Musik rok alternatif kristen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rok alternatif kristen adalah bentuk musik rok alternatif yang lirik didasarkan pada pandangan dunia Kristen. Beberapa kritikus telah menyarankan bahwa tidak seperti CCM dan rok Kristen yang lebih tua, rok alternatif Kristen umumnya menekankan gaya musik di atas konten liris sebagai karakteristik genre yang menentukan,[1] meskipun sejauh mana iman muncul dalam musik bervariasi dari artis ke artis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Musik alternatif Kristen berakar pada awal 1980-an, sebagai upaya paling awal di punk kristen dan new wave direkam oleh artis seperti Andy McCarroll dan Moral Support, Undercover, the 77s, Steve Scott, Adam Again, Quickflight, Daniel Amos, Youth Choir (kemudian berganti nama menjadi Paduan Suara), Lifesavers Underground, Michael Knott, The Prayer Chain, Altar Boys, Breakfast with Amy, Steve Taylor, 4-4-1, David Edwards dan Vector. Label awal, yang paling sekarang sudah tidak berfungsi, termasuk Blonde Vinyl, Frontline, Exit, dan Refuge.[1]

Pada 1990-an, banyak dari band dan artis ini telah bubar, tidak lagi tampil, atau dibawa oleh label independen karena musik mereka cenderung lebih kompleks secara lirik (dan seringkali lebih kontroversial) daripada pop Kristen arus utama. Pasar modern saat ini didukung oleh label seperti Tooth & Nail, Gotee dan Floodgate. Perusahaan-perusahaan ini sering kali merupakan anak-anak, atau sebagian dimiliki, oleh label pasar umum seperti Warner, EMI, dan Capitol Records, yang memberikan kesempatan kepada artis-artis sukses untuk "menyeberang" ke pasar arus utama.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Gulla, Bob (2006). The Greenwood Encycloepdia of Rock History, Volume Six. Westport, Connecticut: Greenwood Press. hlm. 101–102. ISBN 0-313-32981-8. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]