "Power of Soul") dan albumnya yang belum selesai juga menyertakan beberapa lagu funk rock seperti "Freedom", "Izabella" dan " Lurus kedepan."

George Clinton telah dianggap sebagai bapak baptis genre ini sejak tahun 1970. Clinton menciptakan nama "P-Funk" untuk konsep baru yang inovatif dari funk yang dia ambil dari mantan anggota band James Brown (seperti Maceo Parker, Bootsy Collins dan Fred Wesley ) dan pemain muda baru seperti Eddie Hazel. Kelompoknya, Funkadelic and Parliament, secara praktis mendefinisikan funk sejak dirilisnya musik funk rock klasik Funkadelic yang berpengaruh, Maggot Brain (1971). Album funk rock selanjutnya oleh grup ini termasuk Cosmic Slop, Standing on the Verge of Getting It On, Hardcore Jollies dan Let's Take It to the Stage. Album-album selanjutnya seperti One Nation Under a Groove dan Electric Spanking of War Babies memiliki suara yang sedikit lebih ramah radio tetapi masih mempertahankan banyak pendekatan funk rock grup. Karya ini menjadi pengaruh utama pada seluruh generasi seniman funk dan hip hop dari Red Hot Chili Peppers hingga Snoop Dogg.

Perintis lain berkembang pada 1970-an dalam bentuk band rock Inggris Trapeze dan aksi post-punk A Certain Ratio, dan artis Amerika Rick Derringer, Redbone, The Bar-Kays, Shotgun, Black Nasty dan Mother's Finest. "Kami menyebut diri kami funk rock," kenang penyanyi Mother's Finest Glenn "Doc" Murdock. "Saya pikir kami menemukan itu. Kami bahkan memiliki rumah tempat kami semua tinggal dan kami menamakannya 'Funk Rock, Georgia.' Kami merasa bahwa kami sedang memimpin seluruh genre itu. Kami bermain dengan Lynyrd Skynyrd dan AC/DC. Band-band itu memiliki banyak funk dalam musik mereka. Masalah sebenarnya bagi kami adalah ketika kami bermain di klub kulit hitam. Mereka memberi tahu kami bahwa kami juga begitu. keras."

Grand Funk Railroad memelopori gaya hard rock funk yang digerakkan oleh bass pada tahun 1970 yang digambarkan dengan sangat baik dalam lagu mereka "Inside Looking Out" dan kemudian diambil oleh Rage Against the Machine. Juga penyanyi-model Betty Davis merekam album-album funk rock yang penting. Komposer ikonoklas dan gitaris Frank Zappa mendemonstrasikan penggabungan gaya dalam album seperti Overnite Sensation, dalam tema seperti "I'm the Slime", yang dicover beberapa dekade kemudian oleh Funkadelic.

Tindakan funk rock tidak disukai oleh perusahaan rekaman R&B. Misalnya, gitaris Chic ingin menjadi band rock glam funk seperti Kiss, tetapi mereka akhirnya menjadi band disko setelah ditolak oleh perusahaan rekaman. Meskipun pengaruhnya cukup besar pada musik populer kemudian, funk rock bukanlah fenomena yang sangat terlihat selama tahun 1970-an. Hanya beberapa aksi funk rock yang dapat dilihat di tangga lagu, terutama David Bowie ("Fame" dan Young American, 1975), Aerosmith ("Last Child", 1976), The Rolling Stones ("Hot Stuff", 1975), Ike & Tina Turner ("Batas Kota Nutbush", 1973), Gary Wright ("Love Is Alive", 1976) dan Wild Cherry ("Play That Funky Music", 1976).

Ketika Glenn Hughes meninggalkan Trapeze dan bergabung dengan Deep Purple bersama dengan David Coverdale, dua album Deep Purple berikutnya mengandung unsur funk dan soul. Ketika Ritchie Blackmore meninggalkan Deep Purple pada tahun 1975, album band berikutnya Come Taste the Band dengan Tommy Bolin bahkan lebih funky daripada pendahulunya Stormbringer. Namun, Deep Purple bubar pada tahun 1976 dan Tommy Bolin meninggal karena overdosis obat. Album gitaris Inggris Robin Trower In City Dreams dan Caravan to Midnight, diproduksi oleh produser veteran R&B Don Davis dan menampilkan mantan bassis Sly & The Family Stone Rustee Allen, juga merupakan pelopor album funk rock. Pada akhir 1970-an Iggy Pop merilis LP The Idiot yang diproduksi oleh Bowie.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vincent, Rickey (2004). "Hip-Hop and Black Noise: Raising Hell". That's the Joint!: The Hip-hop Studies Reader. hlm. 489–490. ISBN 0-415-96919-0. 
  2. ^ "Little Richard". The Rock and Roll Hall of Fame. 1986. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-13. Diakses tanggal March 6, 2013. 
  3. ^ Palmer 2011, hlm. 139.
  4. ^ https://www.allmusic.com/.../black-rock-gotta-groove-mw00001192...[pranala nonaktif]
  5. ^ Smith, Chris (2009). 101 Albums that Changed Popular Music. Oxford University Press. hlm. 217. ISBN 9780195373714. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-26. Diakses tanggal 2022-04-03. 

Sumber[sunting | sunting sumber]