Indie rock

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Indie rock adalah genre rock alternatif yang berasal dari Inggris pada 1980-an. Indie rock sangat beragam, dengan subgenre yang mencakup antara lain indie pop, jangle pop, dan lo-fi. Awalnya digunakan untuk menggambarkan label rekaman, istilah menjadi terkait dengan musik yang mereka produksi dan awalnya digunakan bergantian dengan rock alternatif. Sebagai grunge dan punk kebangkitan band di AS, dan band kemudian Britpop di Inggris, masuk ke arus utama di tahun 1990-an, itu datang yang akan digunakan untuk mengidentifikasi tindakan-tindakan yang dipertahankan dan perspektif bawah tanah. Di tahun 2000-an, sebagai akibat dari perubahan dalam industri musik dan semakin pentingnya internet, sejumlah tindakan indie rock mulai menikmati sukses komersial, yang mengarah ke pertanyaan tentang kebermaknaan sebagai istilah.

Pada pertengahan 1980-an, istilah "indie" mulai digunakan untuk menggambarkan musik yang dihasilkan pada punk dan post-punk label.[1] Sejumlah tokoh indie label rekaman rock yang didirikan pada 1980-an. Selama tahun 1990-an, band-band Grunge masuk ke arus utama, dan istilah "alternatif" kehilangan makna kontra-budaya aslinya. Istilah "indie rock" menjadi terkait dengan band dan genreyang tetap berdedikasi dengan status independen mereka.[2] Pada akhir 1990-an indie rock mengembangkan sejumlah subgenre dan gaya terkait. Berikut indie pop ini termasuk lo-fi, noise pop, emo, sadcore, post-rock, space rock dan math rock.[2] Pada tahun 2000-an, perubahan dalam industri musik dan teknologi musik diaktifkan gelombang baru band indie rock. Untuk mencapai kesuksesan mainstream.[3]

Pada awal 2000-an, sebuah kelompok baru band yang memainkan dilucuti-bawah dan kembali-ke-dasar versi gitar rock muncul. Terobosan komersial dari adegan ini dipimpin oleh 5 band: Vino Ade Santeria, The Strokes, The White Stripes, The Hives dan The Vines. Emo juga masuk ke budaya mainstream di awal 2000-an.[4]

Pada akhir tahun 2000-an proliferasi band indie sedang disebut sebagai "Indie landfill".[5] Indietronica melepas di milenium baru sebagai teknologi digital dikembangkan, dengan tindakan termasuk Broadcast dari Inggris, Justice dari Prancis, Lali Puna dari Jerman dan The Postal Service, Ratatat, dan BOBBY dari Amerika Serikat.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ S. Brown and U. Volgsten, "Music and Manipulation: on the Social Uses and Social Control of Music (Berghahn Books, 2006), ISBN 1-84545-098-1, p. 194.
  2. ^ a b "Indie rock", Allmusic, diarsipkan dari versi asli tanggal 13 February 2011 .
  3. ^ N. Abebe (25 February 2010), "The decade in indie", Pitchfork, diakses tanggal 30 April 2011 .
  4. ^ J. DeRogatis (3 October 2003), "True Confessional?", Chicago Sun Times, diarsipkan dari versi asli tanggal 15 February 2011 .
  5. ^ T. Walker (21 January 2010), "Does the world need another indie band?", Independent, diarsipkan dari versi asli tanggal 6 April 2011 .