Slowcore

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Slowcore adalah subgenre rok alternatif dan indie rock. Musik artis slowcore umumnya ditandai dengan lirik yang suram, melodi yang suram, tempo yang lebih lambat, dan aransemen yang minimalis. Slowcore sering digunakan secara bergantian dengan istilah sadcore.[1][2]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Slowcore adalah genre campuran indie rock dan sadcore,[3] ditandai dengan dukungan musik minimal, dimainkan dengan kecepatan sangat lambat.[4] Lagu-lagu slowcore sering menampilkan "lirik yang menyedihkan", menurut Listverse.[3] Beberapa penyanyi-penulis lagu yang diberi label slowcore termasuk vokalis yang khas dan tidak biasa, seperti penyanyi Swedia Stina Nordenstam, dan grup musik dengan drumer kreatif, seperti Codeine.[2] Selain itu, tindakan tertentu dapat memilih pendekatan berorientasi chamber pop seperti Carissa's Wierd yang berbasis di Seattle. dan yang lainnya seperti Matt Elliott memiliki suara yang lebih berorientasi pada rakyat Slavia.

Tumpang tindih gaya lebih lanjut dapat ditemukan di akhir 80-an hingga 90-an Emocore dan Midwest Emo.

Artis sering mengambil pengaruh dari genre lain seperti americana, dream pop dan post-rock, sering kali mengangkangi garis antar genre.[5]

Tuning Terbuka sering berperan dalam penulisan lagu slowcore. Grup musik seperti Duster sering menggunakan Tuning Terbuka ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gerakan awal seperti Galaxie 500 dan American Music Club sangat berpengaruh pada genre ini[butuh rujukan]; namun, mereka umumnya tidak dianggap sebagai tindakan slowcore. Genre dimulai pada awal 1990-an sebagai tindakan pemberontakan terhadap energi dominan dan agresi grunge. Genre ini terkait dengan grup musik Low, yang mulai bereksperimen dengan bermain dengan tenang dan perlahan kepada penonton rok tradisional.[2][6] Sementara tindakan lain dengan mentalitas ini terhadap gerakan grunge bercabang menjadi Emo dan anak perusahaannya, di slowcore, suara yang berbeda muncul sepenuhnya.

Meskipun genre tersebut perlahan menghilang dari kesadaran publik menjelang akhir 1990-an, slowcore telah mendapatkan popularitas baru-baru ini karena penyebaran internet[butuh rujukan]. Grup musik seperti Duster telah bersatu kembali karena minat yang baru ditemukan pada genre tersebut, dan aksi kontemporer seperti Horse Jumper of Love menggabungkan aspek genre ke dalam suara mereka.

Ketertarikan kembali pada slowcore telah melahirkan generasi baru artis seperti Giles Corey dan Good Night & Good Morning.

Artis yang terkait dengan genre ini termasuk Bluetile Lounge, Duster, Tacoma Radar, Bedhead, Red House Painters awal, Spain, Codeine, Pedro the Lion, Idaho, Low,[3] dan Rivulets.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Doom metal, genre heavy metal yang juga berfokus pada tempo lambat dan lirik pesimis
  • Sadcore

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ AllMusic Guide genre entry for Slowcore
  2. ^ a b c The Sunday Times Culture's Encyclopedia of Modern Music, February 1, 2009
  3. ^ a b c Craigo, Ethan (September 28, 2011). "10 Obscure Fusion Genres". Listverse. Diakses tanggal June 23, 2016. 
  4. ^ Pitchfork album review
  5. ^ January 31st, Samuel Rosean; 2019. "The Beginner's Guide To: Slowcore". DrownedInSound (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-15. Diakses tanggal 2021-02-23. 
  6. ^ Alan Sparhawk from Low tells the story of the origin of 'Slowcore'. The Paper Crane Podcast. September 20, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 2, 2021. Diakses tanggal October 5, 2021 – via YouTube. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]