Musik beat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Musik beat, British beat, atau Merseybeat (setelah band dari Liverpool dan daerah sekitarnya di samping Sungai Mersey) adalah genre musik populer, dipengaruhi oleh rock and roll, skiffle, dan musik pop tradisional, yang berkembang di Inggris Raya pada awal 1960-an.

Asal[sunting | sunting sumber]

Asal-usul yang tepat dari istilah 'musik beat' dan 'Merseybeat' tidak pasti. Namun, "beat" di masing-masing lagu berasal dari ritme penggerak yang diadopsi band dari pengaruh musik rock and roll, ritme, blues, dan soul mereka, daripada gerakan sastra Generasi Beat tahun 1950-an. Ketika gelombang awal rock and roll mereda di akhir 1950-an, musik "big beat", kemudian disingkat menjadi "beat", menjadi alternatif tarian live untuk balada seperti Tommy Steele, Marty Wilde, dan Cliff Richard yang mendominasi tangga lagu. . Antropolog dan kritikus musik Jerman Ernest Borneman, yang tinggal di Inggris dari tahun 1933 hingga 1960, mengklaim telah menciptakan istilah tersebut dalam sebuah kolom di majalah Melody Maker untuk menggambarkan tiruan Inggris dari band-band Rock'n'Roll, Rhythm & Blues dan Skiffle Amerika. .

Nama Mersey Beat digunakan untuk majalah musik Liverpool yang didirikan pada tahun 1961 oleh Bill Harry. Harry mengklaim telah menciptakan istilah "berdasarkan irama polisi dan bukan musik". Band the Pacifics berganti nama menjadi Mersey Beats pada Februari 1962 oleh Bob Wooler, MC di Cavern Club, dan pada April tahun itu mereka menjadi Merseybeats. Dengan munculnya The Beatles pada tahun 1963, istilah suara Mersey dan Merseybeat diterapkan pada band dan penyanyi dari Liverpool, pertama kali dalam musik pop Inggris bahwa suara dan lokasi dihubungkan bersama. Adegan yang setara di Birmingham dan London digambarkan sebagai Brum beat dan Tottenham Sound masing-masing.

Referensi[sunting | sunting sumber]


Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]