Britpop

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Britpop adalah sebuah gerakan musik dan budaya yang berbasis di Inggris pada pertengahan 1990-an yang menekankan pada Inggris. Ini menghasilkan rock alternatif yang lebih cerah dan menarik, sebagian sebagai reaksi terhadap popularitas tema liris yang lebih gelap dari musik grunge yang dipimpin AS dan dunia musik shoegaze Inggris sendiri. Gerakan ini membawa rock alternatif Inggris ke arus utama dan membentuk tulang punggung gerakan budaya populer Inggris yang lebih besar, Cool Britannia, yang membangkitkan Swinging Sixties dan pop gitar Inggris pada dekade itu.

Britpop adalah fokus media-driven pada band-band yang muncul dari kancah musik independen awal 1990-an. Meskipun istilah tersebut dipandang sebagai alat pemasaran, dan lebih merupakan momen budaya daripada gaya atau genre musik, band terkait biasanya diambil dari musik pop Inggris tahun 1960-an, glam rock dan punk rock tahun 1970-an, dan pop indie tahun 1970-an. 1980-an.

Band paling sukses yang terkait dengan Britpop adalah Blur, Oasis, Suede dan Pulp, yang dikenal sebagai "empat besar" gerakan, meskipun Suede dan Pulp menjauhkan diri dari istilah tersebut. Rentang waktu Britpop umumnya dianggap 1993–1997, dan tahun-tahun puncaknya adalah 1994–1995. Pertempuran grafik antara Blur dan Oasis (dijuluki "The Battle of Britpop") membawa gerakan ini ke garis depan pers Inggris pada tahun 1995. Sementara musik adalah fokus utama, mode, seni dan politik juga terlibat, dengan Tony Blair dan Buruh Baru menyelaraskan diri dengan gerakan.

Selama akhir 1990-an, banyak tindakan Britpop mulai goyah secara komersial atau bubar, atau pindah ke genre atau gaya baru. Secara komersial, Britpop kalah dari teen pop, sementara secara artistik terbagi menjadi gerakan indie post-Britpop yang dicirikan oleh band-band seperti Travis dan Coldplay.

Kutipan[sunting | sunting sumber]