Garage rock

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Garage rock adalah gaya musik rock and roll mentah dan energik yang berkembang di pertengahan 1960-an, terutama di Amerika Serikat dan Kanada, dan telah mengalami beberapa penghidupan kembali dalam sejarahnya. Gaya musik garage rock ditandai dengan permainan akord-akord dasar melalui gitar elektrik dan instrumen lain, penggunaan distorsi gitar melalui fuzzbox, serta lirik dan pembawaan yang simpel dan kadang-kadang agresif. Istilah dalam genre ini berasal dari persepsi dari kelompok-kelompok pemuda amatir yang berlatih di garasi keluarga, meskipun banyak juga musisi garage rock yang profesional.

Di AS dan Kanada, surf rock, dan kemudian The Beatles, serta grup musik Merseybeat dari Invasi Britania memotivasi ribuan remaja untuk membentuk band dari tahun 1963 sampai awal tahun 1968. Hingga ratusan telah memproduksi hits regional, beberapa mencapai popularitas nasional. Kemudian, dengan kedatangan musik psychedelia, beberapa band menggabungkan unsur-unsur eksotis ke dalam kerangka genre garage yang masih primitif. Setelah 1968, bentuk yang lebih canggih dari musik rock muncul dan mendominasi pasar musik, sementara garage rock menghilang dari tangga lagu nasional dan regional, mengakhiri gerakan musik ini. Beberapa negara lainnya pada 1960-an juga telah mengalami gerakan akar rumput dalam musik rock yang terkadang masuk dalam ciri-ciri jenis musik garage rock.

Sepanjang 1960-an, garage rock tidak memiliki nama spesifik dan tidak diakui sebagai genre nyata, tetapi dengan pengakuan kritis pada garage rock di awal tahun 1970, dan rilisnya album kompilasi, Nuggets, pada tahun 1972, berpengaruh banyak untuk mendefinisikan dan mengenang gaya musik tersebut. Pada awal 1970-an, beberapa kritikus mulai mendefinisikan gaya musik ini sebagai genre dan menggunakan istilah "punk rock", bentuk musik pertama yang menanggung deskripsi ini. Istilah "garage rock" kemudian disukai di antara para pengulas dan penggemar sepanjang 1980-an. Sebutan lainnya untuk genre musik ini yaitu; "garage punk", "60s punk", "proto-punk", dan "frat rock" dalam beberapa contoh.

Pada awal dan pertengahan 1980-an, musik ini mengalami beberapa kebangkitan dengan musisi-musisi yang meniru rupa dan suara dari band-band garage tahun 1960-an. Kemudian, subgenre garage yang lebih keras, dan kontemporer berkembang melalui penggabungan musik garage rock dengan musik punk rock modern serta gaya musik lainnya, terkadang dengan label orisinil garage punk, atau sebaliknya lebih berasosiasi dengan band-band garage 1960-an. Pada tahun 2000-an, sebuah gelombang dari musisi terinspirasi-garage yang diasosiasikan dengan post-punk revival muncul, dan beberapa mendapat kesuksesan komersial. Garage rock kemudian terus menarik musisi dan penggemar yang lebih memilih rute musik "back to basics" atau "do-it-yourself".

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Jangka garage rock berasal dari persepsi bahwa banyak pemain seperti masih muda dan amatir, dan sering berlatih di garasi keluarga.[1] Sementara beberapa band yang terdiri dari remaja kelas menengah dari pinggiran kota, yang lain berasal dari daerah pedesaan atau perkotaan atau yang terdiri dari musisi profesional di usia dua puluhan.[2] Awal dibuktikan penggunaan istilah "garasi band" tanggal dari Maret 1971, di review oleh John Mendelsohn di Rolling Stone;[3] kemudian pada tahun yang sama, istilah itu juga digunakan oleh Lenny Kaye di majalah yang sama.[4]

Pertunjukan sering amatir, naif atau sengaja baku, dengan tema khas berputar di sekitar trauma kehidupan sekolah tinggi dan lagu-lagu tentang "gadis berbohong" menjadi sangat umum.[5] Lirik dan pengiriman yang terutama lebih agresif daripada tindakan lebih halus dari waktu, sering dengan hidung, geram, atau berteriak, kadang-kadang diselingi oleh jeritan atau teriakan pada saat-saat klimaks dari rilis.[1] Instrumentasi ditandai dengan penggunaan gitar sering terdistorsi melalui sebuah fuzzbox, bekerja sama dengan bass listrik dan drum.[6][7] Organ seperti Farfisa yang umum digunakan serta harmonika atau genggam perkusi seperti rebana.[8][7] Kadang-kadang, tempo akan dipercepat di bagian-bagian tertentu, biasanya instrumental, kadang-kadang disebut sebagai "raveups."[9][10]

Namun demikian, garage rock tindakan yang beragam baik dalam kemampuan musik dan gaya, mulai dari dua- dan tiga-chord (seperti Bibit dan Keggs) untuk kualitas dekat-studio musisi (termasuk the Knickerbockers, the Remains, dan The Fifty Estate). Ada juga variasi regional dengan berkembang adegan, terutama di California, dasar Strawberry Alarm Clock, the Electric Prunes, the Music Machine, the Standells, dan Texas, menawarkan band-band seperti Sir Douglas Quintet, 13th Floor Elevators, Sam the Sham and the Pharaohs (yang "Wooly Bully" mencapai nomor 2 di Billboard Hot 100 dan memetakan selama hampir empat setengah bulan pada tahun 1965), dan Fever Tree.[5] Negara-negara utara-barat dari Idaho, Washington dan Oregon telah mungkin suara regional yang paling didefinisikan dengan band-band seperti Bootmen, Sonics dan Paul Revere & Raiders.[11] Florida memiliki sejumlah besar band berkualitas, seperti Dampaknya, Tropics, yang Prahara dan Outlaws.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b R. Shuker, Popular music: the key concepts (Routledge, 2nd edn., 2005), p. 140.
  2. ^ E. J. Abbey, Garage Rock and Its Roots: Musical Rebels and the Drive for Individuality (McFarland, 2006), pp. 74–76.
  3. ^ John Mendelsohn, Review of Long Player by the Faces, Rolling Stone, March 18, 1971
  4. ^ "etymology – Where did the term "garage band" originate from? – English Language & Usage Stack Exchange". English.stackexchange.com. Diakses tanggal July 29, 2015. 
  5. ^ a b V. Bogdanov, C. Woodstra and S. T. Erlewine, All Music Guide to Rock: The Definitive Guide to Rock, Pop, and Soul (Backbeat Books, 3rd end., 2002), pp. 1320–21.
  6. ^ N. E. Tawa, Supremely American: Popular Song in the 20th Century: Styles and Singers and what They Said about America (Scarecrow Press, 2005), p. 179.
  7. ^ a b Henniker, Chris (November 7, 2007). "Garage Rock". Urban Dictionary. Urban Dictionary. Diakses tanggal November 11, 2015. 
  8. ^ "Garage Rock Revival". AllMusic. AllMusic, a division of AllMedia Network, LLC. Diakses tanggal November 11, 2015. 
  9. ^ Bangs, Lester. Psychotic Reactions and Carburetor Dung. Anchor Books, a division of Random House, 2003, p. 73. Reprinted from 1971 article that appeared in Greg Shaw's fanzine, Who Put the Bomp. Bangs refers to how garage bands would do "raveups" influenced by British acts such as the Yardbirds and the Rolling Stones. Generally, the Yardbirds are usually credited with being the first band to do raveups. A popular example of an American Garage rock band doing a Yardbirds'-influenced "raveup" is in the song "Psychotic Reaction," in which the tempo speeds up during the instrumental passage. A "raveup" is a common term used among musicians of the 1960s era to describe a sped-up (usually instrumental) passage. The term is alluded to in the title of the website, Trans World Rave-Up, listed in the "Pranala luar" section of this article. Such sped-up passages would likely have influence on later punk and hardcore acts.
  10. ^ Marks, Ian and McFarlane, Ian, and McIntyre, Iain. Wild About You: The Sixties Beat Explosion in Australia and New Zealand. Verse Chorus Press. Portland, London, Melbourne, 2010, p. 323. Marks, McFarlane, and McIntyre refer to "double-time rave-ups" in Pink Finks' version of "Louie Louie."
  11. ^ N. Campbell, American Youth Cultures (Edinburgh University Press, 2nd edn., 2004), p. 213.