Tom Tom Club

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tom Tom Club
Tina Weymouth bersama Tom Tom Club pada tahun 1986
Tina Weymouth bersama Tom Tom Club pada tahun 1986
Informasi latar belakang
Genre
Tahun aktif1981–sekarang

Tom Tom Club adalah sebuah band berkebangsaan Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1981 oleh pasangan suami istri, Chris Frantz dan Tina Weymouth.[2] Ini adalah sebuah versi Easy Listening dari Talking Heads (sementara repertoar mereka memiliki unsur Punk, repertoar Tom Tom Club kebanyakan memiliki unsur yang lebih kontemporer). Tom Tom Club terkenal lewat lagu-lagu mereka: "Genius of Love" (satu-satunya lagu Tom Tom Club di Billboard Top 40) dan "Wordy Rappinghood", kedua lagu-lagu itu dari album studio debut Tom Tom Club yang dirilis pada tahun 1981. Mereka juga terkenal lewat versi kover dari lagu "Under the Boardwalk" dari The Drifters.

Karier[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal dan "Wordy Rappinghood"[sunting | sunting sumber]

Karier Tom Tom Club bermula sebagai generasi terbaru dari Talking Heads. Tom Tom Club terdiri dari sebuah kumpulan musisi-musisi, engineers, dan seniman-seniman dari Compass Point All Stars, termasuk saudara-saudara perempuan Tina Weymouth dan gitaris, Adrian Belew, yang terakhir melakukan tur bersama Chris dan Tina dalam versi Talking Heads yang diperluas pada tahun 1980 dan 1981. Dinamakan berdasarkan ruang dansa di Bahama tempat mereka berlatih untuk pertama kalinya saat jeda dari Talking Heads pada tahun 1980, Tom Tom Club menikmati kesuksesan awal dalam budaya klub dansa pada awal tahun 1980-an lewat lagu-lagu andalan: "Genius of Love" (yang juga terkenal karena nama Hamilton Bohannon disebutkan dalam lirik lagu "Genius of Love") dan "Wordy Rappinghood", yang kedua lagu-lagu itu diambil dari album studio self-titled debut Tom Tom Club yang dirilis pada tahun 1981. Walaupun diberhentikan oleh frontman Talking Heads, David Byrne, karena arahannya yang lebih komersial, album studio ini cukup sukses, berada di posisi ke-23 di Billboard 200 dan memperoleh sertifikasi emas.

Lagu "Genius of Love" telah diambil sampelnya atau diinterpolasi ulang oleh banyak seniman-seniman musik, termasuk L'Trimm, Redman, Funkdoobiest, Ziggy Marley and the Melody Makers lewat lagu "Tumblin' Down" (12" Remix), dan Mariah Carey dalam lewat lagu andalannya, "Fantasy", serta Mark Morrison lewat lagu "Return of the Mack". Lagu "It's Nasty" (1982) dari Grandmaster Flash and the Furious Five merupakan salah satu versi Hip-Hop awal dari lagu tersebut; tetapi, direkam ulang oleh sebuah live band, karena interpolasi dan bukan pengambilan sampel (menggunakan rekaman asal sebenarnya) adalah cara yang lebih umum pada saat itu. Versi lain, "Genius Rap" (1981), oleh Dr. Jeckyll & Mr. Hyde, adalah versi kover pertama.

Rilisan asal di Inggris dari album studio debut Tom Tom Club menampilkan versi pendek dari lagu "Genius of Love" dan "Wordy Rappinghood", tetapi untuk memanfaatkan kesuksesan klub dari lagu-lagu ini, Island Records menerbitkan kembali album studio debut tersebut dengan versi 12 inci penuh pada tahun 1982. Sebuah Singel baru, sebuah versi kover dari lagu "Under the Boardwalk" dari The Drifters, yang (untuk kedua dan terakhir kali dari Tom Tom Club di Dutch Top 40) merupakan Top 40 hit.

Lagu "Genius of Love" ditampilkan di dalam film konser Talking Heads, Stop Making Sense (difilmkan pada tahun 1983 dan dirilis pada tahun 1984). Chris dan Tina dikreditkan sebagai Tom Tom Club, tetapi dalam kasus ini band tersebut hanyalah Talking Heads tanpa David.

Close to the Bone[sunting | sunting sumber]

Tahun berikutnya, Tom Tom Club merilis sebuah album studio follow-up, Close to the Bone,[3] yang gayanya mirip dengan album studio debut Tom Tom Club tetapi tidak berjalan dengan baik, walaupun singel "The Man with the Four Way Hips" cukup dikenali. Album studio ini dirilis dalam bentuk pita kaset dan piringan hitam dan tidak dikeluarkan dalam bentuk CD sehingga tahun 2009, sebagai bagian dari sebuah paket Deluxe Edition dari album studio debut Tom Tom Club. Di Inggris, album piringan hitam asal dirilis dalam enam warna berbeda. Salah satu singel dari album studio itu, "Pleasure of Love", diambil sampelnya lewat lagu "Turning You On" oleh Treacherous Three. Kayak yang terjadi dengan lagu "It's Nasty", sampel itu direkam ulang oleh sebuah live band, bukan hanya diambil dari rekaman asalnya.

Boom Boom Chi Boom Boom dan Dark Sneak Love Action[sunting | sunting sumber]

Ada jeda empat tahun sampai album Tom Tom Club seterusnya, versi pertama dari album, Boom Boom Chi Boom Boom, dirilis lewat Fontana/PolyGram pada tahun 1988.[3] Di album tersebut, Tom Tom Club mengadaptasi sebuah gaya Rock yang lebih konvensional. Formasi grup musik ini juga diperkuat dengan jalur komersial yang lebih konvensional. Walaupun dua album studio sebelumnya telah direkam selusin musisi, band ini sekarang hanya terdiri dari Chris, Tina, dan saudara perempuan Tina, Laura Weymouth. Bruce Martin dan Victoria Clamp adalah bagian dari rekaman album studio ini dan ada sejumlah musisi tamu terkemuka dalam rekaman tersebut, termasuk Lou Reed dan frontman Talking Heads, David Byrne, lewat lagu "Femme Fatale", sebuah versi kover dari lagu Lou.[3] Anggota keempat Talking Heads, Jerry Harrison, juga tampil di beberapa lagu. Seperti album Close to the Bone, album Boom Boom Chi Boom Boom tidak sukses secara komersial walaupun lagu "Suboceana" diputar di beberapa radio, terutama di Inggris, dan singel "Don't Say No" masuk UK Singles Chart (yang kelima dari Tom Tom Club, dan sampai saat ini singel terakhir untuk melakukannya). Album studio ini adalah album studio Tom Tom Club pertama yang diterbitkan dalam bentuk CD dan versi Jepang menampilkan lagu bonus tambahan, sisi-B, "Devil, Does Your Dog Bite?", yang juga ditampilkan di dalam soundtrack film, Married to the Mob. "Don't Say No" dan "Suboceana" juga dicampur semula untuk klub dansa dengan gaya Acid House dan Deep House masing-masing oleh pionir musik House, Marshall Jefferson, pada tahun 1988.

Pada tahun 1991, Chris dan Tina membangun Clubhouse, sebuah studio lukisan dan musik, di atas garasi mereka dekat Gamecock Island, Connecticut.[3] Pada tahun 1992, mereka merilis album studio keempat Tom Tom Club, Dark Sneak Love Action,[3] yang menampilkan sebuah versi kover dari lagu "You Sexy Thing" milik Hot Chocolate. Album studio ini berfokus pada kancah musik tekno yang sedang berkembang. Sebuah singel, "Sunshine and Ecstasy", menampilkan campuran-campuran semula oleh Roger Sanchez.

Kemudian[sunting | sunting sumber]

Album studio Tom Tom Club seterusnya, The Good, the Bad, and the Funky, dirilis pada tahun 2000[3] dan menampilkan versi kover dari lagu "Love to Love You Baby" milik Donna Summer dan lagu "Soul Fire" milik Lee "Scratch" Perry. Di antara musisi-musisi di album, The Good, the Bad, and the Funky, mereka adalah penyanyi berkebangsaan Jamaika, Mystic Bowie, Charles Pettigrew[3] dan Toots Hibbert dari Toots and the Maytals.

Pada tahun 2002, Chris dan Tina, bersama dengan rekan band mereka, Talking Heads, dimasukkan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame. Sebuah konser rekaman langsung lengkap dirilis pada tahun 2003 lewat CD ganda, Live @ the Clubhouse, direkam di studio persembunyian reguler Tom Tom Club, Clubhouse di Connecticut, di depan 50 penonton tamu.

Pada tahun 2007, band ini merilis sebuah singel Natal khas yang dipanggil "Mistletunes", menampilkan dua lagu-lagu Natal yang direkam secara khas: "Christmas in the Club" dan "Il est né", yang menampilkan Mystic Bowie dan Kid Ginseng (putra Chris dan Tina, Robin). Singel ini dirilis oleh label Indie asal Belanda, La La Land Records, yang didirikan oleh ex-kru merchandise Tom Tom Club. Pada tahun 2009, sebuah edisi mewah yang diperluas dari album studio debut band ini dirilis, bersama album Close to the Bone ditambahkan sebagai sisi-B. Itu menandai pertama kalinya album yang terakhir dirilis dalam bentuk CD secara keseluruhan. Pada tahun 2010, Tom Tom Club merilis album, Genius of Live. Album ini menampilkan lagu-lagu dari album, Live @ the Clubhouse serta tribut campuran semula dari lagu "Genius of Love" oleh seniman-seniman musik seperti Ozomatli, Nortec Collective, Kinky, Mexican Institute of Sound, Money Mark dan The Pinker Tones.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Diskografi Tom Tom Club
Album studio6
Singel13

Album studio[sunting | sunting sumber]

Tahun Detail album Posisi tertinggi Sertifikasi
BB Pop
[4]
BB R&B
[4]
AUS
[5]
CAN
[6]
NZ
[7]
SWE
[8]
UK
[9]
1981 Tom Tom Club
  • Rilis: 23 Juni 1981
23 51 18 32 78
  • Platinum
1983 Close to the Bone
  • Rilis: 1983
73 49 96 31 42
1988 Boom Boom Chi Boom Boom
  • Rilis: 1988
114 60
1992 Dark Sneak Love Action
  • Rilis: 26 Mei 1992
2000 The Good, the Bad, and the Funky
  • Rilis: 12 September 2000
2012 Downtown Rockers
  • Rilis: 4 September 2012
"—" Menunjukkan rilis yang tidak masuk tangga lagu atau tidak dirilis di wilayah tersebut.

Album rekaman langsung[sunting | sunting sumber]

  • Live @ the Clubhouse (2003)
  • Genius of Live (28 September 2010)

Singel[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Posisi tertinggi Album
BB Pop
[4]
BB Disco
[4]
AUS
[5]
AUT
[10]
BEL
[11]
FRA
[12]
ITA
[13]
NL
[14]
NZ
[7]
UK
[9][15]
1981 "Wordy Rappinghood" 102 1 44 1 9 18 2 35 7 Tom Tom Club
"Genius of Love" 31 26 28 65
1982 "Under the Boardwalk" 31 6 3 42 5 3 22
1983 "The Man with the Four Way Hips" 106 4 82 Close to the Bone
"Pleasure of Love" 23
1988 "Don't Say No" 79 Boom Boom Chi Boom Boom
"Suboceana" 4
1989 "Call of the Wild"
1992 "Sunshine and Ecstasy" 9 Dark Sneak Love Action
"You Sexy Thing"
2000 "Love to Love You Baby" The Good, the Bad, and the Funky
"Happiness Can't Buy Money"
2007 "Mistletunes" Singel nonalbum
"—" Menunjukkan rilis yang tidak masuk tangga lagu atau tidak dirilis di wilayah tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Forgotten Classic: Tom Tom Club 'Tom Tom Club'". Classical Albums Sunday. 15 Maret 2019. Diakses tanggal 1 April 2024. Sekiranya Talking Heads adalah penawar dari konsep Rock & Roll yang membosankan, Tom Tom Club adalah obat untuk keasyikan sekolah seninya. Didirikan pada tahun 1981 oleh pasangan suami istri, Tina Weymouth dan Chris Frantz, grup sempalan bagian irama tersebut mencari hubungan yang lebih jujur dan eksplisit dengan akar Funk dan R&B mereka. 
  2. ^ "Timeline | Biography - Official web site of the Tom Tom Club". Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Februari 2013. 
  3. ^ a b c d e f g Colin Larkin, ed. (2003). The Virgin Encyclopedia of Eighties Music (edisi ke-3). Virgin Books. hlm. 465. ISBN 1-85227-969-9. 
  4. ^ a b c d "Tom Tom Club > Charts & Awards > Billboard Albums". AllMusic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 September 2012. Diakses tanggal 1 April 2024. 
  5. ^ a b Kent, David (1993). Australian Chart Book 1970–1992. St Ives, N.S.W.: Australian Chart Book. hlm. 311. ISBN 0-646-11917-6. 
  6. ^ "Results - RPM - Library and Archives Canada". RPM. Diakses tanggal 1 April 2024.  (Lihat edisi 1 Oktober 1983 untuk album Close to the Bone dan edisi 22 Mei 1989 untuk album Boom Boom Chi Boom Boom.)
  7. ^ a b "Discography Tom Tom Club". charts.nz. Diakses tanggal 1 April 2024. 
  8. ^ "Discography Tom Tom Club". swedishcharts.com. Diakses tanggal 1 April 2024. 
  9. ^ a b "Official Charts Company - Tom Tom Club". Official Charts Company. Diakses tanggal 1 April 2024. 
  10. ^ "Discographie Tom Tom Club - austriancharts.at" (dalam bahasa Jerman). austriancharts.at. Diakses tanggal 1 April 2024. 
  11. ^ "ultratop.be - Discografie Tom Tom Club" (dalam bahasa Belanda). Ultratop. Diakses tanggal 1 April 2024. 
  12. ^ "InfoDisc: Tout les Titres par Artiste" (dalam bahasa Prancis). infodisc.fr. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 Juli 2015. Diakses tanggal 1 April 2024. 
  13. ^ "Hit Parade Italia - Indice per Interprete: T" (dalam bahasa Italia). hitparadeitalia.it. Diakses tanggal 1 April 2024. 
  14. ^ "Tom Tom Club | Top 40-artiesten" (dalam bahasa Belanda). Dutch Top 40. Diakses tanggal 1 April 2024. 
  15. ^ Roberts, David (2006). British Hit Singles & Albums (edisi ke-19). London: Guinness World Records Limited. hlm. 561. ISBN 978-1-904994-10-7. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]